Ini 5 Alat Bisnis Rumahan di Bidang Kuliner dan Tips Menjalankannya

alat bisnis rumahan

Bisnis rumahan memang banyak sekali peminatnya karena fleksibilitas dan besaran modal yang tidak terlalu besar. Cocok untuk sobat Tekno yang ingin mulai merintis bisnis namun masih memiliki modal yang terbatas. Meski begitu, perlu diingat bahwa Anda membutuhkan alat bisnis rumahan yang memadai. Sebab, keberadaan peralatan ini akan sangat penting untuk menunjang jalannya bisnis di bidang tersebut.

Termasuk jika Anda ingin membuka bisnis yang berpusat pada bidang kuliner. Dimana bidang ini sangat bergantung pada peralatan supaya bisa membuat produk kuliner yang memang layak untuk Anda jual. Lalu, apa saja peralatan yang harus Anda siapkan untuk bisnis rumahan khususnya pada bidang kuliner? Inilah ulasan selengkapnya.

5 Alat Bisnis Rumahan Bidang Kuliner

alat bisnis rumahan
(sumber gambar: izkey.com)

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa alat yang dapat Anda pertimbangkan untuk menunjang usaha kuliner rumahan:

1. Mesin Pembuat Roti

Salah satu jenis makanan yang sangat laku keras adalah menjual roti. Atas dasar inilah yang kemudian banyak pemilik usaha rumahan memilih untuk berjualan roti atau membuat roti sesuai pesanan tertentu. Nah, jika Anda kebetulan juga membuka usaha roti maka alat yang wajib Anda miliki adalah alat pembuat roti. Pasalnya, tidak hanya bahan baku saja yang penting untuk bisa menghasilkan roti berkualitas.

Keberadaan mesin pembuatnya juga memilik pengaruh yang sangat besar. Mesin pembuat roti sendiri bisa membantu sobat Tekno untuk bisa memproduksi jumlah roti yang banyak dalam waktu singat. Artinya, daripada membuatnya secara manual memang lebih jauh efisien jika menggunakan mesin.

Untuk jenis mesinnya sendiri tidak hanya terdiri atas satu macam. Jika Anda benar-benar baru pemula dalam usaha roti, maka mesin mixer dan oven sudah cukup untuk produksi harian. Nantinya kebutuhan akan mesin tersebut juga akan meningkat seiring dengan skala usaha yang Anda miliki.

2. Mesin Penggiling Daging

Alat bisnis rumahan untuk kuliner selanjutnya adalah berupa mesin penggiling daging. Mesin yang satu ini memiliki sifat yang sangat general dan akan sangat berguna untuk beberapa jenis usaha sekaligus. Misalnya jika Anda membuka usaha bakso, sosis, dimsum, dan makanan lain yang membutuhkan daging dalam bahan bakunya.

Sebenarnya, proses penggilingan dan menghaluskan daging bisa saja Anda lakukan secara manual atau dengan bantuan chopper. Akan tetapi, jika sudah dalam jumlah yang banyak tentu sobat Tekno akan membutuhkan mesin yang mampu menampung lebih banyak jumlah daging dan bisa memrosesnya dalam waktu yang bersamaan. Tujuannya tidak hanya agar lebih menghemat tenaga, tapi juga lebih menghemat waktu.

Jika ingin membelinya, Anda bisa menemukan mesin semacam ini dengan sebutan meat grinder. Untuk harga dan ukuran mesinnya sendiri akan bervariasi tergantung dari kebutuhan Anda. Sesuaikan saja spesifikasi mesin tersebut dengan skala usaha yang memang sobat Tekno miliki.

3. Mesin Pembuat Mie

Selain bakso dan roti, usaha kuliner rumahan lainnya yang juga memiliki banyak pelaku adalah mie. Bukan hal yang mengherankan karena memang masyarakat Indonesia sendiri sangat menggemari berbagai masakan terbuat dari mie seperti mie ayam, mie setan, mie kuah, dan lain sebagainya. Nah, apabila sobat Tekno juga menggelutinya maka berinvestasi di mesin pembuat mie bisa menjadi hal yang sangat baik.

Membuat mie secara manual memang bisa Anda lakukan dengan bermodalkan adonan dan kemampuan mengulennya. Akan tetapi, tentu cara pembuatan seperti ini akan sangat memakan banyak waktu dan juga tenaga. Hasil mie dari pembuatan manual juga tidak akan maksimal dari segi jumlahnya. Untuk itu, memiliki mesin pembuat mie akan sangat dianjurkan supaya Anda bisa lebih hemat dari segi waktu, tenaga, dan juga biaya.

4. Mesin Pembuat Keripik

Siapa yang tidak suka dengan camilan keripik? Camilan ini memang menjadi salah satu pilihan terfavorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan cocok untuk segala suasana. Tidak heran jika kemudian banyak pemilik usaha kuliner rumahan yang membuat keripik sebagai produk utama jualan mereka. Nah, apabila sobat Tekno adalah salah satunya maka Anda bisa membeli mesin pembuat keripik.

Sebenarnya mesin keripik pun tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, karena ada beberapa macam berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa jenis tersebut adalah mesin pengiris umbi, mesin untuk mengaduk bumbu, mesin vacuum, mesin penggoreng, dan lain sebagainya. Anda pun tidak harus langsung membeli semuanya. Cukup sesuaikan dulu dengan skala usaha yang Anda jalankan. Jika masih pemula, maka mesin pengiris dan mesin penggorengan saja sudah cukup untuk modal usaha keripik yang Anda jalankan.

5. Peralatan Pendukung

Keempat alat bisnis rumahan bidang kuliner yang sudah kami sebutkan sebelumnya, merupakan peralatan yang sifatnya vital dan sangat utama. Jadi apabila Anda sudah memiliki budget silahkan beli alat tersebut lebih dahulu. Tapi sebenarnya masih ada banyak peralatan pendukung lain yang juga sangat berguna untuk usaha kuliner rumahan. Peralatan ini berhubungan dengan barang fisik yang kehadirannya sangat berguna agar jalannya bisnis bisa lancar.

Beberapa peralatan tersebut juga nantinya harus Anda sesuaikan dengan jenis usaha yang Anda jalankan. Misalnya Anda membuka usaha membuat roti atau kue. Maka, selain peralatan utama seperti mixer, oven, dan lainnya Anda juga membutuhkan peralatan pendukung seperti loyang, sendok pengaduk adonan, wiping bag, kuas oles, dan lain sebagainya. Lain halnya jika misalnya Anda memiliki usaha untuk menjual keripik. Selain membutuhkan peralatan utama seperti mesin pengiris, mesin penggorengan, dan lainnya Anda pun membutuhkan peralatan seperti berbagai macam ukuran baskom, sendok, mangkok, dan lainnnya.

Berbagai peralatan ini memang terlihat sepele dan hanya bersifat pelengkap saja. Akan tetapi, justru tanpa keberadaannya Anda tidak akan bisa menjalankan usaha dengan baik dan lancar. Jadi usahakan juga untuk melengkapi berbagai perlengkapan tersebut.

Tips Menjalankan Usaha Kuliner Rumahan

alat bisnis rumahan
(sumber gambar: blog.mokapos.com)

Meski usaha rumahan pada bidang kuliner terkesan mudah, namun dalam prakteknya usaha ini tidaklah semudah itu untuk dijalankan. Ini membuat Anda membutuhkan tips yang tepat, seperti berikut ini:

1. Siapkan dan Pelajari Atur Urusan Keuangan dengan Baik

Modal adalah kunci dari berjalannya suatu usaha, untuk itulah Anda harus mempersiapkannya dengan baik. Selain modal, ketika usaha tersebut sudah berjalan maka pelajari dan buat pengaturan keuangan yang baik. Memang banyak pelaku usaha bisa memiliki sumber modal yang besar untuk usaha mereka, namun tidak semuanya bisa mengatur keuangan tersebut dengan baik. Padahal, keuangan adalah kunci dari keberlangsungan bisnis.

Meski pun usaha yang Anda miliki hanya berskala kecil, membuat pembukuan yang rinci tetap harus dilakukan dengan baik. Sobat Tekno pun tidak perlu membuat pencatatan yang terlalu rumit dan rinci. Cukup buat catatan keuangan yang inti-intinya sudah termuat dengan baik, maka hal itupun sudah cukup untuk Anda lakukan. Dengan pembukuan yang baik, maka Anda bisa menjalankan dan mengatur jalannya usaha dengan lebih baik.

2. Jangan Takut untuk Mempromosikan Usaha

Banyak pemilik usaha rumahan yang cenderung ragu untuk mempromosikan usaha mereka karena memiliki skala yang kecil. Ini membuat promosinya pun hanya terbatas dan tidak bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Padahal promosi akan sangat penting untuk Anda lakukan supaya semakin banyak orang yang membeli produk yang Anda tawarkan. Manfaatkan media sosial yang Anda miliki degan maksimal sebagai sarana promosi. Jangan ragu juga untuk memasukkannya ke berbagai aplikasi delivery yang banyak digunakan. Dengan begitu, Anda bisa berpotensi untuk meraih banyak pembeli.

3. Fokus dan Jangan Berhenti Berinovasi

Terakhir, jangan lupa juga untuk selalu fokus dan tidak berhenti berinovasi. Hal ini sangat penting karena kuliner adalah soal konsistensi, fokus, dan juga inovasi. Pertahankan apa yang sudah menjadi keunggulan dari produk Anda sembari selalu mengembangkan produk baru yang jauh lebih bagus dan lezat. Dengan cara seperti ini Anda bisa memiliki usaha yang berumur panjang dan tidak mudah bangkrut atau gulung tikar.

Nah sobat Tekno itulah beberapa alat bisnis rumahan yang sangat berguna untuk referensi usaha kuliner Anda. Pada dasarnya, setiap usaha pasti membutuhkan peralatan yang bisa menunjang kelancaran usaha tersebut, termasuk juga bisnis rumahan. Dengan adanya peralatan yang lengkap, Anda bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya sehingga keuntungan usaha bisa lebih maksimal!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.