Panduan Cara Daftar IMEI HP yang Belum Terdaftar Agar Tidak Terblokir!

cara daftar IMEI HP

Saat ini memahami cara daftar IMEI HP adalah suatu hal yang sangat penting. Pasalnya, jika ponsel yang Anda miliki tidak memiliki nomor IMEI, maka besar kemungkinannya ponsel tersebut tidak akan mendapatkan sinyal dari seluruh provider yang ada di Indonesia. Untuk itulah, Anda harus bisa mendaftarkan sendiri HP sobat Tekno apabila memang belum terdaftar. Lalu, seperti apa cara daftarnya?

Pengertian Nomor IMEI untuk Ponsel

cara daftar IMEI HP
(sumber gambar: ubergizmo.com)

Sebelum membahas cara untuk mendaftarkan nomor IMEI, perlu sobat Tekno tahu dahulu pengertian nomor tersebut. Jadi, IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor ini memiliki sejumlah 14 digit dan memiliki tambahan digit 15 yang tugasnya adalah untuk memverifikasi deretan nomor sebelumnya. Keberadaan nomor IMEI ini sangat penting sebagai bahan untuk mengidentifikasi sebuah HP.

Dengan adanya IMEI sebuah ponsel bisa terlihat seluruh informasinya. Mulai dari informasi yang terkait nomor model, pabrikan, hingga darimana asal ponsel tersebut dibuat. Jadi secara tidak langsung IMEI merupakan sebuah identitas yang melekat pada setiap ponsel yang Anda miliki. Bagi para provider telekomunikasi yang ada di Indonesia, nomor IMEI juga sangat berguna untuk mengidentifikasi ponsel yang ingin tersambung dengan jaringan provider tersebut.

Keberadaan IMEI sangat penting karena bisa mencegah penggunaan HP berjenis BM atau black market. Ini merupakan sebutan bagi ponsel yang masuk ke Indonesia secara ilegal. Semua ponsel BM biasanya tidak akan memiliki nomor IMEI karena sifatnya yang tidak resmi. Jika hal ini terjadi, maka ponsel tersebut tidak akan mendapatkan jaringan sinyal apapun di Indonesia.

Tidak hanya itu, nomor IMEI juga berguna untuk memblokir sebuah ponsel yang kebetulan hilang karena tindak pidana pencurian. Ketika sudah terblokir, maka ponsel tersebut tidak akan bisa tersambung ke jaringan apapun. Nah, pada 18 April 2020 yang lalu, pemerintah Indonesia sudah menerapkan opsi pemblokiran HP yang BM atau ilegal.

Tujuan dari pemblokiran ini adalah untuk mendukung industri teknologi yang aman dan juga kondusif. Selain itu juga meminimalisir adanya tindakan penyelundupan HP ke Indonesia yang sangat mersahkan karena bisa merugikan masyarakat. Jika menggunakan ponsel ilegal, tentu masyarakat tidak bisa menggunakannya secara baik dan aman.

Cara Daftar IMEI HP

cara daftar IMEI HP
(sumber gambar: support.apple.com)

Lalu bagaimana jadinya jika Anda membeli ponsel di luar negeri atau membeli ponsel di luar negeri dan tidak mendapatkan IMEI? Apakah akan ikut terblokir? Maka jawabannya adalah tidak. Ini merupakan kabar baik bagi pengguna ponsel karena IMEI pun bisa Anda daftarkan sendiri. Caranya adalah dengan mendaftarkannya di Kemenperin (Kementerian Perindustrian). Apakah caranya sulit?

Jawabannya adalah tidak. Karena dari pihak Kemenperin pun sudah menyediakan layanan pendaftaran yang mudah, melalui website ataupun aplikasi. Berikut adalah cara pendaftaran yang bisa sobat Tekno ikuti baik melalui website maupun aplikasi:

1. Cara Daftar IMEI HP di Website

Pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memiliki website pendaftaran IMEI yang bisa Anda akses di https://www.beacukai.go.id/register-imei.html. Cukup buka link tersebut di browser HP maupun komputer. Setelah membukanya, Anda akan langsung melihat halaman utama yang bertuliskan Formulir Pendaftaran IMEI. Nah, formulir ini adalah tempat Anda mendaftarkan IMEI.

Di formulir tersebut ada banyak sekali informasi tentang data diri dan perangkat yang ingin Anda daftarkan dan harus Anda isi dengan lengkap. Mulai dari nomor penerbangan, tipe identitas, nama lengkap, kewarganegaraan, NPWP, dan email. Sementara untuk data barang, Anda harus mengisi data merk (brand), tipe, RAM, kapasitas penyimpanan, warna, IMEI 1, IMEI 2, mata uang, dan harga barang.

Setelah itu juga ada tempat untuk upload dokumen berupa surat karantina. Akan tetapi bagian ini bersifat opsiona. Jika sobat Tekno memilikinya, maka silahkan isi. Namun jika tidak, juga tidak masalah. Apabila semua data sudah Anda isi konfirmasi pengiriman data dengan memasukkan key code yang muncul pada bagian paling akhir. Setelah semuanya selesai, klik opsi Send.

2. Cara Daftar IMEI HP Lewat Aplikasi

Cara daftar IMEI di HP selanjutnya bisa sobat Tekno lakukan dengan melalui aplikasi Mobile Bea Cukai. Aplikasi ini juga merupakan milik Direktorat Jenderal Bea Cukai dan bisa Anda manfaatkan sebagai tempat untuk mendaftarkan IMEI ponsel iPhone maupun Android. Caranya adalah seperti berikut:

a. Unduh dan Install Aplikasi Mobile Bea Cukai

Langkah awal yang harus sobat Tekno lakukan adalah mengunduh aplikasi terlebih dahulu di Google Play Store. Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.beacukai.customer. Jika sudah lakukan instalasi atau pemasangan seperti biasa.

b. Lakukan Pendaftaran

Apabila aplikasi sudah terpasang, silahkan buka aplikasi tersebut. Pada halaman awal Anda bisa melihat banyak sekali fitur yang tersedia di aplikasi tersebut. Mulai dari tracking, hitung pungutan, kurs pajak, IMEI, TPB, Pabeanan, dan lain sebagainya. Nah, tugas Anda adalah memilih menu IMEI.

Setelah memilih menu tersebut, Anda pun akan masuk ke halaman pendaftaran dan ada banyak sekali data yang harus Anda isi dan juga lengkapi. Data yang harus Anda isi pun sebenarnya sama dengan yang ada di website, dimana Anda harus mengisi data diri Anda sebagai pemilik dan juga data barang yang berupa ponsel. Termasuk juga data penerbangan

Semua data ini harus Anda isi dengan baik, benar, dan lengkap karena sangat penting supaya proses pendaftaran IMEI bisa berjalan dengan baik. Awali dengan mengisi data diri atau identitas pribadi dengan lengkap. Setelah itu, apabila sudah lengkap lanjutkan dengan memilih opsi Next supaya bisa lanjut ke formulir selanjutnya.

c. Mengisi Detail Barang (Ponsel)

Cara daftar IMEI HP selanjutnya adalah mengisi data barang. Setelah data diri lengkap, sobat Tekno pun harus mengisi data barang yang Anda daftarkan. Pada tahap ini Anda harus mengisi merk, tipe, IMEI barang, dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan pengecekan nomor IMEI dengan mudah sesuai tipe barang yang Anda miliki. Sama seperti data diri sebelumnya, Anda pun harus mengisi bagian ini dengan baik, lengkap, dan jangan sampai ada yang terlewat.

d. Simpan Formulir

Langkah terakhir yang harus Anda tempuh adalah menyimpan formulir. Setelah semua data sudah terisi maka klik simpanlah pendaftaran tersebut dengan cara klik opsi Complete. Selanjutnya Anda akan memperoleh Registration ID dan juga QR Code.

Setelah memperoleh data tersebut, maka Anda harus datang ke kantor Bea Cukai. Tujuannya adalah untuk melakukan scanning dari QR Code yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Anda bisa melakukan scan pada bagian pemeriksaan Bea Cukai.

Jika bingung, silahkan datang dan sampaikan maksud Anda ke petugas bea cukai. Apabila sudah selesai, maka semua tahap sudah terlewati dan Anda sudah mendapatkan persetujuan dari Bea Cukai sehingga IMEI yang Anda miliki pun sudah terdaftar secara resmi.

Cara Cek Nomor IMEI di Ponsel

Jika Anda bingung mencari nomor IMEI dari ponsel yang Anda beli dari luar negeri, Anda bisa mengeceknya sendiri. Karena seringkali perihal nomor IMEI tersebut tidak tampak di paket pembelian. Jadi, Anda harus melakukan pengecekan sendiri. Cara untuk mengecek IMEI ini juga berbeda di Android maupun di iPhone. Untuk Android, Anda cukup masuk ke bagian setting atau pengaturan. Setelah itu cari opsi About Phone atau Tentang Ponsel.

Kemudian pilih opsi Status atau Phone Status. Pada bagian inilah Anda bisa memilih opsi IMEI Information untuk melihat nomor IMEI dari ponsel tersebut. Sementara itu, jika Anda menggunakan iPhone caranya cukup masuk opsi Setting atau Pengaturan. Kemudian klik opsi General atau Umum dan masuklah di opsi About supaya bisa melihat informasi lengkap tentang ponsel yang Anda miliki. Disinilah nomor IMEI tersedia dan bisa Anda catat untuk kebutuhan pendaftaran IMEI di website maupun di aplikasi. Sangat mudah bukan?

Nah, itulah cara daftar IMEI HP baik melalui website maupun aplikasi yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Cara untuk mengecek sendiri nomor IMEI di ponsel juga sudah kami jelaskan untuk kebutuhan pendaftaran tersebut. Pada dasarnya, IMEI adalah hal yang sangat penting jika ingin ponsel Anda berfungsi normal pada umumnya. Jadi jika memang belum terdaftar, segeralah mendaftarkannya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.