Gadget  

Panduan Cara Membuat Zoom Meeting di HP 100% Mudah!

cara-membuat-zoom-meeting-di-hp

Zoom telah menjadi salah satu aplikasi obrolan video paling populer saat ini. Jika Anda perlu menyelenggarakan rapat via Zoom, tetapi Anda tidak berada di depan komputer, maka Anda dapat menggunakan iPhone atau ponsel Android. Tetapi pertama-tama, Anda perlu mengatur akun Zoom. Berikut cara membuat zoom meeting di hp, cara menambahkan kontak ke aplikasi Zoom, dan cara menjadwalkan rapat.

Cara Membuat Zoom Meeting di HP

cara-membuat-zoom-meeting-di-hp
(sumber gambar: sensortower.com)

Untuk membuat akun Zoom dari iPhone atau Android Anda, bisa langsung unduh aplikasi Zoom Cloud Meetings dan klik Daftar. Kemudian masukkan info Anda dan setujui persyaratannya. Selanjutnya, aktifkan akun Anda dari email yang dikirim oleh Zoom.

  1. Unduh aplikasi Zoom Cloud Meetings. Anda dapat menemukannya di Google Play Store dan Apple App Store.
  2. Kemudian buka aplikasi dan ketuk Daftar untuk membuat akun gratis. Anda akan melihat opsi ini di sudut kiri bawah layar Anda.
  3. Masukkan tanggal lahir, alamat email, dan nama Anda.
  4. Kemudian ketuk lingkaran di sebelah tombol Saya setuju dengan Persyaratan Layanan.
  5. Selanjutnya, klik Daftar. Anda akan melihat ini di sudut kanan atas layar. Sebuah pesan kemudian akan muncul, memberitahu Anda bahwa email konfirmasi telah dikirim.
  6. Lalu klik Oke.
  7. Periksa kotak masuk dan buka email dari Zoom. Anda akan melihat pesan dari Zoom yang mengatakan Silakan aktifkan akun Zoom Anda.
  8. Kemudian klik Aktifkan Akun. Anda akan diarahkan ke situs web Zoom.
  9. Masukkan nama Anda dan buat kata sandi baru.
  10. Terakhir, klik Lanjutkan. Anda kemudian dapat mengundang rekan kerja yang diinginkan, tetapi Anda juga memiliki opsi untuk melewati langkah ini.

Setelah membuat akun Zoom, Anda dapat kembali ke aplikasi untuk mengatur rapat.

Cara Mengatur Rapat di Ponsel Anda

Untuk mengatur rapat Zoom di ponsel Anda, buka Rapat Baru > Mulai Rapat > Peserta > Undang. Kemudian pilih untuk mengirim email, pesan teks atau metode lain untuk mengundang kontak Anda ke rapat.

  1. Buka aplikasi Zoom dan klik Masuk. Anda akan melihat ini di sudut kanan bawah layar Anda.
  2. Kemudian masukkan alamat email dan kata sandi Anda dan klik Masuk.
  3. Selanjutnya, ketuk ikon Rapat Baru. Ini adalah ikon kamera video dengan latar belakang oranye.
  4. Lalu klik Mulai Rapat. Anda kemudian akan dibawa ke ruang konferensi video.
  5. Klik OK untuk mengizinkan Zoom mengakses kamera dan mikrofon Anda. Jika Anda tidak ingin mengaktifkan video dan mikrofon, Anda dapat klik Batal.
  6. Lalu klik Peserta. Anda dapat menemukan ikon ini di bagian bawah layar.
  7. Selanjutnya, klik Undang. Anda akan melihat ini di sudut kiri bawah layar Anda. Setelah Anda klik ini, Anda akan melihat menu pop-up dengan opsi berbeda tentang cara mengundang tamu.
  8. Pilih cara Anda ingin mengundang tamu. Anda dapat memilih untuk mengirim email, pesan teks, mengundang kontak dari aplikasi Zoom Anda atau menyalin tautan undangan.

Jika Anda klik Kirim Email, Anda akan dibawa ke klien email Anda dengan pesan yang sudah ditulis sebelumnya. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah memasukkan alamat email dari kontak yang ingin Anda undang dan klik kirim. Anda juga dapat mengubah teks di badan email atau subjek.

Sementara itu,jJika Anda klik Kirim Pesan, aplikasi perpesanan Anda akan terbuka dengan pesan teks yang sudah ditulis sebelumnya. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan nomor telepon kontak yang ingin Anda undang dan klik kirim.

Jika Anda klik Salin Tautan Undangan, Anda dapat mengirim undangan melalui metode lain dengan menempelkan tautan. Terakhir, jika Anda klik Undang Kontak, Anda dapat memilih siapa yang akan diundang dari daftar kontak Anda di aplikasi Zoom. Tetapi pertama-tama, Anda perlu menambahkan kontak di aplikasi seluler Zoom.

Cara Menambahkan Kontak di Aplikasi Zoom Mobile

Untuk menambahkan kontak di aplikasi seluler Zoom, Anda bisa langsung buka aplikasi dan masuk. Lalu klik tab Kontak di bagian bawah layar Anda. Selanjutnya, klik tanda plus dan pilih Tambahkan Kontak. Terakhir, masukkan alamat email dan klik OK.

  1. Buka aplikasi seluler Zoom dan masuk.
  2. Lalu ketuk Kontak. Anda akan melihat ini di bagian bawah layar Anda.
  3. Selanjutnya, ketuk tanda plus. Anda akan melihat ini di sudut kanan atas layar Anda.
  4. Kemudian pilih Tambahkan Kontak.
  5. Masukkan alamat email dan klik Tambah.
  6. Lalu klik Oke.

Setiap kontak yang Anda tambahkan akan menerima email dengan tautan. Setelah mereka mengklik tautan, mereka akan diminta untuk menyetujui permintaan Anda untuk ditambahkan ke daftar kontak Anda. Setelah kontak Anda menerima undangan, Anda dapat menambahkannya dengan membuka Peserta > Undang > Undang Kontak. Untuk catatan tambahan, kontak yang Anda kirimi permintaan harus masuk ke Zoom untuk menerima undangan Anda dalam waktu 30 hari

Cara Menjadwalkan Rapat Zoom di Ponsel

cara-membuat-zoom-meeting-di-hp
(sumber gambar: gadgethacks.com)

Selain membuat rapat, hal yang tidak kalah penting untuk Anda pahami adalah menjadwalkan rapat. Pasalnya, fitur ini akan sangat berguna untuk kebutuhan pekerjaan. Untuk menjadwalkan rapat di aplikasi seluler Zoom, cukup buka Jadwal dan masukkan detail rapat Anda. Kemudian pilih kalender yang ingin Anda gunakan dan klik Selesai. Terakhir, tambahkan undangan dan ketuk tambahkan untuk menjadwalkan rapat.

  1. Buka aplikasi Zoom dan masuk.
  2. Kemudian klik ikon Jadwal. Ini adalah ikon kalender dengan latar belakang biru.
  3. Masukkan detail rapat Anda. Anda dapat mengetikkan topik, menambahkan waktu mulai dan mengatur pertemuan untuk diulang. Anda juga memiliki opsi lain, seperti meminta kata sandi, video atau audio untuk tuan rumah dan peserta. Ada juga lebih banyak pengaturan untuk dijelajahi dengan menggulir ke bawah dan mengetuk Opsi Lanjutan.
  4. Pilih kalender tempat Anda ingin rapat di tempatkan. Anda dapat menggunakan Outlook, Google atau kalender lain yang biasanya digunakan perusahaan Anda.
  5. Lalu klik Selesai untuk menjadwalkan rapat. Anda akan melihat ini di sudut kanan atas layar Anda. Anda kemudian akan di bawa ke kalender pilihan Anda.
  6. Selanjutnya, ketuk Undangan untuk menambahkan kontak Anda. Ini mungkin berbeda, tergantung pada kalender Anda. Anda kemudian harus mengizinkan Zoom untuk mengakses kontak Anda. Klik tanda plus di sebelah kanan untuk menambahkan kontak dari ponsel Anda
  7. Terakhir, tinjau detailnya dan ketuk Tambah.

Sekian bahasan lengkap mengenai cara membuat zoom meeting di hp dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.