Bingung Bagaimana Cara Melacak No HP Penipu? Pakai Aplikasi Ini!

cara melacak no HP penipu

Kejahatan cyber memang sangat marak saat ini dan semakin meresahkan. Salah satunya adalah modus penipuan yang menggunakan nomor telepon baik itu melalui nomor biasa atau via WhatsApp. Inilah yang kemudian membuat masyarakat harus tau bagaimana cara melacak no HP penipu. Hal ini sangat penting untuk melindungi diri maupun orang terdekat dari segala tindak penipuan yang bisa merugikan.

Ketika mendapatkan telepon dari nomor asing atau yang tidak Anda kenal, maka jangan langsung menjawab panggilan tersebut. Ada baiknya Anda cari tau dan lacak dulu siapa penelpon tersebut. Jika dari hasil penelusuran menunjukkan indikasi yang buruk dari penelpon, maka segera tolak atau bahkan blokir nomor tersebut.

Nah, untuk membantu memudahkan Anda dalam melakukan pelacakan ada beberapa aplikasi yang bisa Anda pakai. Apa saja?

Cara Melacak No HP Penipu dengan 6 Aplikasi Ini

cara melacak no HP penipu
(sumber gambar: theverge.com)

Untuk menjawab kebutuhan pengguna ponsel agar bisa melihat siapa penelpon asing yang masuk, saat ini sudah banyak aplikasi untuk melacak nomor HP yang bisa Anda gunakan. Inilah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan:

1. GetContact

Dari sekian banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, mungkin GetContact adalah yang terpopuler. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan kemudahan pelacakan nomor yang sangat tinggi. Dengan GetContact, Anda bisa melihat nomor tertentu tersimpan di orang lain dengan nama apa. Jadi misalnya, Anda mendapatkan telepon dari nomor asing.

Setelah itu, masukkan saja nomor tersebut ke aplikasi GetContact dan cari nomor tersebut. Nantinya Anda akan melihat banyak sekali nama penyimpanan dari nomor itu. Jika ada yang menyimpannya dengan nama yang mencurigakan seperti “penipu” “penjahat” atau lainnya, maka segera blokir atau hapus nomor tersebut. Pasalnya, ini sudah cukup menjadi indikasi bahwa nomor tersebut bukanlah penelpon yang baik.

Anda pun bisa mencari nomor Anda sendiri di GetContact agar bisa tahu apa nama kontak Anda di pengguna lain. Aplikasi ini pun bisa Anda pakai secara gratis dan sudah cukup memberikan fitur yang lengkap. Hanya saja, memang untuk kuota pencarian nomor akan lebih terbatas. Jika Anda ingin lebih maksimal dan tidak ada batasan, Anda bisa menggunakan GetContact versi premium dengan harga Rp 45.000 tiap bulannya.

2. Mr. Number – Block Calls & Spam

Selain GetContact, Anda bisa menggunakan aplikasi Mr. Number yang juga menawarkan fitur pendeteksi nomor penipu. Aplikasi ini memiliki database yang cukup besar dan update terhadap nomor-nomor yang tercurigai sebagai penipu maupun telemarketer yang berpotensi merugikan. Selain melacak nomor asing, aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk memblokir nomor tersebut.

3. Hiya

Aplikasi Hiya adalah salah satu aplikasi rekomendasi yang bisa Anda gunakan sebagai cara melacak no HP penipu. Hiya memiliki database yang cukup lengkap sehingga bisa membantu mendeteksi nomer asing yang tercurigai sebagai spam maupun penipu. Hiya bisa mencari data siapa yang menelpon Anda dengan cukup akurat.

Bahkan Hiya juga memiliki fitur unggulan berupa Protection & Security. Fitur perlindungan semacam ini tidak akan Anda temukan di aplikasi pelacak nomor lain yang sejenis. Berkat adanya fitur inilah Anda bisa tidak hanya sekedar mencari dan memblokir nomor, tapi Anda juga mendapatkan perlindunga dari potensi scam.

4. TrueCaller

Cara melacak no HP penipu selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi TrueCaller. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak sekali database berkat jumlah penggunanya yang mencapai 250 juta di seluruh dunia. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan cara mengumpulkan data penelpon yang ada di seluruh dunia. Apabila ada nomor yang tercurigai sebagai penipu, maka nomor tersebut akan masuk ke daftar blacklist.

Dengan cara kerja inilah akhirnya databse yang TrueCaller miliki menjadi semakin besar. Untuk mendapatkan TrueCaller, Anda bisa mendownloadnya di Google PlayStore maupun App Store dengan gratis. Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda hanya cukup menginstallnya kemudian masukkan nomer tertentu ke kolom search. Setelah itu akan muncul informasi pemilik nomer tersebut dengan lengkap. Sangat mudah bukan?

5. Whoscall

Aplikasi selanjutnya adalah Whoscall yang bisa Anda gunakan untuk melacak nomor penipu. Keunggulan Whoscall berasal dari databasenya yang juga terbilang besar karena jumlah penggunanya yang besar di seluruh dunia. Terhitung sudah ada 70 juta orang yang menggunakan aplikasi ini sebagai bagian dari perlindungan kontak mereka.

Selain itu, keunggulan lain dari Whoscall adalah adanya mode offline yang tidak akan Anda temukan pada aplikasi lain. Jadi dengan mode ini, Anda tetap bisa menggunakan fitur pelacakan nomor meski tidak memiliki koneksi internet. Tentu fitur ini bisa membuat penggunaan Whoscall jadi lebih fleksibel.

6. CIA ID

CIA ID adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda andalkan sebagai cara melacak no HP penipu. Jumlah penggunanya sudah mencapai lebih dari 1,5 milliar orang di seluruh dunia. Tentu dengan jumlah sebesar ini, database yang dimiliki CIA menjadi cukup akurat. Fitur unggulan dari app ini adalah bisa membantu Anda memberikan peringatan jika ada nomor asing yang terdeteksi sebagai spam. Setelah itu, nantinya Anda bisa memutuskan untuk memblokir nomor tersebut atau tidak.

CIA ID juga menawarkan fitur unggulan lain yang berupa rekomendasi nomor lain pada suatu institusi besar. Jadi misalnya Anda sedang menelpon nomor perusahaan atau lembaga A, tetapi tidak mendapatkan jawaban. Nah, CIA ID nantinya akan memberikan rekomendasi nomor lain yang bisa Anda hubungi, mengingat sebuah lembaga atau institusi pasti memiliki lebih dari satu nomor telepon.

Tips Agar Terhindar dari Nomor Penipu

cara melacak no HP penipu
(sumber gambar: thewirecutter.com)

Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk melacak no penipu, maka tindakan pencegahan perlu Anda lakukan. Anda juga harus tau bagaimana cara untuk menghindari nomor penipu. Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Nomor Asing (Tidak Dikenal)

Ini adalah tips terpenting yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penipuan. Sebab, jelas jika nomor asing patut Anda waspadai terlebih dahulu. Hampir bisa Anda pastikan bahwa nomor asing akan mengarah ke spam atau tindak penipuan, terutama jika tidak datang dari nomor yang resmi atau memiliki kode area.

Untuk mengantisipasi hal ini, selalu tahan niat untuk mengangkat nomor asing secara langsung. Setelah itu, cek nomor tersebut dengan menggunakan berbagai aplikasi seperti yang sudah kami rekomendasikan sebelumnya. Apabila muncul informasi bahwa nomor tersebut adalah penipu atau spam, maka silahkan blokir nomor tersebut.

2. Menelpon Secara Berulang

Selanjutnya, Anda juga harus waspada apabila nomor asing menelpon lebih dari satu kali. Sebab, hal ini bisa menjadi penanda bahwa memang nomor tersebut adalah spam dan biasanya berasal dari telemarketer. Untuk mengetes hal ini, Anda bisa membiarkan nomor tersebut menelpon Anda terlebih dahulu dan biarkan jangan diangkat sama sekali.

Apabila nomor tersebut memang tidak akan berniat jahat maka tidak terangkat satu kali pun mereka akan berhenti. Akan tetapi, jika tetap berulang kali menelpon Anda silakan lakukan pemblokiran karena nomor tersebut sudah masuk ke dalam kategori spam.

3. Nomor yang Berbeda, tetapi Serupa

Terakhir, Anda juga wajib mewaspadai jika ada nomor berbeda yang berulang kali menelpon, tetapi uniknya juga memiliki kemiripan yang cukup tinggi. Kemiripan nomor ini biasanya akan terlihat pada 3 (tiga) nomor terakhir atau nomor awal. Misalnya, nomor pertama memiliki akhiran 127.

Kemudian beberapa saat setelahnya ada nomor lain yang menelpon dengan akhiran 129. Setelah beberapa saat Anda biarkan, muncul nomor lain lagi yang menelpon dengan akhiran 125 misalnya. Nah, jika hal ini terjadi maka besar kemungkinan bahwa nomor tersebut adalah spam. Untuk itu segera lakukan pemblokiran terhadap nomor-nomor tersebut bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun secara manual.

Nah sobat Tekno, itulah beberapa cara melacak no HP penipu dengan menggunakan aplikasi. Sekaligus tips yang bisa Anda ikuti agar bisa menghindari nomor-nomor penipu tersebut.

Pada dasarnya, kegiatan penipuan lewat telepon memang bisa sangat merugikan, tapi Anda sendiri pun memiliki kesempatan untuk mencegah dan menghindari hal tersebut. Jadi, selalu pastikan bahwa Anda sudah menerapkan perlindungan yang maksimal kepada nomor Anda ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.