Apa Fungsi NFC pada Hp? Berikut Penjelasannya!

Apa Fungsi NFC pada Hp? Berikut Penjelasannya!
blog.icard.com

Apa itu NFC? Apa fungsi NFC pada hp? Sebelum membahasnya lebih lanjut, Near Field Communication atau NFC merupakan sebuah teknologi nirkabel yang berbasis pada kedekatan. NFC memiliki keterbatasan pada jangkauan yang sangat dekat dan sangat pendek. Hadirnya NFC ini tidak lain dan tidak bukan karena dampak dari perkembangan teknologi yang terus mengalami kemajuan yang pesat. Tujuannya untuk menciptakan sebuah teknologi agar kinerjanya dapat lebih baik lagi.

Mengenal Apa Itu NFC dan Cara Kerjanya

Dengan perkembangan yang kian maju, membuat industri telekomunikasi mengembangkan dan menyempurnakan teknologi agar semakin canggih. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kinerja dari perkembangan teknologi agar lebih efisien, mudah, dan juga praktis. Tentunya jika perkembangan teknologi semakin maju, akses informasi dan komunikasi akan semakin mudah.

NFC atau Near Field Communication merupakan standar sebuah komunikasi nirkabel yang berbasis pada kedekatan. NFC ini terbatas pada sebuah jarak atau jangkauan yang sangat dekat, tidak seperti halnya Bluetooth atau Wi-Fi. Teknologi ini dapat kita temukan pada perangkat elektronik seperti smartphone, speaker, tablet, sampai konsol game.

NFC ini bukanlah sebuah teknologi baru, namun hasil dari pengembangan teknologi yang sebelumnya, yaitu Radio Frequency Identification atau RFID. Baik NFC maupun RFID, dua teknologi ini beroperasi pada sebuah prinsip dari kopling induktif. Perangkat pembaca terlibat untuk menghasilkan sebuah medan magnet, lalu melalui koil maka arus listrik akan tersalurkan.

Pada saat sebuah tag didekatkan maka medan akan melakukan induksi arus listrik dalam tag tersebut. Lalu arus listrik kemudian mengalir tanpa perlu menggunakan sebuah kabel ataupun kontak fisik. Dan setelah koneksi dapat tersambung, semua data akan dapat tertransmisikan secara nirkabel kepada pembaca.

Yang menjadi sebuah perbedaan antara NFC dan RFID adalah jangkauan transmisinya. Penggunaan dari RFDI untuk sebuah jarak yang jauh, sedangkan penggunaan NFC jaraknya sangat pendek dan sekitar beberapa sentimeter. Yang menjadi poin penting adalah, perangkat NFC ini dapat berperan sebagai tag atau pembaca. Kinerja dua arah tersebut dapat memungkinkan kita untuk dapat memakai satu perangkat keras, dalam mengoperasikan sebuah jenis dari aplikasi yang berbeda.

Tujuan dari terciptanya NFC bukan untuk melakukan transfer data besar, namun kepraktisan dan juga keamanaan. Kecepatan dalam proses transfer data melalui NFC sekitar 106 sampai 424 kbit/detik. Itulah yang membuat NFC lebih populer dari pada Infrared, meskipun dua teknologi ini memiliki ciri transfer data yang sama.

Fungsi dari NFC pada Hp dan Hal Lainnya

Setelah mengenal dan mengetahui NFC serta bagaimana cara kerjanya, selanjutnya yaitu fungsi NFC pada hp. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, walaupun terbatas dengan jarak, NFC telah membantu dan mendukung beberapa pekerjaan yang ada. Mulai dari mengirim sebuah data, penyambungan sebuah perangkat secara cepat, sampai melakukan pembayaran online. Berikut ini adalah fungsi NFC pada hp dan penjelasannya secara lengkap:

1. Mengirim Data

Fungsi paling dasar dari NFC adalah mengirim data. Pada awal dari kemunculanya, NFC serupa dengan hal transfer kontak (nomor telepon). Dari pada menulis secara satu per satu dan kemudian menyimpannya, tentu akan lebih praktis jika menempelkan dua buah ponsel yang memiliki fitur NFC. Dengan sekali sentuh, maka nomor telepon tersebut akan dengan langsung terkirim dari ponsel yang sat uke ponsel yang lain.

Selain itu, file lainnya juga dapat ponsel kirim melalui NFC. Contohnya, foto, link, URL, dokumen, sampai lokasi, baik it uke sesame ponsel atau pun ke komputer. Namun karena kecepatan transfernya yang tidak kencang, pastikan ukuran dari file yang akan Anda kirim tidak terlalu besar agar tidak menjadi kendala dalam proses tranfernya.

2. Menjalankan Aplikasi pada Hp yang Lain

Sebuah ponsel dapat menjalankan aplikasi lain yang terpasang pada ponsel lain melalui NFC. Tentunya kedua ponsel tersebut harus memiliki aplikasi yang sama. Dampaknya, membuat sejumlah produsen teknologi memanfaatkan hal tersebut. Khususnya dalam menciptakan sebuah sambungan atau interkonektivitas ke perangkat multiplatform.

Contohnya seperti produsen Huawei yang memanfaatkan NFC dalam pembuatan samrtphone dan laptop yang dapat tersambung secara seamless. Kini, laptop tidak hanya sekedar menjalankan sebuah aplikasi yang ada pada hp, namun dapat membuka dan juga menyalin data, serta melakukan panggilan dan membalas pesan.

3. Pengisian Daya Nirkabel

Pada tahun 2020, forum dari NFC menyetujui akan ide baru mengenai hal tentang pengisian daya nirkabel melalui NFC. Hal ini bukan berarti daya listrik akan bisa mendapat transmisi melalui sebuah gelombang, namun daya akan dapat terkirim melalui dua benda yang menempel. Dalam hal ini, penutup dari belakang sebuah ponsel akan menjadi benda yang tersisipi sebuah perangkat khusus, yang akan dapat menghantarkan arus listrik ke baterai ponsel.

4. Mengisi dan Mengecek Saldo E-money (Uang Elektronik)

Dengan semakin populernya NFC, tentu memiliki dampak yang sangat positif. Salah satunya kebijakan cashless sebuah transaksi ketika menggunakan jalan tol. Sekarang para pengendara yang akan menggunakan jalan tol, harus memiliki e-money. Bahkan sebagian ATM pun mendukung fungsi untuk melakukan pengecekan dan pengisian saldo kartu e-money. Hal tersebut tentunya sangat efisien dan praktis dalam penerapannya. Namun hal tersebut hanya berfungsi untuk ponsel dengan NFC.

5. Melakukan Pembayaran

Ketika sedang berbelanja, menggunakan kartu debit merupakan hal yang cukup efisien. Karena kita tidak perlu lagi ke ATM dan mengantre untuk mengambil uang. Dengan adanya NFC, sekarang kartu debit dapat terhubung ke smartphone. Anda hanya perlu menempelkan smartphone pada NFC alat penerima pembayaran. Bahkan beberapa produsen telah mewujudkan hal tersebut, seperti Apple Pay untuk ponsel iPhone atau Samsung pay dari Samsung. Hal ini merupakan suatu hal yang praktis untuk kehidupan sehari-hari.

6. Check In

Sejak NFC tertanam pada ponsel, check in merupakan sebuah fungsi dasar lainnya yang dapat kita lakukan. Check ini dapat berguna dalam memberi tahu seseorang sedang berada pada titik koordinat tertentu. Biasanya fungsi ini diaplikasikan ketika seseorang melakukan check in di hotel atau berbagai tempat lainnya.

7. Mengautentikasi Jaringan Wi-Fi

Ketika ingin menghubungkan jaringan Wi-Fi, tentu kita sering untuk memasukkan password terlebih dahulu. Hal tersebut sudah umum terjadi, karena password adalah salah satu metode agar tidak sembarangan orang dapat mengakses Wi-Fi.

Namun sekarang beberapa tempat umum separti halnya hotel, sudah ada yang menggunakan Wi-Fi porter. Penggunaan dari alat tersebut memudahkan para pengunjung untuk tersambung ke jaringan Wi-Fi, karena tidak perlu lagi memasukkan password secara manual. Wi-Fi portera kan menyimoan password yang dapat terbaca oleh sebuah ponsel yang memiliki terknologi NFC. Pengunjung hanya perlu mendekatkan ponsel ke Wi-Fi.

8. Emulasi Kartu Akses

Hotel bahkan apartemen modern sudah banyak menggunakan kartu akses untuk menggantikan penggunaan dari kunci kenvensional. Kartu akses tersebut dapat digunakan untuk membuka pintu atau pun menggunakan lift. Dan data yang ada pada kartu akses tersebut dapat kita pindahkan ke sebuah smartphone yang memiliki fitur NFC, atau istilahnya emulasi. Alhasil kita dapat membuka pintu atau menggunakan lift dengan menggunakan ponsel.

Kesimpulan

Itulah pemaparan tentang NFC dan fungsi-fungsinya pada hp. Dengan adanya kehadiran perangkat NFC ini, sangat berdampak positif pada kemajuan teknologi di dunia. Ada begitu banyak hal yang berubah menjadi efisien, praktis dan mudah, karena adanya NFC pada hp. Semoga artikel kali ini dapat membuat Anda paham mengenai NFC!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.