10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Bergerak Terbaik dan Mudah Digunakan

aplikasi edit foto jadi video bergerak

Salah satu tren yang sedang banyak pengguna sosmed gandrungi adalah mengubah foto menjadi video bergerak. Tren semacam ini bisa Anda jumpai dengan mudah di TikTok maupun Instagram. Meski terlihat ribet, ternyata untuk mengubah foto ke video bukanlah hal yang sulit lho! Sebab, ada beberapa aplikasi edit foto jadi video bergerak yang bisa sobat Tekno pakai.

Dengan menggunakan berbagai aplikasi tersebut, Anda bisa mengubah dari foto yang awalnya 2D menjadi format video dan membuatnya terlihat bergerak. Cara untuk menggunakan aplikasi ini juga tidak sulit dan bisa pemula pakai dengan mudah. Penasaran? Yuk, simak rekomendasi aplikasi lengkapnya berikut ini!

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Bergerak Terbaik

Sebagai referensi berikut beberapa aplikasi yang bisa sobat Tekno manfaatkan untuk membuat foto menjadi video yang bergerak:

1. Lumyer: Magic Photo Animator

aplikasi edit foto jadi video bergerak
(sumber gambar: play.google.com)

Rekomendasi pertama yang bisa Anda pakai untuk mengubah foto menjadi video adalah Lumyer: Magic Photo Animator. Banyak pengguna yang tertarik pada Lumyer karena berbagai fitur yang ada sangat kaya dan mudah untuk digunakan. Bahkan untuk mengubah foto menjadi format video hanya memakan waktu dengan cepat dan tidak perlu menunggu lama.

Selain itu, Lumyer juga memberikan pilihan lebih dari 200 filter yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Dengan tambahan filter tersebut, Anda tidak hanya mendapatkan video dari sebuah foto, namun dengan tampilan yang jauh lebih bagus. Jika sudah selesai mengubah foto menjadi video, sobat Tekno juga bisa menyimpan filenya dalam bentuk GIF.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Anda cukup mencarinya di Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS. Ukuran file aplikasi ini sendiri tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar 66,8 MB saja. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila aplikasi Lumyer akan menghabiskan ruang penyimpanan ponsel.

2. GIF Me! Camera

Aplikasi edit foto jadi video bergerak selanjutnya adalah GIF Me! Camera. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, sistem operasi (OS) minimal yang harus Anda pakai adalah Android 4.0. Jika versi OS yang Anda miliki sudah lebih baru dari itu, maka bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

GIF Me! Camera bisa membantu sobat Tekno untuk membuat sebuah foto menjadi video bergerak dengan tampilan seperti boomerang yang ada di Instagram. Selain itu, Anda tidak hanya bisa membuat foto menjadi video saja di aplikasi ini. Melainkan juga bisa membuat timelapse, stop motion, dan juga GIF.

3. StoryZ Photo Motion & Cinemagraph

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan StoryZ Photo Motion & Cinemagraph supaya bisa mengubah foto menjadi video. Keunggulan aplikasi ini adalah user interface nya yang ringkas dan sangat mudah untuk Anda operasikan. Bagi pengguna pemula pun juga tidak akan kesulitan dalam memakai aplikasi yang satu ini.

Selain itu, aplikasi ini pun bisa mengubah foto Anda menjadi bentuk animated double exposure dan animasi GIF. Rating StoryZ Photo Motion & Cinemagraph sendiri adalah 4,5/5 di Google Play Store. Tergolong tinggi untuk sebuah aplikasi pengubah foto menjadi video. Untuk ukuran filenya hanya sebesar 15,5 MB saja sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan ponsel.

4. Zeotropic: Photo in Motion

Sobat Tekno juga bisa mencoba aplikasi Zeotropic: Photo in Motion supaya bisa mengubah foto menjadi video yang bergerak. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dari tampilan antar muka (user interface) yang bersih dan mudah untuk Anda gunakan. Bahkan para pemula juga tidak akan kesulitan mengenali berbagai fitur yang ada di aplikasi Zeotrophic.

Tidak hanya itu, ketika melakukan proses pengeditan Anda bisa menambahkan berbagai efek sinematik sesuai selera. Inilah yang membuat hasil akhir video Anda bisa menjadi lebih menarik dan cantik. Ukuran file aplikasi ini adalah sekitar 49,2 MB dan memang cukup besar. Namun soal kinerja, tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tergolong lancar dan tidak ada hambatan.

5. PixaMotion

aplikasi edit foto jadi video bergerak
(sumber gambar: play.google.com)

Dari berbagai aplikasi edito foto jadi video bergerak yang ada, nama aplikasi PixaMotion tentu masuk ke jajaran yang populer. Pasalnya, aplikasi ini memiliki rating yang cukup baik di Google Play Store, yaitu 4,4/5. Banyak orang yang tertarik menggunakan PixaMotion karena ada banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan disini.

Fitur pertama adalah adanya berbagai filter yang bisa Anda pilih untuk membuat tampilan video menjadi lebih cantik. Selain itu, Anda juga bisa mengatur sendiri area mana yang ingin Anda gerakkan pada foto. Tentu fitur semacam ini bisa membuat fleksibilitas pengeditan jadi makin tinggi. Jika ingin menyimpan hasilnya nanti, Anda juga bisa menambahkan background atau latar belakang tertentu dalam videonya supaya terlihat lebih cantik jika ingin Anda pakai sebagai wallpaper.

6. Talking Photos from Meing

Ketika menggunakan aplikasi berikut, maka Anda bisa mengubah foto supaya bergerak ke arah kanan dan kiri secara otomatis. Selain itu, Talking Photos from Meing juga bisa membuat sebuah foto menjadi bernyanyi dengan mengikuti teks yang sudah Anda input. Memang dari segi ukuran, aplikasi ini tergolong cukup besar sekitar 91 MB, namun tentu akan sebanding dengan kekayaan fitur yang bisa Anda pakai melalui aplikasi ini.

7. MyHeritage

Belakangan ini aplikasi MyHeritage memang sangat populer khususnya untuk para pengguna sosial media. Pasalnya, MyHeritage tidak hanya bisa membantu sobat Tekno untuk mengubah foto menjadi video bergerak saja. Lebih dari itu, MyHeritage juga memiliki fitur Deep Nostalgia yang memiliki teknologi AI (Artificial Intelligence) adanya fitur ini membuat sebuah foto lawas bisa terlihat hidup kembali.

Teknologi AI tersebut yang akan membuat foto Anda lebih terlihat hidup dan terlihat sangat nyata. Anda bisa mempraktekkannya dengan mengubah foto miliki kakek atau nenek kemudian gunakan fitur Deep Nostalgia tersebut. Nantinya, tampilan foto dari kakek dan nenek Anda bisa menjadi terlihat hidup seolah Anda kembali pada masa ketika mereka masih muda dahulu. Sangat seru dan canggih bukan?

8. Live Motion Picture: Live Photo Animation

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yang bisa mengubah foto jadi video bergerak adalah Live Motion Picture: Live Photo Animation. Dengan menggunakan aplikasi ini, sobat Tekno bisa mengubah foto jadi bergerak dengan mudah dan cepat. Hanya saja, memang aplikasi ini hanya bisa membuat foto menjadi bergerak tanpa bisa Anda tambahkan latar suara maupun musik.

9. Loopsie: Motion Video Effects Living Photos

Sobat Tekno juga bisa menggunakan Loopsie: Motion Video Effects Living Photos agar bisa menghasilkan foto bergerak dengan mudah. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah cara pengoperasiannya yang mudah dan ramah bagi pemula. Dari segi user interface, Looopsie tidak berbeda jauh dengan aplikasi Zeotrophic yang sudah kami bahas pada bagian sebelumnya.

Saat menggunakan aplikasi ini Anda hanya perlu untuk memberikan sejumlah masking pada area-area yang tidak ingin Anda ubah jadi bergerak. Nantinya, area yang tidak memiliki masking itulah yang bisa bergerak dengan bebas. Kinerja dari aplikasi Loopsie juga terbilang ringan sehingga tidak akan mempengaruhi performa ponsel miliki Anda sendiri.

10. Plotaverse: Create Your Reality

Rekomendasi aplikasi edit foto jadi video bergerak yang terakhir adalah Plotaverse: Create Your Reality. Aplikasi ini membantu Anda mengubah sebuah foto menjadi video dengan cepat dan juga mudah. Tersedia juga banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna agar hasil foto jadi video lebih maksimal.

Beberapa fitur tersebut adalah instan playback, selection tool, animation tool, sampai fitur untuk menyesuaikan kecerahan yang ada dalam foto. Selain itu, Anda bisa menyesuaikan ekstensi file ketika mengeksport foto. Mulai dari GIF, PNG, MP4, dan lain sebagainya. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan dan keinginan. Sangat fleksibel bukan?

Nah sobat Tekno, itulah berbagai aplikasi edit foto jadi video bergerak yang bisa Anda coba. Kesepuluh rekomendasi tersebut, bisa membantu Anda mendapatkan sebuah video yang berasal dari foto. Tidak hanya mudah pengoperasiannya, berbagai aplikasi ini juga menawarkan fitur yang membuat hasil akhir video menjadi lebih cantik dan menarik. Hasilnya video yang akan Anda upload di sosmed pun jadi lebih bagus! Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.