Catat! 5 Cara Membuka Sandi HP yang Lupa untuk Semua Tipe HP

cara membuka sandi HP yang lupa

Seperti yang sobat Tekno ketahui, keberadaan sandi pada HP sudah menjadi hal yang sangat penting. Selain alasan keamanan, namun juga untuk menjaga privasi dari orang lain. Namun, apa jadinya jika tiba-tiba lupa sandi HP? Adakah cara membuka sandi HP yang lupa itu? Jawabannya adalah ada.

Sobat Tekno tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu melupakan password ponsel, karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah berbagai cara tersebut. Yuk, simak sampai akhir!

5 Cara Membuka Sandi HP yang Lupa

Pada dasarnya, kata sandi adalah pilihan dan preferensi masing-masing pengguna. Akan tetapi, sebaiknya selalu pastikan untuk membuat sandi yang mudah untuk Anda ingat atau sudah mencatat kata sandi tersebut ya. Sebab, ini bertujuan agar potensi lupanya kata sandi bisa Anda minimalisir. Jika kebetulan kata sandi yang Anda atur sudah terlanjur lupa, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka kata sandi tersebut:

1. Fitur Lupa Pola atau Forgot Pattern

cara membuka sandi HP yang lupa
(sumber gambar: voi.id)

Setiap ponsel pasti memiliki sebuah fitur tersendiri yang bisa membantu penggunanya jika kebetulan lupa password. Nah, jika Anda kebetulan membuat kata sandi dalam bentuk pola, maka saat lupa akan muncul opsi Forgot atau Lupa Password.

Opsi ini biasanya akan muncul jika sobat Tekno sudah gagal memasukkan kata sandi sebanyak 5 kali. Setelah itu biasanya juga akan muncul pesan berupa Coba Lagi dalam 30 Detik baru kemudian muncul opsi Forgot Pattern. Berikut adalah cara pakai dari fitur ini:

  • Silahkan klik opsi forgot pattern
  • Kemudian akan muncul 2 (dua) macam teknik masuk ke akun Google yang bisa Anda tempuh supaya kata sandi bisa Anda reset. Pertama adalah dengan cara masuk ke akun Google. Kedua adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan keamanan yang sudah Anda buat sebelumnya
  • Biasanya akan lebih banyak pengguna yang memilih opsi masuk ke akun Google. Sobat Tekno bisa memilih opsi tersebut juga dan mulai masukkan email dan kata sandi Gmail yang Anda punya
  • Nantinya Anda akan mendapatkan sebuah email masuk yang bisa membantu Anda untuk mengubah kata sandi, sehingga HP bisa Anda buka.

2. Samsung Find My Mobile

Cara yang kedua ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna smartphone Samsung saja. Pasalnya fitur dari Samsung ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk melakukan pembukaan kata sandi yang lupa dengan mudah dan sangat aman. Sebenarnya, fungsi utama dari fitur ini adalah untuk mencari lokasi dari ponsel Samsung yang hilang.

Akan tetapi, kemudian pihak Samsung juga memberikan fitur lain yang sangat fungsional. Termasuk untuk membuka ponsel Samsung apabila Anda lupa kata sandi dalam berbagai macam bentuk, mulai dari pola atau PIN. Akan tetapi, pastikan Anda sudah memiliki Samsung Account terlebih dahulu ya sebelumnya. Berikut adalah panduan yang bisa sobat Tekno ikuti untuk menggunakan cara ini:

  • Buka situs Samsung Find My Mobile yang bisa Anda akses dari link berikut ini https://findmymobile.samsung.com/
  • Silahkan login atau masuk ke akun Samsung yang Anda miliki
  • Setelah itu klik opsi Lock my Screen yang biasanya muncul pada panel sebelah kiri
  • Lanjutkan dengan memasukkan PIN baru sesuai keinginan Anda dan kemudian pilih Lock
  • Jika sudah, nantinya dalam 1 atau 2 menit, kata sandi Anda usah berhasil diubah dan Anda bisa masuk ke ponsel menggunakan metode sandi yang baru dengan mudah!

3. Aplikasi Find My Device

cara membuka sandi HP yang lupa
(sumber gambar: apkmody.io)

Cara membuka sandi HP yang lupa selanjutnya bisa digunakan untuk berbagai tipe HP. Sobat Tekno hanya perlu untuk mengunduh aplikasi Find My Device yang bisa Anda unduh dengan mudah di Google Play Store. Setelah itu, cara menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Gunakan akun Google Mail yang sudah tersambung pada ponsel, dengan melalui laptop ataupun komputer
  • Kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasi Find My Device terlebih dahulu dan pilih lah perangkat yang Anda gunakan
  • Selanjutnya klik opsi Lock. Nantinya Anda akan mendapatkan sebuah kode baru yang akan mengganti kode lama yang sudah Anda lupakan
  • Anda pun bisa membuka ponsel menggunakan kode baru tersebut

4. Android Device Manager (Find My Device)

Cara membuka sandi HP yang lupa berikut ini bisa dibilang menjadi cara yang sangat populer. Pasalnya, untuk bisa mebuka sebuah ponsel yang terkunci Anda hanya perlu menempuh langkah yang cukup mudah. Fitur ini sendiri merupakan fitur resmi yang dibuat oleh pihak Google dan memiliki nama Find My Device.

Nantinya Anda bisa membuka kunci ponsel dengan menggunakan bantuan browser lewat laptop ataupun smartphone lain. Kuncinya adalah akun Google yang Anda gunakan harus juga Anda pakai di ponsel yang terkunci tersebut. Selain itu, harus ada sambungan internet yang tersambung di HP. Tanpa internet, maka tidak akan bisa.

Untuk menggunakan cara ini berikut adalah langkah yang bisa sobat Tekno lakukan:

  • Masuk ke website Find My Device dari Google yang bisa Anda akses melalui link berikut ini https://www.google.com/android/find
  • Jika sudah, silahkan login dengan menggunakan akun Google Mail yang Anda daftarkan juga di ponsel yang terkunci
  • Setelah berhasil masuk umumnya Find My Device akan memunculkan informasi tentang perangkat yang tertaut dengan ponsel. Jika belum juga muncul informasi tentang ponsel yang Anda pakai maka coba beberapa kali lakukan refresh pada browser yang sobat Tekno
  • Kemudian pada panel sebelah kiri, pilih opsi Amankan Perangkat supaya Anda bisa mengunci perangkat atau mengganti kata sandi yang lupa dengan yang baru
  • Selanjutnya klik opsi Lock atau Kunci dan silahkan masukkan kata sandi yang baru sebanyak 2 kali
  • Jika sudah maka sobat Tekno sudah bisa membuka ponsel yang sebelumnya terkunci dengan menggunakan password baru! Mudah bukan?

5. Factory Reset atau Kembali ke Pengaturan Pabrik

Sobat Tekno sudah pernah mendengar istilah kembali ke pengaturan pabrik atau factory reset. Cara ini membuat semua pengaturan yang ada di ponsel sebelumnya terhapus dan ketika sudah selesai HP akan kembali seperti saat baru pertama kali membelinya. Nah, menggunakan cara ini Anda pun bisa membuka ponsel yang sedang terkunci karena lupa dengan kata sandinya.

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan saat memutuskan cara ini maka harus siap semua data dan pengaturan yang ada di ponsel menjadi terhapus semuanya. Selain itu, Anda juga tidak akan bisa mengembalikan file apapun karena sifat penghapusan datanya yang permanen. Jadi pastikan saat memutuskan untuk membuka ponsel terkunci dengan cara ini Anda sudah harus siap dengan kehilangan data ya.

Jika sudah yakin, berikut cara yang bisa Anda tempuh untuk mengaktifkan cara ini:

  • Silahkan matikan HP dengan cara menekan tombol volume up + home + power (untuk ponsel yang masih memiliki tombol home), atau dengan cara menekan tombol volume up + power secara bersamaan (untuk ponsel yang tidak memiliki tombol home)
  • Jika sudah tunggu selama beberapa saat sampai ponsel kembali nyala dan Anda sudah masuk ke halaman recovery mode
  • Pada halaman ini Anda harus memilih opsi Factory Reset atau Wipe Data. Nah untuk navigasi agar bisa menemukan opsi tersebut sobat Tekno bisa menggunakan tombol volume up atau down. Apabila sudah berhasil mendapatkan opsi Factory Reset, kemudian klik tombol power untuk mengeksekusi perintahnya
  • Akan muncul jendela pop up yang menjadi tempat konfirmasi apakah Anda benar-benar yakin untuk melakukan opsi factory reset. Jika memang sudah yakin, silahkan klik Reboot System Now dan kemudian ponsel akan memproses penghapusan berbagai pengaturan dan data yang ada di dalamnya. Waktu tunggu proses ini bisa jadi lama ataupun sebentar tergantung pada banyaknya data yang ada di ponsel sobat Tekno
  • Jika sudah selesai, maka ponsel akan kembali nyala dan semua data sudah hilang, artinya ponsel sudah berada dalam kondisi seperti baru. Secara otomatis, kunci kata sandi yang sebelumnya Anda lupakan pun kini sudah bisa terbuka.

Sobat Tekno, demikianlah beberapa cara membuka sandi HP yang lupa untuk semua tipe ponsel. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda yang kebetulan sedang lupa kata sandi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.