Cara Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop, 100% Mudah!

Cara Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop, 100% Mudah!
blog.easyacc.com

Cara memindahkan foto dari hp ke laptop merupakan hal mudah yang dapat Anda lakukan, baik itu dengan menggunakan kabel usb ataupun tidak. Umumnya hal ini dilakukan karena beberapa hal, seperti penuhnya memori hp, back up data hp, menyimpan foto-foto yang dianggap penting, dan lain sebagainya. Tentunya Anda melakukan hal tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Berikut cara-cara untuk memindahkan foto ke laptop, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan yang Anda inginkan dan juga butuhkan.

6 Cara Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop

Terdapat beberapa pilihan cara ataupun alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemindahan foto dari hp ke laptop. Serta dampak dari perkembangan teknologi, menciptakan adanya berbagai macam perangkat yang tersedia dengan dukungan hardware dan software yang baik. Pengembangan tersebut membuat sistem dilengkapi dengan manfaat atau fungsi yang dapat membantu serta dukungan dari konektivitasnya yang juga kian lengkap.

Hal tersebut membuat para pengguna akan dapat dengan mudah memindahkan foto ataupun file, dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Bahkan ada banyak aplikasi yang khusus dikembangkan demi membantu hal ini. Sehingga sangat membantu dalam proses pemindahan foto dari hp ke laptop. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu alternatif untuk melakukan pemindahan foto ataupun file dari hp ke laptop, yaitu:

1. Menggunakan Kabel USB atau Kabel Data

Cara ini sangat umum untuk memindahkan foto dari hp ke laptop, yaitu dengan menggunakan kabel USB atau kabel data. Kabel USB memiliki kepanjangan yaitu Universal Serial Bus, yang memiliki fungsi sebagai perangkat penyambung atau penghubung antara komputer dengan perangkat lainnya seperti speaker, hp, dan lain sebagainya. Cara ini juga terbilang paling mudah dalam proses memindahkan foto dari hp ke laptop. Berikut adalah cara memindahkannya dengan menggunakan kabel USB atau kabel data:

  1. Gunakanlah kabel USB atau kabel data, baik itu kabel dari charger Anda ataupun kabel usb atau kabel data lainnya. Namun lebih disarankan untuk menggunakan kabel yang berasal dari hp atau istilahnya original.
  2. Colok atau pasang kabel USB tersebut ke laptop, lalu sambungkan ke hp Anda.
  3. Saat Anda menyambungkan perangkat ke laptop, akan muncul beberapa opsi yang tampil pada layar hp Anda.
  4. Pilih opsi Transfer File supaya Anda dapat mengakses penyimpanan dari hp Anda dan lalu pilihlah folder DCIM untuk proses memindahkan foto.

2. Menggunakan Card Reader dan MicroSD

Selain dengan menggunakan sebuah kabel usb atau kabel data. Anda pun juga bisa melakukan pemindahan file atau data tanpa alat tersebut. Salah satunya dengan menggunakan card reader dan microSD. Card reader merupakan alat pembaca microSD atau kartu memori, yang dapat Anda gunakan untuk mentransfer data. Opsi ini dapat Anda jadikan pilihan, jika kabel usb tidak tersedia. Berikut adalah cara memindahkannya dengan menggunakan dua hal tersebut:

  1. Masukkan microSD ke dalam slot card reader.
  2. Kemudian hubungkanlah card reader ke laptop.
  3. Setelah microSD berhasil terdeteksi pada laptop, selanjutnya Anda dapat klik microSD tersebut.
  4. Anda dapat pilih foto atau file yang Anda ingin pindah ke laptop.

Namun disarankan untuk jangan terlalu sering menggunakan cara ini. Karena goresan yang timbul dari proses bongkar dan pasang microSD dari hp atau card reader dapat membuat kerusakan pada microSD,

3. Kirim Melalui Email

Jika Anda tidak ingin menggunakan alat-alat seperti penjelasan sebelumnya, Anda dapat menggunakan email untuk melakukan pemindahan foto atau file ke laptop. Email adalah elektronic mail atau jika diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti surat elektronik. Namun harus Anda pastikan hp dan laptop yang Anda miliki tersambung ke internet. Anda juga harus memerhatikan format dari file yang akan Anda kirimkan melalui email, yaitu dengan  mengatur ukuran dari file yang nantinya akan Anda kirimkan.

  1. Langkah pertama, bukalah aplikasi Gmail pada hp Anda.
  2. Klik Compose atau Tulis di layar beranda email.
  3. Pilih opsi Attach File atau ikon yang berbentuk seperti paper clip.
  4. Pilih foto atau file sebelumnya sudah Anda atur atau compress.
  5. Masukkanlah alamat email yang sudah terhubung pada laptop Anda.
  6. Klik Send atau Kirim.

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah tersebut, selanjutnya Anda dapat mengunduh semua foto atau file yang telah Anda kirimkan, menggunakan laptop yang Anda gunakan. Opsi yang satu ini dapat memudahkan Anda melakukan pemindahan foto atau file dimana saja, asalkan terhubung dengan internet.

4. Menggunakan Google Drive, Dropbox, atau OneDrive

Komputasi awan atau layanan cloud menjadi sebuah pilihan yang cukup masyarakat sukai belakangan ini. Hanya dengan modal internet, Anda akan dengan mudah melakukan back up data. Seperti halnya dengan memindahkan foto, Anda dapat menggunakan beberapa opsi layanan cloud. Anda hanya perlu membuat folder baru, lalu tambahkan foto atau file yang Anda inginkan. Anda dapat mengaksesnya dengan menggunakan laptop Anda, selama tersambung ke internet. Teknologi dari layanan cloud ini memungkinkan untuk Anda menyimpan berbagai macam file dengan bantuan dari media internet. Dengan menggunakan cara yang satu ini, kapasitas penyimpanan yang Anda miliki otomatis akan lebih besar.

  1. Langkah pertama, buka Photos atau galeri pada hp Anda.
  2. Pilihlah foto yang Anda inginkan.
  3. Klik Share pada bagian kiri bawah.
  4. Cari pilihan dari opsi Save To Drive.
  5. Selanjutnya Anda dapat memilih akun yang akan Anda gunakan untuk menyimpan foto atau file yang Anda pindahkan ke Goggle drive.
  6. Tunggu sampai selesai.

Jika sudah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuka Google Drive melalui laptop dan unduh semua foto atau file yang sudah Anda simpan tadi. Sama seperti Email, opsi yang satu ini dapat memudahkan Anda melakukan pemindahan foto atau file dimana saja, asalkan terhubung dengan internet.

5. Menggunakan Flashdisk atau Harddisk Eksternal

Jika Anda sedang tidak memegang laptop dan internet pun tidak mendukung, Anda dapat menggunakan opsi yang satu ini. Penyimpanan eksternal dapat menjadi salah satu solusi, Anda dapat memanfaatkan alat ini, yaitu flashdisk atau harddisk eksternal. Namun pastikan hp yang Anda gunakan harus sudah mendukung fitur untuk USB OTG. Kabel OTG atau yang memiliki kepanjangan On The Go merupakan sebuah kabel yang dapat Anda gunakan untuk membaca suatu data dari sebuah perangkat USB tanpa perlu menggunakan laptop atau komputer. Dasarnya setiap perangkat dapat menjadi sebuah host USB, akan tetapi tidak semua perangkat didukung dengan kemampuan tersebut.

  • Melalui hp:
  1. Sambungkanlah OTG ke hp Anda.
  2. Sambungkanlah flashdisk atau harddisk.
  3. Salin foto atau file ke flashdisk atau harddisk.
  • Melalui laptop:
  1. Sambuhkanlah flashdisk ke port USB yang tersedia pada laptop.
  2. Klik, jika flashdisk yang Anda masukan sudah terdeteksi.
  3. Pilih foto atau file yang Anda ingin pindahkan dengan cara menyalin atau mengcopynya.
  4. Pindahkan ke folder yang ada pada laptop Anda sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

6. Menggunakan Aplikasi Shareit

Opsi yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi Shareit, yang merupakan aplikasi transfer data untuk melakukan pengiriman data dari hp ke hp atau hp ke laptop. Aplikasi ini dapat melakukan transfer data dengan sangat mudah. Dalam proses pengiriman data dari perangkat satu ke perangkat lain, aplikasi ini memanfaatkan wifi. Jadi nantinya Shareit akan meminta Anda untuk mengaktifkan mode hotspot dari hp Anda. Shareit juga tetap dapat Anda gunakan meskipun tidak ada sambungan internet. Namun pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi ini pada laptop dan juga hp Anda, supaya dapat saling tersambung dan proses mentransfernya menjadi mudah.

  1. Langkah pertama, Anda klik Photos atau galeri foto pada hp Anda.
  2. Pilih foto yang Anda ingin kirim.
  3. Klik Share atau Berbagi pada bagiann kiri bawah.
  4. Klik Share To Pc atau Bagikan ke Pc dengan ikon Shareit.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Itulah 6 cara memindahkan foto dari hp ke laptop yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Hal diatas dapat Anda lakukan dengan sebaliknya, yaitu memindahkan foto atau file dari laptop ke hp Anda, karena caranya sama saja. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda! Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.