Cara Download Google Meet di Laptop, Anti Ribet!

(Sumber foto: www.groovypost.com)

Dengan tingginya angka belajar dan juga kerja online selama kurang lebih 2 tahun lebih terakhir ini, banyak sekali yang ingin mengetahui cara download Google Meet di laptop. Selain mudah, salah satu aplikasi meeting terbaik ini dapat digunakan secara gratis. Mungkin mendownload Google Meet dengan menggunakan smartphone melalui Play Store atau App Store lebih sering kita jumpai. Lalu, bagaimana caranya mendownload Google Meet di laptop secara gratis?

Tentang Google Meet

Google Meet adalah sebuah layanan aplikasi video converence yang Google kembangkang selaku perusahaan internet terbesar. Aplikasi kelas premium ini tentunya memiliki kualitas yang terebilang cukup baik karena mampu menampung hingga 250 orang peserta teleconference secara bersamaan dalam satu layar berbentuk grid. Bahkan untuk urusan kualitas dan juga keamanan, aplikasi ini tidak perlu Anda khawatirkan. Goole Meet menawarkan sebuah kualitas yang terbilang cukup tinggi dalam mendukung pertemuan penting secara daring.

Sejarah awal Google Meet mulai pada Februari tahu 2017, dimana rilis secara diam-diam pada iOS. Namun pada Maret 2017, Google dengan resmi meluncurkan Meet. Peluncuran layanan ini sebagai sebuah aplikasi konferensi video dengan maksimal peserta sebanyak 30, yang tersedia dalam web, Android, dan juga iOS. Aplikasi ini dideskripsikan sebagai versi lain dari Hangouts yang ramah bagi perusahaan. Namun meskipun begitu, ada beberapa fitur dari Hangouts yang tidak dipergunakan, termasuk chat secara bersamaan dan melihat peserta.

Anda dapat menggunakan aplikasi yang satu ini melalui PC, laptop, bahkan smartphone sekaligus. Agar Anda dapat berlangganan Google Meet, Anda dapat memilih paket-paket yang tersedia dan Google tawarkan. Ada begitu banyak variasi paket yang tersedia, mulai dari paket untuk 100 peserta dengan harga $6 perbulan, 120 peserta dengan harga $12 perbulan, sampai dengan paket untuk 250 peserta seharga $25 perbulan.

Fungsi dan Fitur dari Google Meet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari Google adalah untuk video confrence yang dapat menampung sampai 250 orang peserta. Hal itu tentunya dapat Anda gunakan untuk melakukan rapat perusahaan, proses belajar dan mengajar, dan banyak lagi. Tentunya dengan adanya layanan Google Meet ini, sangat membantu dalam kegiatan-kegiatan yang mengharuskan daring. Selain fungsinya, Google Meet juga menyajikan beberapa fitur yang dapat Anda gunakan jika menggunakan aplikasi ini:

  1. Panggilan audio dan video baik satu arah maupun dua arah yang beresolusi 720p.
  2. Filter audio yang berguna untuk pembatalan kebisingan.
  3. Mode cahaya yang rendah untuk video.
  4. Dapat bergabung dalam sebuah rapat melalui web, atau aplikasi Android ataupun iOS.
  5. Dapat berbagi layar yang berguna untuk mendukung Anda mempresentasikan presentasi, sokumen, spreadsheet, dan lain sebagainya.
  6. Host dapat melakukan penolakan masuk dan bahkan menghapus pengguna ketika panggilan berlangsung.
  7. Mampu menelepon ke sebuah pertemuan yang menggunakan nomor dial-in Amerika Serikat.

Cara Download Google Meet di Laptop

Cara Download Google Meet di Laptop, Anti Ribet!
arstechnica.com

Ada beberapa cara download Google Meet di laptop, mulai dari menggunakan BluestacksMEmu, bahkan tanpa aplikasi sekalipun. Berikut ini penjabaran tentang Langkah-langkahnya:

1. Bluestacks

Sebelum itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Bluestacks terlebih dahulu. Atau jika belum Anda lakukan, Anda dapat mendownloadnya lewat tautan atau link berikut di sini.

  • Bukalah aplikasi Bluestacks tersebut.
  • Lalu Anda klik ikon dari Google Play Store.
  • Bukalah tab pada Google Play Store tersebut dan cari Aplikasi Google Meet lewat kolom pencarian.
  • Kemudian Anda klik Install untuk dapat memasangnya pada laptop Anda.
  • Selanjutnya klik Open ketika Google Meet yang Anda install sudah selesai.
  • Jika Google Meet sudah terpasang pada laptop Anda, selanjutnya Anda klik Continue dan Anda dapat lanjutkan penggunaannya.

2. MEmu

Selain dengan menggunakan Bluestacks, ada cara lain yang dapat Anda gunakan, yaitu dengan menggunakan aplikasi MEmu. Aplikasi yang satu ini memiliki kemiripan dengan Bluestack, akan tetapi MEmu memiliki fitur yang terbilang lebih lengkap. Sama seperti Bluestacks, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Memu terlebih dahulu. Jika belum Anda lakukan, Anda dapat mendownloadnya lewat tautan atau link di sini:

  • Bukalah aplikasi MEmu tersebut.
  • Lalu Anda klik ikon dari Google Play Store atau Anda dapat menggunakan MEmu app store.
  • Bukalah tab pada Google Play Store tersebut dan cari Aplikasi Google Meet lewat kolom pencarian.
  • Kemudian Anda klik Install untuk dapat memasangnya pada laptop Anda.
  • Selanjutnya klik Open ketika Google Meet yang Anda install sudah selesai.
  • Google Meet sudah terpasang pada laptop Anda.

3. Cara Mendownload Tanpa Aplikasi

Sebenarnya Anda tidak perlu repot mencari cara untuk mendownload Google Meet, karena aplikasi terebut dapat dengan langsung Anda gunakan tanpa perlu Anda install. Berikut ini adalah caranya:

  • Bukalah browser pada laptop Anda. Dapat melalui browser Google Chrome, Mozilla Firefox, atau pun browser lainnya.
  • Selanjutnya Anda buka website resmi dari Google Meet, atau klik di sini.
  • Jika Anda telah berhasul membuka halaman pada veranda Google Meet, selanjutnya Anda dapat klik Rapat Baru agar Anda dapat membuat ruang rapat yang baru.
  • Pilihlah Mulai Rapat Instan agar dapat dengan segera masuk ke ruang rapat.
  • Berikan akses pada kamera dan juga mic Anda, agara Anda dapat melanjutkan serta menggunakan Google Meet.
  • Klik Gabung Sekarang, untuk dapat mendapatkan link ruang rapat tersebut dengan segera.
  • Anda dapat undang peserta yang lainnya dengan cara membagikan link ruang meeting Anda dengan mencopy atau menyalunnya lewat klik menu Salin info akses.
  • Atau tambahkan orang-orang lainnya melalui email, dengan cara Tambahkan orang.

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Seperti pada umumnya, tiap suatu hal tidak hanya ada kelebihannya saja, namun juga ada kekurangannya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari Google Meet:

Kelebihan

1. Adanya Versi Gratis dan Versi Berbayar yang Fleksibel

Untuk semua pengguna Google, dapat menggunakan Google Meet secara gratis. Versi gratisnya mendukung kapasitas peserta sampai 100 orang. Dan bagi pengguna gratis, batas waktunya adalah 60 menit, tidak seperti zoom yang terbatas hanya 40 menit untuk versi gratisnya.

2. Terintregasi dengan Layanan Google

Google Meet menyediakan tools yang komperhensif untuk interaktivitas dan produktivitas. Seperti halnya fitur share screen yang dapat memungkinkan pembicara melakukan presentasi dokumen dan semacamnya kepada peserta. Google Meet terintregasi dengan beberapa layanan Google lainnya, seperti Google Calendar dan Google Contact untuk melakukan panggilan sekali klik atau partisipasi untuk rapat. Dengan versi yang berbayar melalui Google Worksspace, dapat membuka lebih banyak fitur, misalnya noise cancellation, nomor telepon dari negara tertentu, atau panggilan terenkripsi, dll.

3. Kualitas dari Video, Audio, Performa, dan Keamanan

Resolusi default dari 360p dapat Anda atur hingga 720p. bahkan pengguna secara individual dapat juga mengubah resolusi tersebut untuk menerima dan mengirim feed, yang tentunya memberikan mereka kontrol yang  baik atas penggunaan data mereka. Hal ini juga termasuk ketika menangani konferensi yang besar dengan peserta yang besar juga, walaupun dengan beberapa jeda. Namun, kualitas dan kinerja terebut bergantung pada kecepatan internet dan juga kemampuan dari hardware perangkat yang peserta gunakan. Keamanannya pun terjamin, karena perusahaan mengikuti standar internal dan juga hukum untuk melindungi serta menjaga segala jenis hal yang bersifat privasi dan lainnya.

Kekukarangan

1. Fiturnya Relatif Terbatas

Keberagaman fitur serta aplikasi dalam Google Workspace merupakan manfaat utama dalam penggunaan Google Meet. Namun jika kita bandingkan dengan layanan atau aplikasi video serupa lainnya, fitur-fitur yang tersedia harus mengalami peningkatan dan juga perluasan untuk hal produktivitas, interaktivitas, dan juga kolaborasi jarak jauh. Bahkan untuk hal dukungan dalam jumlah peserta maksimum, Zoom lebih unggul dari pada Google Meet.

2. Membebani Hardware dan Sistem

Tidak adanya aplikasi desktop asli atau khusus, padahal aplikasi yang dioptimalkan untuk sistem Android atau iOS tersedia. Platform ini hanya dapat Anad akses melalui web browser untuk sebuah sistem operasi seperti macOS, Windows, dan Chrome OS. Kualitas dari user experince masih tergantung pada kemampuan dari hardware perangkat tertentu. Sebab itu, kekurangan dari Google Meet adalah dapat menghabiskan sumber daya hardware.

Demikianlah sobat Tekno, cara download Google Meet di laptop dan beberapa penjelasan singkat tentang Google Meet sebagai penambah informasi untuk Anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.