Cara Membuat Power Point di HP dan Trik Membuatnya Menarik

cara membuat power point di HP

Selama ini Power Point atau PPT memang memiliki peranan yang sangat besar untuk kebutuhan presentasi. Selama ini kebanyakan orang membuat Power Point di PC karena memang cara itulah yang sudah umum dan dianggap mudah. Padahal, sebenarnya cara membuat Power Point di HP tidak sesulit yang sobat Tekno bayangkan lho! 

Apalagi membuat Power Point di HP juga lebih fleksibel, karena device HP yang lebih mudah Anda bawa kemana saja. Jadi kapan pun Anda butuh membuat materi presentasi yang penting, membuat Power Point bisa selesai dengan mudah dan cepat. Lalu, seperti apa cara membuat PPT di HP itu? Dan bagaimana cara agar tampilan presentasi lebih menarik? Yuk, simak cara selengkapnya berikut ini! 

Cara Membuat Power Point di HP yang Mudah

cara membuat power point di HP
(sumber gambar: rsdrsoebandi.com)

Sobat Tekno tentu sudah tidak asing lagi jika pembuatan PPT di PC adalah dengan menggunakan media Microsoft Power Point. Akan tetapi, saat membuatnya di HP Anda jadi bisa menggunakan aplikasi lainnya, yaitu WPS Office. Memang Microsoft Power Point pun sudah tersedia versi mobile sehingga bisa Anda pakai di ponsel dengan mudah. Akan tetapi, untuk penggunaan di HP, kebanyakan pengguna lebih suka menggunakan WPS Office. 

WPS Office merupakan salah satu aplikasi office yang sangat terkenal untuk perangkat smartphone. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah kinerjanya yang ringan dan terasa lebih mulus untuk penggunaan di HP. Sobat Tekno pun tidak harus memiliki spesifikasi HP yang terlalu tinggi untuk bisa menggunakan WPS Office. Karena meski spesifikasi ponsel hanyalah entry-level sekalipun, namun aplikasi office ini tetap bisa berjalan dengan cukup baik. 

Selain lebih ringan dari segi kinerja, WPS Office juga memiliki banyak sekali pilihan template yang sudah jadi dan siap untuk Anda pakai. Adanya banyak pilihan template ini tentu bisa membantu sobat Tekno jika ingin membuat PPT dengan cepat dan tidak perlu pusing memikirkan desain atau tata letaknya. 

Berikut adalah cara membuat PPT menggunakan WPS Office selengkapnya: 

1. Unduh dan Pasang WPS Office 

Langkah pertama yang harus sobat Tekno lakukan tentu adalah harus mengunduh dan menginstall terlebih dahulu aplikasi WPS Office. Anda bisa menemukannya di Google Play Store atau dengan melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=cn.wps.moffice_eng. Apakah WPS Office hanya tersedia untuk Android?

Jawabannya adalah tidak. Sobat Tekno yang menggunakan sistem operasi iOS pun tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Untuk mengunduhnya, Anda bisa mengunjungi App Store atau bisa Anda akses melalui link berikut https://apps.apple.com/us/app/wps-office/id1491101673. Apabila sudah terunduh, lakukan instalasi seperti biasa. 

2. Tambah Lembar Presentasi Baru 

Apabila aplikasi sudah terpasang, maka buka aplikasi tersebut dan klik ikon tambah yang berada di bagian kanan bawah. Kemudian sobat Tekno bisa melanjutkannya dengan memilih opsi Presentation. 

3. Pilih Halaman Baru atau Pakai Template 

Cara membuat Power Point di HP selanjutnya adalah memilih menggunakan lembar presentasi sesuai preferensi. Jika memang sobat Tekno ingin membuatnya dari sangat awal dan mendesain sendiri presentasi tersebut, maka klik Blank atau Lembar Kosong yang ada di pojok kiri atas. Sementara itu, jika Anda ingin cara yang praktis maka bisa menggunakan template yang sudah ada. 

WPS Office menyediakan banyak sekali template siap pakai dengan berbagai desain dan tata letak. Saat menggunakan pilihan ini, maka Anda hanya tinggal memoles saja bagian presentasi sesuai keinginan. Tidak perlu ribet memikirkan desain dan layout yang pas. 

4. Mulai Membuat Presentasi 

Apabila masalah desain dan lembar baru sudah selesai, kini saatnya Anda mulai membuat sendiri slide presentasi sesuai dengan kebutuhan. WPS Office ini memiliki user interface dan juga fitur-fitur yang sangat mirip dengan Microsoft PowerPoint. Jadi jika Anda memang sudah terbiasa menggunakan software tersebut di PC, maka membuat PPT dengan WPS Office tentu akan sangat mudah. 

Ada banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan di aplikasi WPS Office. Seperti menambahkan video, gambar, animasi, bentuk, text box, bahkan sampai adanya background music. Cara untuk menambahkan berbagai opsi ini juga sangat sederhana, yaitu hanya dengan cara klik simbol Tools yang ada di pojok kiri bawah dan pilih Insert. Dari situ Anda bisa memilih elemen apa yang ingin Anda masukkan.

WPS Office juga menyediakan opsi menambahkan transisi antar slide. Transisi ini merupakan animasi peralihan dari satu slide ke slide yang lainnya. Selain itu, pada kolom Design juga bisa sobat Tekno utak atik sedemikian rupa supaya bisa membuat presentasi semakin menarik. 

5. Lihat Hasil Presentasi 

Cara membuat Power Point di HP ini adalah saat Anda melakukan preview dari presentasi yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika ingin memainkan presentasi, cukup tekan opsi Tools kemudian lanjutkan dengan Play. 

6. Simpan Hasil Presentasi 

Apabila dari hasil review Anda sudah puas dan ingin menyimpan presentasi, maka klik simbol Tools yang ada di pojok kiri bawah. Selanjutnya klik opsi File. Pada opsi tersebut sobat Tekno bisa melihat pilihan Save, Save As, Export to PDF, dan lain sebagainya. Pada opsi ini silahkan memilih format penyimpanan yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah, maka cara membuat Power Point di HP pun sudah berhasil Anda lakukan. 

Rahasia Membuat PPT yang Menarik Perhatian 

cara membuat power point di HP
(sumber gambar: spunworld.com)

Cara membuat Power Point di HP memang mudah dan bisa Anda lakukan dengan cepat. Akan tetapi, untuk membuat PPT yang menarik perhatian audience, bukanlah hal yang mudah. Ada banyak komponen yang harus Anda perhatikan supaya presentasi tersebut bisa berhasil mengambil perhatian audience. Inilah beberapa tips yang bisa sobat Tekno ikuti supaya bisa membuat PPT yang menarik: 

1. Pakai Elemen Pendukung 

Saat mempresentasikan sesuatu, hal yang bisa menambah nilai dari apa yang Anda sampaikan adalah elemen pendukung. Dalam hal ini elemen tersebut adalah gambar, video, infografis, tabel, dan bahkan musik. Penggunaan elemen ini bisa membuat audience lebih memahami apa yang Anda sampaikan karena mereka langsung bisa mendapatkan tampilan visualnya. Selain itu, ini juga membuat mata tidak bosan karena ada selingan elemen tersebut diantara poin yang sedang Anda sampaikan. 

2. Batasi Jumlah Slide 

Kunci dari presentasi yang efektif adalah membuat jumlah slide secukupnya dan jangan terlalu panjang. Pasalnya, slide yang terlalu banyak justru akan membuat para pendengar jadi mudah bosan saat mendengarkan paparan yang Anda sampaikan. Idealnya, 15 sampai 20 slide sudah sangat cukup untuk kebutuhan presentasi. 

Sampaikan apa yang memang hanya menjadi poin penting saja dari materi Anda dan hindari kesan bertele-tele. Dengan begitu, audience bisa lebih betah dalam mendengarkan dan membaca presentasi yang Anda sampaikan dan tidak keburu bosan.

3. Perhatikan Desain 

Kesalahan paling sering para pembuat PPT adalah desain yang tidak harmonis sehingga tidak enak dipandang. Banyak orang yang mengabaikan perihal desain di PPT karena mereka menganggap hal ini sangat remeh dan bisa saja PPT tetap bagus dengan desain apa saja. Padahal, penggunan desain juga sangat mempengaruhi kenyamanan pembacanya. Saat membuat PPT pemilihan warna, font, dan juga tambahan desain lain adalah sangat penting sifatnya untuk Anda perhatikan. Maka dari itu, usahakan juga untuk memikirkan masalah desain ini dengan baik. 

Jangan sampai Anda menggunakan perpaduan warna yang bukannya menarik tapi justru tidak enak dipandang oleh mata. Atau jangan sampai menggunakan jenis font yang bukannya bisa dibaca tetapi malah sulit untuk dibaca. Terakhir, jangan menggunakan font yang terlalu kecil sehingga sulit dibaca dari jarak yang cukup jauh. 

Hal-hal seperti inilah yang akan mengurangi kenyamanan audience dalam membaca PPT yang Anda buat. Jika ingin praktis, Anda bisa menggunakan berbagai template PPT siap pakai yang sudah tersedia di WPS Office. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing memikirkan desain, tata letak, dan juga jenis font apa yang sebaiknya dipakai. 

Nah sobat Tekno, itulah tutorial cara membuat Power Point di HP sekaligus rahasia membuat PPT yang menarik. Pada dasarnya, kebutuhan akan PPT akan sangat besar terutama untuk urusan pekerjaan maupun pendidikan. Jadi, dengan memahami hal ini bisa membantu Anda membuat PPT yang baik dan mudah, hanya melalui ponsel saja. Selamat mencoba ya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.