6 Cara Membuka HP yang Terkunci Tanpa Harus Melakukan Reset

cara membuka hp yang terkunci

Saat ini kehadiran kunci berupa PIN, fingerprint, maupun pola memang sangat penting untuk sebuah ponsel. Pasalnya, hal ini bertujuan untuk menjaga privasi data yang Anda miliki dari orang lain agar tidak sembarangan membukanya. Tapi, pernahkah Anda tiba-tiba lupa dengan password tersebut sehingga membuat HP menjadi terkunci? Adakah cara membuka HP yang terkunci tanpa melakukan reset?

6 Cara Membuka HP yang Terkunci

Reset atau pengaturan pabrik (recovery mode) merupakan langkah yang sangat pemilik ponsel hindari kecuali untuk tujuan tertentu. Pasalnya, jika menggunakan cara ini semua data yang ada di dalam HP akan hilang secara permanen dan tidak bisa Anda kembalikan lagi. Tentu bagi banyak orang, ini bukanlah hal yang baik karena berharganya data tersebut. Untuk itu, lebih banyak pemilik HP yang mencari cara agar bisa membuka ponsel mereka tanpa harus melakukan factory reset.

Inilah beberapa langkah yang bisa Anda tempuh:

1. Pakai Fitur Forgot Password atau Lupa Kata Sandi

cara membuka hp yang terkunci
(sumber gambar: data-retrieval.net)

Cara pertama yang bisa membantu Anda untuk membuka ponsel yang terkunci adalah dengan memanfaatkan forget password atau lupa kata sandi. Fitur ini biasanya merupakan bawaan dari ponsel dan akan muncul ketika Anda sudah salah memasukkan kata sandi beberapa kali. Cara untuk menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan klik opsi Forgot Pattern atau Forgot Password yang biasanya muncul di bagian kanan bawah layar HP
  • Setelah itu, Anda akan dibawa masuk untuk melakukan login akun Google Mail atau Gmail yang Anda miliki
  • Kemudian, Google akan mengajukan 2 pilihan metode supaya bisa membuka HP yang sedang terkunci. Opsi pertama adalah dengan mengirimkan beberapa pertanyaan dan yang kedua adalah dengan mengirimkan pola atau password baru ke email yang Anda punya
  • Kedua pilihan ini sama-sama bisa membuka ponsel, namun akan jauh lebih mudah menggunakan opsi kedua, yaitu mengirimkan password atau pola baru ke email
  • Setelah itu, Anda bisa membuka email di perangkat lain yang Anda punya seperti misalnya PC atau laptop
  • Cek pada bagian kotak masuk email dan lihat pesan masuk dari Google yang berisi pola atau password baru
  • Selesai! Anda pun bisa membuka HP yang terkunci dengan password baru tersebut tanpa melakukan reset.

2. Pakai Reboot Safe Mode

Selanjutnya, Anda pun bisa menggunakan reboot safe mode untuk membuka ponsel yang terkunci. Tujuan dari langkah ini adalah untuk menginstall aplikasi pihak ketiga yang Anda pakai untuk mengunci ponsel. Cara penggunaan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Silahkan tekan tombol power off ponsel sampai muncul opsi untuk mematikan atau merestart HP
  • Jika opsi sudah muncul, maka tekan lagi tombol power tersebut hingga fitur reboot safe mode bisa muncul. Jika sudah, klik opsi Yes atau OK
  • Selanjutnya ponsel akan melakukan restart ulang dan masuk ke opsi safe mode
  • Pada tahap ini, silakan uninstall atau hapus aplikasi yang Anda pakai untuk mengunci ponsel
  • Apabila sudah berhasil terhapus, restart kembali ponsel dan tunggu sampai menyala
  • Selesai! HP pun sudah berhasil terbuka.

3. Memanfaatkan HP Lain

Cara membuka HP yang terkunci selanjutnya adalah dengan memanfaatkan HP lain. Banyak yang berhasil menggunakan cara ini dan tidak ada resiko kehilangan data apapun. Untuk menggunakannya, inilah cara yang bisa Anda tempuh:

  • Silakan gunakan HP lain untuk menelpon HP yang sedang terkunci
  • Ketika ada panggilan masuk dan HP berbunyi, maka angkat panggilan telepon tersebut
  • Tapi ingat, setelah selesai melakukan panggilan Anda harus dengan cepat menekan tombol Home. Tujuannya agar Anda bisa masuk ke menu pengaturan HP tanpa harus membuka kuncinya
  • Jika sudah berhasil, maka masuk ke pengaturan dan non aktifkan pengaturan kunci pada HP
  • Selesai!

4. Crash Lock Screen

cara membuka hp yang terkunci
(sumber gambar: telset.id)

Opsi selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka ponsel yang sedang terkunci adalah dengan melakukan crash pada lock screen. Banyak orang yang juga menggunakan cara ini karena terbilang mudah dan juga efektif. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan adanya bug pada ponsel Anda. Akan tetapi, cara ini hanya berlaku untuk ponsel dengan versi Android 5.0 dan 5.1.1 atau Lolipop saja.

Jika ponsel Anda memiliki versi Android yang lebih tinggi dari ini, maka silakan skip cara ini dan lanjutkan pada langkah lainnya. Untuk menggunakan cara ini, berikut langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Silakan tekan panggilan darurat atau emergency dial yang ada di layar kunci
  • Setelah itu, masukkan 10 kali tanda bintang. Kemudian lakukan copy dan paste 10 tanda bintang tersebut sampai bejumlah 20
  • Ulangi lagi langkah ini sampai jumlah bintangnya berlipat ganda dan mencapai batasnya
  • Kemudian buka shortcut kamera dan langsung tarik bar notifikasi kebawah dan tekan opsi settings atau pengaturan
  • Setelah itu, pada tahap ini Anda akan diminta untuk memasukkan password. Nah, silakan paste tanda bintang yang sudah Anda buat tadi dan ulangi lagi langkah ini sampai terjadi crash lockscreen
  • Apabila crash sudah terjadi, maka ponsel Anda pun akan berhasil terbuka dengan sendirinya.

5. Menghapus Password dengan ADB

Cara membuka HP yang terkunci selanjutnya adalah dengan memanfaatkan ADB. Akan tetapi, cara ini hanya bisa Anda lakukan apabila sudah pernah mengaktifkan USB Debugging sebelumnya. HP juga harus sudah pernah terhubung dengan laptop atau PC yang sudah pernah menggunakan ADB. Tapi jika belum, maka silakan skip cara ini dan gunakan cara lainnya.

Inilah langkah yang bisa Anda ikuti jika ingin menggunakan cara ini:

  • Silakan sambungkan ponsel yang terkunci ke PC maupun laptop dengan memakai kabel USB
  • Kemudian buka program CMD atau Command Prompt di PC maupun laptop
  • Pada kolom CMD, masukkan perintah berupa adb shell rm /data/system/gesture.key. Tujuannya supayaAnda bisa masuk ke direktori instalasi ADB
  • Pada ponsel, silakan lakukan reboot dan seharusnya kunci atau password di ponsel Anda sudah hilang
  • Silakan lakukan penggantian password sebelum melakukan reboot lainnya.

6. Membawa Ponsel ke Service Center

Cara membuka ponsel yang terkunci satu ini bisa Anda tempuh jika semua cara sudah Anda tempuh namun tidak berhasil. Sementara itu, Anda tetap tidak ingin melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Setiap merk ponsel akan memiliki sebuah service center di banyak kota di Indonesia.

Keberadaan service center ini bisa menjadi pusat mencari informasi atau menyampaikan kelihan apabila ada device Anda yang bermasalah. Termasuk jika kondisi ponsel Anda sedang terkunci dan Anda tidak bisa membukanya. Untuk itu, apabila sudah hampir menyerah, silakan datang saja ke service center terdekat dan sampaikan apa yang menjadi keluhan Anda.

Biasanya setelah itu akan ada petugas yang merespon keluhan tersebut dan bisa memberikan solusi atau langkah terbaik yang bisa diambil. Umumnya setelah berkonsultasi dan dilakukan perbaikan, ponsel pun bisa terbuka lagi tanpa harus menghapus file apapun yang ada di ponsel. Anda pun tidak perlu khawatir karena umumnya tidak akan ada biaya apapun yang harus Anda keluarkan jika ke service center.

Akan tetapi, hal ini bisa saja berbeda tergantung dari kebijakan service center tersebut. Jadi sebaiknya, tanyakan dahulu kepada petugas di service center tersebut berapa besaran biaya yang harus Anda keluarkan sebelum membetulkan HP.

Nah sobat Tekno, itulah beberapa cara membuka HP yang terkunci yang bisa Anda lakukan. Semua pilihan cara tersebut bisa membantu Anda agar tidak perlu melakukan reset ponsel yang bisa mengakibatkan file-file di ponsel hilang. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.