10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik dan Tips Memilihnya

antena TV digital terbaik

Saat ini Indonesia mengeluarkan kebijakan tentang transisi dari TV analog ke digital. Tidak heran kalau saat ini banyak orang mulai mencari antena TV digital. Namun, orang sering bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah Toyosaki, SANEX, PX, OASE atau merek lain? Disini kami sajikan beberapa rekomendasi antena TV digital terbaik yang bisa menjadi pertimbangan. Yuk, simak hingga akhir! 

10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik

antena TV digital terbaik
(sumber gambar: shopee.co.id)

Teknomagz memiliki rekomendasi sepuluh produk antena TV digital terbaik berdasarkan metode pemilihan di atas. Inilah sepuluh rekomendasi tersebut:

1. Antena TV Digital SANEX

Terbuat dari bahan aluminium berkualitas tinggi, produk ini diklaim mampu bertahan hingga 15 tahun. Selain itu, antena memiliki impedansi 75 ohm. Pilih produk ini jika Anda membutuhkan antena yang mampu menerima sinyal super kuat. Antena besutan anak Indonesia ini juga mudah untuk Anda pasang. Antena ini memiliki panjang tiang 95 cm dan dilengkapi dengan kabel sepanjang 10 meter.

2. ADA – 1003

Antena Digital Arashi ADA – 1003 dapat dipasang di dalam ruangan atau di luar ruangan. Anda tidak perlu khawatir jika antena ini dipasang di luar ruangan. Pasalnya, antena ini tahan terhadap segala cuaca. Antena ini hanya membutuhkan daya 3 watt, sehingga cocok juga bagi Anda yang mencari produk hemat energi. Lebih dari itu, antena ini juga dilengkapi dengan built – in amplifier. Oleh karena itu, sinyal yang Anda terima di rumah akan lebih stabil.

3. Antena TV Digital DVB – T2 Smartfish Dalam Ruangan 25DB 4K

Meski memiliki rancangan untuk di pasang di dalam ruangan, antena ini mampu menjangkau sinyal kuat hingga 50 mil jauhnya. Dengan kata lain, mereka yang hanya ingin menonton siaran digital lokal memilih produk ini. Anda juga akan menemukan unit antena dan soket antena dalam satu paket. Teman-teman yang ingin membeli antena TV indoor dengan harga terjangkau juga bisa memilih produk ini.

4. Remote Control TV Antena Nagoya 850

Produk Nagoya ini cocok untuk semua jenis TV. Meski di tempatkan di luar ruangan, antena ini cukup mudah di pasang. Lebih dari itu, antena ini juga lengkap dengan booster dan remote. Booster membuat kesan yang Anda terima lebih jelas. Pada saat yang sama, remote control dapat dengan mudah menyesuaikan arah antena, yang dapat Anda putar 360 derajat. Jadi, antena ini sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet.

5. Antena TV Indoor Intrasari First Intra Digital

Model antena ini terlihat bagus dan modern ya. Tidak hanya itu, model ini memiliki rancangan khusus untuk menangkap sinyal di dalam ruangan dengan mudah. Pemasangannya juga mudah karena Anda cukup mencolokkannya ke konektor TV. Antena ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki ruangan minimalis. Sayangnya, antena ini hanya berfungsi dengan TV LED dan LCD. Selain itu, kabel antena pendek karena hanya sepanjang 2 meter.

6. Antena digital PX

Selain bisa Anda gunakan di dalam ruangan, antena ini juga cocok untuk dipasang di luar ruangan karena memiliki kabel sepanjang 12 meter. Dengan memasangnya di luar ruangan, sinyal yang ditangkap juga lebih jernih. Pasalnya, antena memiliki sensitivitas yang tinggi. Jika Anda menggunakan antena ini, Anda juga dapat menikmati HDTV secara gratis. Oleh karena itu, antena ini sangat ideal bagi mereka yang ingin menonton siaran yang sangat jernih. Selain itu antena ini juga ramah lingkungan yaitu hemat energi.

7. Antena TV Luar Ruang Toyosaki

Antena Toyosaki ini memiliki desain sesuai dengan frekuensi TV Indonesia. Oleh karena itu, antena TV yang satu ini dapat menerima semua siaran analog dan digital. Terlebih lagi, ada juga penguat kebisingan rendah yang memperkuat sinyal, membuat gambar yang diterima lebih jelas. Antena ini juga punya klaim tahan terhadap segala kondisi cuaca. Instalasi juga sederhana. Dengan cara ini, antenna ini cocok untuk orang yang tinggal di daerah yang cuacanya sering tidak mendukung.

8. Antena TV Digital Taffware DVB – T2 4K

Antena penangkap sinyal digital khusus ini direkomendasikan bagi mereka yang tidak memiliki banyak ruang penyimpanan. Bentuknya tipis, sehingga tidak memakan banyak tempat. Anda dapat menempelkannya di belakang TV atau meletakkannya di atas meja. Meski tipis, antena ini mampu menangkap sinyal dengan baik. Anda masih dapat menikmati acara favorit Anda.

9. Antena dalam Ruangan Khusus TV Digital OASE

Rekomendasi selanjutnya adalah antena dalam ruangan khusus TV Digital OASE. Dengan antena ini, Anda bisa menikmati pilihan siaran TV digital gratis bersih. Namun, perlu Anda ingat bahwa kualitasnya tergantung pada lokasi pemancar TV di dekat Anda. Desain ringan, bisa di letakkan di atas meja atau di tempel di dinding. Anda tidak perlu khawatir jatuh karena antena ini lengkap dengan perekat yang kuat sehingga menempel dengan baik.

10. AokiAntenna 2 TV Digital Indoor / Outdoor

Jika Anda menginginkan antena dengan desain modern, Anda bisa memilih produk ini. Selain modern, antena ini di desain sederhana dan menarik. Anda akan mendapatkan unit utama, kursi tetap, kaki penyangga, adaptor, dan kabel koaksial 10 meter dalam satu paket. Hebatnya, Anda dapat menempatkan antena ini di dalam atau di luar. 

Antena ini juga dapat langsung dihubungkan ke TV yang didedikasikan untuk TV digital. Sementara itu, Anda harus menggunakan set-top box untuk TV analog Anda. Antena ini juga lengkap dengan penguat sinyal, sehingga TV bebas dari noda.

Tips Memilih Antena TV Digital

antena TV digital terbaik
(sumber gambar: my.best.id)

Antena TV digital adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap sinyal digital. Dengan antena TV digital, kualitas siaran bisa lebih jernih dan suara lebih jernih. Salah satu keunggulan antena TV digital adalah jangkauan yang lebih luas. Dengan kata lain, Anda dapat menonton lebih banyak saluran TV saat menggunakan antena TV digital. 

Selain itu, antena TV digital juga dapat menangkap dua frekuensi, VHF dan UHF. Ini berarti Anda dapat menonton TV analog dan digital. Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih antena TV digital, seperti penempatan antena. Anda dapat memilih antara antena TV digital indoor atau outdoor. Agar tidak salah pilih, simak tips memilih antena TV digital berikut ini.

1. Pilih Sesuai dengan Posisi Antena

Anda dapat memilih antena sesuai dengan lokasi antena. Pada dasarnya ada dua jenis antena yang dapat Anda pilih. Namun, Anda harus mempertimbangkannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan masing – masing antena.

2. Antena Dalam Ruangan, Ukuran Kecil, Mudah Diatur Posisinya

Seperti namanya, antena dalam ruangan dapat ditempatkan di dalam ruangan. Banyak orang memilih menggunakan antena dalam ruangan karena mudah dipasang. Selain itu, antena dapat dengan mudah dipindahkan posisinya untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas. Antena dalam ruangan juga lebih aman dari sambaran petir dan harganya terjangkau. 

Sayangnya, antena dalam ruangan terkadang gagal menangkap semua saluran TV. Tidak hanya itu, tetapi menyiapkan antena dalam ruangan terkadang bisa menjadi tantangan. Pasalnya, ketika dalam posisi tertentu, satu saluran TV terlihat tajam sedangkan yang lain buram. Juga, antena dalam ruangan hanya memiliki satu kabel pendek.

3. Antena Luar Ruangan, Kualitas Gambar Lebih Jelas, Tidak Perlu Menyesuaikan Posisi Antena

Jika antena dalam ruangan ditempatkan di dalam ruangan, maka antena luar ditempatkan di luar ruangan. Dengan menggunakan antena luar, TV Anda dapat menerima lebih banyak saluran TV. Juga, Anda dapat melihat kesan yang lebih jelas. Anda juga tidak perlu lagi mengatur posisi antena setiap saat. Namun, pemasangan antena semacam itu agak rumit. 

Pasalnya, antena outdoor umumnya dipasang di atap rumah. Jadi Anda juga tidak bisa dengan mudah memindahkan posisi antena. Pertimbangan selanjutnya adalah bahwa antena luar ruangan sebagian besar lebih mahal daripada antena dalam ruangan.

4. Sesuaikan Ukuran Antena Sesuai Dengan Jenis Tv

Pilihan antena TV digital juga tergantung pada jenis TV. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan TV LED atau LCD. Namun, masih banyak orang yang menggunakan TV tabung. Anda perlu menyesuaikan antena sesuai dengan jenis TV untuk menikmati program sepenuhnya.

5. Pakai Antena Besar jika TV LED atau LCD

TV LED atau LCD adalah pilihan bagi banyak rumah. Salah satu alasannya adalah munculnya televisi yang lebih modern. Selain itu, TV semacam itu mudah untuk Anda temukan. Harganya juga bervariasi tergantung ukuran dan merk. Namun, yang kurang diketahui adalah bahwa TV semacam itu tidak rentan terhadap penerimaan sinyal. 

Jadi jika Anda memiliki TV jenis ini, perlu antena yang tepat. TV LED atau LCD akan cocok dengan antena berukuran sedang hingga besar sehingga sinyal dapat terjangkau dengan lebih mudah.

6. Antena Kecil jika Tube TV

Meski terlihat ketinggalan jaman, televisi masih menjadi dambaan banyak keluarga. TV tabung biasanya memiliki waktu yang lama. Karena programnya masih bagus, TV tabung belum terganti dengan TV LED atau LCD. TV tabung juga cenderung lebih terjangkau. TV jenis ini sebenarnya memiliki kemampuan menangkap sinyal yang lebih baik daripada TV LED atau LCD. Untuk alasan ini, antena kecil hingga sedang dapat Anda gunakan dengan jenis TV ini.

7. Prioritaskan Penggunaan Antena Kabel Koaksial

Kabel coaxial merupakan bagian penting yang harus Anda perhatikan saat memilih antena TV digital. Kabel merupakan salah satu penentu kualitas antena. Tujuan dari kabel ini adalah untuk menjadi jaringan untuk transmisi f peralatan elektronik. Anda harus memilih antena dengan kabel koaksial dengan impedansi 75 ohm. Kabel koaksial dengan impedansi 75 ohm memiliki jumlah serat yang lebih tebal dan konduktor yang lebih besar. Meski harganya cenderung lebih mahal, namun kualitas gambar yang didapat sudah pasti lebih baik.

8. Gunakan Booster Untuk Memperkuat Sinyal yang Diterima

Booster adalah metode memperkuat sinyal yang diterima oleh antena. Dengan menggunakan booster, sinyal yang diterima akan dijauhkan dari penghalang transmisi sinyal. Dengan kata lain, pancaran sinyal yang diterima menjadi lebih jelas. Hal ini berdampak pada kesan yang semakin jelas. Booster juga dapat membantu mereka yang ingin menggunakan antena untuk beberapa TV. Bahkan saat digunakan di beberapa TV, kualitas acaranya akan tetap bagus.

Itulah rekomendasi antena TV digital terbaik yang bisa Anda simak. Tinggal sesuaikan saja dengan preferensi dan kebutuhan. Semoga bermafaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.