7 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Ampuh!

Cara Mengatasi HP Lemot
(Sumber foto: www.phonecheck.com)

HP lemot sudah menjadi hal yang biasa bagi para penggunanya. Ada berbagai macam hal yang menjadi penyebab HP menjadi lemot. Namun cara mengatasi HP lemot pun juga banyak dan terbilang mudah untuk dilakukan. HP jaman sekarang memang sudah banyak yang canggih yang lengkap dengan spesifikasinya yang tinggi, namun tidak memungkiri dapat mengalami berbagai macam masalah seperti lemot. Nah, supaya sobat Tekno semakin nyaman dalam menggunakan HP tersebut, berikut penjabaran tenttang penyebab da juga cara mengatasi HP lemot.

Penyebab HP Menjadi Lemot

Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, HP yang lemot adalah hal yang sangat wajar. Penyebabnya dari HP lemot merupakan sebuah pertanyaan yang sudah umum tentang kinerja ponsel. HP yang lemot memiliki beberapa kemungkinan penyebab, namun tentunya hal tersebut dapat Anda perbaiki dan juga cegah. Berikut ini adalah penyebab dari HP lemot:

1. RAM Penuh

RAM yang penuh menjadi penyebab pertama HP menjadi lemot. Karena RAM berfungsi sebagai sebuah tempat penyimpanan data sementara dan juga berbagai macam intruksi program yang hanya bekerja pada saat perangkat beroperasi atau hidup. Kapasitas dari RAM yang ada pada suatu perangkat memiliki pengaruh terhadap tingkat kecepatan proses data pada perangkat tersebut. Jadi, ketika RAM penuh, maka HP dapat menjadi lemot. Penyebab RAM yang penuh karena ada banyak aplikasi yang terbuka dan berjalan, penggunaan widget dan kegiatan atau aktivitass lainnya yang membuat RAM terus menerus terpakai dan bekerja.

2. Banyaknya Aplikasi yang Aktif

Jika Anda banyak menggunakan aplikasi namun tidak langsung menutupnya, maka dapat menjadi penyebab HP lemot. Karena banyaknya aplikasi yang berjalan dapat menguras kapasitas dari RAM. Tentunya RAM yang penuh akan membuat HP Anda menjadi berjalan lebih lambat. Untuk menghindarinya, Anda dapat menutup aplikasi yang tidak sedang Anda gunakan atau tidak penting.

3. Ruang Penyimpanan yang Penuh

Penyebab paling umum HP lemot adalah ruang penyimpanan yang penuh. Foto, vifro, file, dan aplikasi dapat membuat memori internal HP menjadi penuh dan HP pun menjadi lambat kinerjanya. Baik Android atau pun iPhone, keduanya memerlukan ruang agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dan jika ruang penyimpanan penuh. Maka HP akan melambat.

4. Penggunaan dari Widget yang Berlebihan

Selain banyaknya aplikasi yang berjalan dan terbuka, penggunaan dari widget pun dapat menjadi penyebab HP lemot. Banyaknya pemenuhan bandwitch, aktivitas refresh dan widgen yang selalu terus aktif dapat memengaruhi kapasitas dari RAM dan akan membuat menjadi lemot. Juga, penggunaan widget dan wallpaper dapat menyebabkan baterai menjadi terkuras lebih cepat. Jadi sebaiknya anda membatasi jumlah widget dan juga wallpaper HP yang hidup agar RAM dapat berjalan dengan optimal.

5. Cache yang Menumpuk

Cache merupakan data yang tersimpan sementara pada memori telepon ketika Anda menggunakan aplikasi. Isi dari file cache adalah rekam jejak dari penggunaan sebuah aplikasi pada HP. Setiap aplikasi tentunya memiliki file cache-nya sendiri dan membutuhkan beberapa penyimpanan. Dan cache yang menumpuk dan tidak Anda hapus secara berkala menjadi penyebab HP lemot.

6. Kualitas Memori Eksternal yang Buruk

Selain memori internal, memori eksternal juga dapat menjadi penyebab HP lemot. Masalahnya terletak pada kualitas dari memori eksternal. Kualitas dari memori eksternal yang rendah dapat membuat RAM menjadi bekerja lebih keras untuk membacanya. Jadi, semakin rendah kualitas dari memori eksternal, makan akan semakin lambat pula memori yang akan terbaca oleh RAM dan juga sistem.

Cara Mengatasi HP Lemot

7 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Ampuh!
www.wallpaperflare.com

Dari sekian banyaknya penyebab dari HP yang lemot, ada banyak juga cara mengatasi HP lemot. Beberapa cara yang akan dijabarkan mungkin pernah Anda lakukan. Meskipun Anda melakukannya karena alasan lain, namun sebenarnya hal tersebut memang perlu Anda lakukan secara berkala. Lalu, apa saja cara mngatasi HP lemot agar performa HP dapat terjaga? Berikut penjabarannya.

1. Perhatikan Jumlah Memori

Setiap smartphone memiliki spesifikasi memori yang berbeda-beda. Selain RAM, kapasitas memori internal dapat memengaruhi performa dari smartphone itu sendiri. Ketika kapasitas memori internal dari HP yang tersedia tinggal sedikit, maka akan membuatnya menjadi lemot. Maka dari itu, untuk mengatasi HP lemot, sebaiknya Anda menghindari penyimpanan data yang banyak sampai memenuhi memori interenal. Dan jika Anda sering dan butuh untuk menyimpan banyak data pada HP Anda, sebaiknya pilih smartphone yang mendukung memori eksternal atau penyimpanan memori yang besar.

2. Update Software Secara Berkala

Jika ada pemberitahuan untuk update software, sebaiknya segera Anda lakukan update. Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki suatu masalah yang kemungkinan terbawa oleh sistem sebelumnya. Karena melakukan update software bertujuan untuk menambah pengalaman yang lebih baik dari pada sebelumnya. Meskipun terkadang Anda menemukan beberapa hal buruk setelah update, namun pihak pengembang pasti akan memperbaikinya secara langsung. Baiknya Anda meluangkan waktu untik memeriksa HP Anda. Dan hal tersebut juga berlaku pada aplikasi yang Anda gunakan, ketika terdapat pemberitahuan untuk melakukan update aplikasi, segeralah untuk melakukan update.

3. Mengurangi Penggunaan Widget

Widget adalah hal yang dapat membuat HP Anda menjadi lebih menarik. Tidak hanya dapat memperindah tampilan dari homescreen Anda saja, namun widget dapat beruna sebagai jalan pintas untuk melakukan pemantauan aplikasi tanpa perlu membuka aplikasi tersebut. Meskipun dapat membuat HP Anda menjadi lebih menarik dan juga mempercepat akses ke aplikasi, namun sayangnya hal tersebut dapat menyita konsumsi dari RAM yang besar. Akibatnya HP Anda akan menjadi lambat. Oleh sebab itu, kurangi penggunaan dari widget agar HP Anda tidak menjadi lemot.

4. Hentikan atau Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang menarik memang tersedia banyak pada Playstore dan menarik untuk dicoba. Namun tanpa Anda sadari, ada banyak aplikasi yang ternyata tidak begitu Anda butuhkan dan sering Anda pakai. Hal tersebut berdampak pada ruang penyimpanan pada HP Anda akan tersita atau terpakai untuk aplikasi yang tidak terlalu berguna untuk Anda. Dan terkadang terdapat beberapa aplikasi yang merupakan bawaan dari HP itu sendiri dan tidak dapat dihapus. Bahkan aplikasi bawaan sistem tersebut tetap berjalan walaupun tidak Anda butuhkan, sehingga menyita RAM dan tentunya memperlambat kinerja HP Anda. Dan untuk dapat menghentikan hal tersebut, Anda dapat membuat aplikasi-aplikasi bawaan sistem menajdi Disable, dengan cara membuka info dari aplikasi tersebut, lalu pilih disable.

5. Membersihkan Cache Data

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan penyebab HP lemot, cache pada HP Anda memiliki pengaruh terhadap kapasitas penyimpanan. Dibalik manfaatnya yang dapat membuat Anda akan lebih cepat membuka aplikasi yang pernah Anda gunakan sebelumnya, cache yang menumpuk akan membuat HP Anda menjadi lemot. Dan cara untuk mengatasi masalah yang timbul dari menumpuknya cache ini adalah Anda harus secara berkala menghapus cache dari setiap aplikasi yang sering Anda gunakan. Caranya sangat mudah, masuk ke Settings, lalu Apps, dan carilah aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya, All kemudian pilih Clear Cache.

6. Mematikan Auto-Sync

Agar dapat tetap terhubung dengan semua akun yang terpasang pada HP Anad, tentu fitur Auto-Sync harus dan perlu Anda aktifkan. Namun sayangnya hal ini memiliki dampak yang cukup besar pada kinerja dari HP Anda. sehingga mematikan Auto-Sync akan bermanfaat untuk mengatasi HP Anda yang lemot.

7. Factory Reset

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan hal yang satu ini, bahkan mungkin pernah melakukannya. Dan hal tersebut merupakan hal yang direkomendasikan untuk Anda lakukan secara berkala. Tujuannya untuk membersihkan HP Anda. dan Anda dapat melakukan Factory Reset dengan cara ke menu Settings, lalu Backup & Reset, kemudian Factory data reset.

Itulah sedikit informasi tentang cara mengatasi HP lemot, dan juga penyebab yang mengakibatkan HP menjadi lemot. Dapat dipastikan cara yang sudah dijabarkan diatas dapat bekerja pada HP Anda atau untuk mencegah HP menjadi lemot. Yang perlu Anda ingat, performa dari HP tidaklah ditentukan oleh RAM yang besar atau prosesor-nya yang canggih, melainkan dari bagaimana Anda menjaga performa dari HP yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.