Panduan Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati dan Hidup

cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati

HP yang hilang tentu menjadi permasalahan yang serius karena di dalamnya pasti tersimpan banyak data penting. Untuk itu, sobat Tekno harus sesegera mungkin melacak keberadaannya agar bisa segera Anda temukan. Sebenarnya, cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati maupun hidup bukanlah hal yang sulit. Anda pun bisa melakukannya secara mandiri di rumah.

Akan tetapi, terkadang seringkali rasa panik dan cemas lah yang menguasai pikiran sehingga tidak bisa berpikir tenang untuk mencoba melacaknya sendiri. Kali ini TeknoMagz akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk melacak ponsel yang sedang hilang. Yuk, simak sampai akhir!

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati Total, Apakah Bisa?

cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati
(sumber gambar: voi.id)

Sobat Tekno, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa pada dasarnya melacak HP yang mati akan jauh lebih sulit daripada saat keadaannya masih hidup. Pasalnya, dalam proses pelacakan lokasi, Anda akan sangat membutuhkan peran GPS yang menunjukkan keberadaan dari ponsel tersebut.

Nah, agar bisa berfungsi GPS haruslah dalam keadaan yang hidup atau minimal masih memiliki beberapa persen daya baterai. Apabila kondisinya mati total, maka pelacakan akan lebih sulit untuk Anda lakukan. Meski begitu, memang ada sebuah teknologi yang bernama NSA yang bisa melacak ponsel meskipun kondisinya mati total.

NSA sendiri adalah singkatan dari The National Security Agency. NSA menggunakan teknik yang dijuluki sebagai “The Find” untuk menemukan keberadaan ponsel mati total. Cara NSA dalam melacaknya adalah dengan menginfeksi atau menyusupi HP tersebut dengan trojan atau virus secara terus menerus.

Bukan tanpa tujuan, adanya penyusupan virus tersebut bertujuan agar HP bisa tetap memancarkan sinyal sehingga bisa dilacak, meski kondisinya mati. Akan tetapi, teknik inipun masih memiliki kelemahan karena saat baterai HP sudah terlepas, maka NSA tidak akan bisa mencari keberadaan ponsel lagi.

Lalu, adakah cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati?

Jawabannya adalah ada. Meskipun sulit, namun ada satu cara yang tetap sebaiknya Anda coba untuk menelusuri lokasi HP yang hilang. Cara tersebut adalah dengan memanfaatkan fitur Linimasa atau Your Timeline dari Google Maps. Inilah cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati menggunakan Google Maps:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Google Maps untuk mulai mencari keberadaan HP yang hilang dalam keadaan mati. Google Maps ini bisa Anda buka melalui HP lain ataupun mengaksesnya lewat laptop atau PC
  2. Jika sudah masuk, silahkan klik ikon segitiga kecil yang berada di bagian pojok kanan halaman Maps
  3. Lanjutkan dengan klik opsi Tambahkan Akun
  4. Silahkan masukkan alamat email yang terpasang pada HP yang hilang dalam keadaan mati tersebut sekaligus dengan kata sandi atau passwordnya
  5. Jika sudah, silahkan klik Saya Setuju
  6. Apabila Anda sudah berhasil masuk ke akun Gmail, silahkan klik lagi ikon segitiga kecil yang ada di bagian kiri atas halaman Maps
  7. Kemudian lanjutkan dengan memilih opsi menu Linimasa atau Your Timeline
  8. Nantinya Google Maps akan menunjukkan keberadaan dan lokasi dari HP Anda yang sedang hilang meski dalam keadaan mati

Sebagai catatan: mengingat kondisi HP memang dalam keadaan mati total, maka tidak menutup kemungkinan bahwa hasil lokasi tersebut tidak sepenuhnya akurat. Lokasi yang muncul bisa saja adalah posisi terakhir ketika HP tersebut masih menyala sebelum akhirnya dimatikan. Akan tetapi, tentu cara ini bisa tetap Anda coba sebagai salah satu upaya menemukan HP yang hilang.

Cara Melacak HP yang Hilang dan Masih Menyala

cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati
(sumber gambar: androidauthority.com)

Berbeda dengan cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati, ponsel yang masih menyala akan lebih mudah untuk Anda temukan. Selain itu, lebih banyak opsi yang bisa Anda coba untuk mencarinya karena memang GPS dan sinyal akan membantu proses pelacakan lokasi HP tersebut. Inilah beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Melacak HP dengan GPS

Cara pertama yang bisa sobat Tekno coba adalah dengan menggunakan GPS dan kemudian menggunakan Google Maps. Bagi banyak orang, cara ini seringkali mereka pilih untuk mencari lokasi ponsel yang hilang karena sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan lainnya. Untuk melacak ponsel, berikut langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Silahkan buka aplikasi Google Maps terlebih dahulu dan lanjutkan dengan login menggunakan akun Google yang juga terpasang pada HP yang hilang
  • Jika sudah berhasil masuk, silahkan klik profil yang berada di bagian sisi kiri atas. Kemudian klik opsi Location Sharing
  • Setelah memilih menu Share Location, Anda bisa memilih dengan siapa ingin membagikan lokasi ponsel tersebut. Kemudian Anda pun bisa membagikan lokasi via Google Maps maupun via email
  • Nantinya setelah selesai membagikan lokasi, sobat Tekno bisa melihat lokasi dari HP yang sedang hilang. Cukup mudah bukan?

2. Melacak HP dengan Nomor IMEI

Tidak hanya berfungsi sebagai nomor identitas unit HP saja, nomor IMEI juga bisa Anda manfaatkan untuk melacak lokasi HP yang sedang hilang. Pasalnya, setiap nomor IMEI sudah terhubung dengan operator selular dari provider yang Anda gunakan. Inilah mengapa nantinya pihak operator selular tersebut bisa mencari keberadaan lokasi ponsel dengan nomor IMEI.

Untuk bisa melakukan pelacakan, sayangnya tidak bisa sembarangan dan Anda harus memiliki surat pengantar kehilangan yang berasal dari pihak kepolisian. Tujuannya, surat tersebut sebagai bukti bahwa memang ponsel Anda sedang hilang dan supaya pihak operator selular bersedia melacak ponsel Anda menggunakan nomor IMEI.

Jadi pastikan sebelum memulai melacak ponsel, Anda harus menyempatkan diri untuk membuat surat pengantar kehilangan dahulu ke kantor polisi ya sobat Tekno. Baru setelah suratnya jadi, Anda bisa pergi ke gerai operator selular atau provider terdekat yang Anda gunakan. Utarakan maksud dan tujuan Anda sambil membawa surat pengantar kehilangan tersebut. Baru nantinya Anda bisa melakukan pelacakan lokasi ponsel.

3. Melacak HP dengan Email

Selain menggunakan GPS dan nomor IMEI, Anda pun bisa melacak lokasi ponsel dengan memanfaatkan email. Karena pada dasarnya, setiap email pasti akan sudah terpasang pada setiap perangkat ponsel yang Anda gunakan. Nantinya cara ini akan memanfaatkan fitur Find My Device yang merupakan buatan Google. Berikut cara mencari ponsel dengan menggunakan email:

  • Silahkan unduh dan install terlebih dahulu aplikasi Find My Device di smartphone
  • Kemudian lanjutkan dengan login menggunakan akun Gmail yang juga terpasang pada ponsel yang ingin Anda cari lokasinya
  • Apabila sudah berhasil masuk, maka Anda akan melihat lokasi terakhir dari ponsel yang Anda cari. Tidak hanya lokasi, nantinya juga akan terlihat berbagai informasi lain seperti jenis provider atau operator selular yang Anda gunakan sekaligus presentase baterai dari ponsel tersebut. Mudah bukan?

Find My Device sendiri sebenarnya tidak hanya berguna untuk mencari keberadaan ponsel saja. Lebih dari itu, fitur ini juga bisa mengendalikan HP Android Anda dari jarak jauh. Seperti untuk menghapus data, mengunci perangkat, dan membunyikan perangkat. Jadi ketika Anda ingin melindungi data pada ponsel yang hilang, Anda pun bisa memanfaatkan fitur Find My Device ini.

4. Melacak HP dengan WhatsApp

Tidak hanya sekedar menjadi media untuk berkomunikasi, WhatsApp juga menghadirkan fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari lokasi keberadaan HP. Kemampuan WA untuk melacak lokasi ponsel merupakan manfaat dari adanya fitur Bagi Lokasi atau Share Location. Saat menggunakan fitur ini, Anda bisa melihat dimana keberadaan ponsel yang sedang hilang.

Hanya saja sebagai catatan, ponsel yang Anda cari harus tetap memiliki koneksi internet. Karena jka tidak ada koneksi internet, maka WhatsApp akan kesulitan dalam menemukan posel yang Anda cari. Untuk melihat tutorial selengkapnya tentang cara melacak HP yang hilang melalui Whatsapp, Anda bisa membacanya pada artikel berikut ini.

Tutorial Cara Melacak HP Hilang Lewat WA yang Mudah dan Cepat

Nah sobat Tekno, itulah cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dan hidup yang bisa Anda simak. Pada dasarnya, melacak HP yang hilang bisa Anda lakukan sendiri dan sesegera mungkin ketika ponsel baru saja. Oleh karena itu, jika memang sedang terjadi peristiwa kehilangan cobalah kendalikan pikiran Anda agar bisa tenang menghadapi situasi dan lakukan pelacakan ponsel. Dengan begitu, diharapkan ponsel yang hilang bisa kembali ke tangan Anda dengan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.