Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus

cara mengaktifkan touchpad laptop asus

Apakah touchpad laptop Asus Anda kini tak lagi berfungsi bahkan tidak bisa digunakan? Sebenarnya Anda hanya perlu tahu cara mengaktifkan touchpad laptop asus saja supaya mengembalikan fungsinya tersebut. Dijamin pastinya touchpad laptop Asus Anda langsung bisa.

Sebagian besar pastinya Anda lebih sering menggunakan touchpad ketimbang mouse. Sebab touchpad jauh lebih praktis dan juga nyaman. Biasanya mouse lebih cenderung digunakan untuk main game di laptop saja. Tetapi, kalau sudah berhubungan sama yang namanya browsing dan mengetik pastinya lebih menyukai touchpad.

Oleh sebab itulah, adanya masalah pada touchpad laptop asus Anda mengakibatkan pekerjaan jadi terganggu. Apalagi jika Anda sudah terbiasa menggunakannya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kantor ataupun tugas lainnya.

Penyebab Touchpad Laptop Asus tidak Berfungsi

Penyebab ini haruslah Anda ketahui agar kedepannya bisa menghindari hal-hal tersebut sehingga laptop pun dapat bertahan lebih lama dan awet. Berikut ini penjelasannya:

1. Touchpad Tidak Sengaja Dinonaktifkan

Poin pertama ini adalah penyebab yang paling sering terjadi. Namun, tenang saja sebab biasanya ada tombol kombinasi di laptop yang bisa membantu Anda untuk mengaktifkan kembali touchpad tersebut.

2. Laptop sedang dicas

Saat Anda sedang mengecas laptop, juga sering pengguna mendapati touchpadnya tidak berfungsi lagi dengan baik. Tentu saja ada berbagai penyebabnya seperti charger yang Anda beli tidak original atau sedang rusak.

Hal ini mengakibatkan kinerjanya menjadi tidak maksimal lagi. Selain itu, bisa jadi sumber listriknya tidak stabil.

3. Driver touchpad harus di update

Ada kalanya touchpad tidak dapat berfungsi dengan baik karena Anda sendiri belum update. Untuk itulah, Anda harus mengupdate drivernya terlebih dahulu untuk mengembalikan fungsinya tersebut.

4. Tidak berfungsi karena software mouse

Mungkin mouse modern tidak perlu lagi menginstal drivernya terlebih dahulu seperti mouse zaman dahulu. Jadi, karena driver mouse dan touchpad sama-sama berperan untuk menggerakkan kursor bisa jadi salah satunya menjadi tidak berfungsi.

Nah, untuk itu Anda bisa menghapus software mouse yang menjadi penyebab touchpad tersebut tak berfungsi lagi.

5. Tidak berfungsi karena install ulang windows

Apabila touchpad tidak berfungsi lagi setelah Anda menginstal ulang windows bisa jadi itu penyebabnya. Letak permasalahannya sudah tidak perlu Anda ragukan lagi karena sudah jelas pada sistem yang kurang tepat saat menginstal ulang.

Itulah kenapa Anda harus perhatikan dulu dengan cermat bagaimana sistemnya, MBR, format, sistem booting, dan lainnya. Jika sistemnya tidak dapat berjalan baik jangan terlalu Anda paksakan ya.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop ASUS

Jika Anda menggunakan windows 10 ataupun windows 7, maka caranya kurang lebih sama ya. Anda bisa langsung mengatasi masalah touchpad ini dengan beberapa cara mengaktifkan touchpad laptop asus berikut ini:

Dengan Keyboard

Cukup dengan memanfaatkan shortcut keyboard saja bisa langsung memperbaiki touchpad asus Anda. Jadi biasanya tombol yang berguna untuk mengaktifkan touchpad ini letaknya ada di bagian atas serta memiliki huruf awalan F.

Untuk itu, Anda hanya perlu tekan keyboard tersebut supaya touchpadnya bisa aktif kembali. Berikut beberapa kombinasi keyboard yang bisa mengaktifkan kembali touchpad ASUS Anda: Fn dan F9, F3, Fn dan F5, Fn dan F6, dan Fn dan F7.

Dengan mengupdate Driver

Jika touchpad asus Anda masih belum berfungsi dengan cara pertama tadi, kemungkinan besar driver laptopnya tidak update lagi. Maka dari itu, terdapat cara mengaktifkan touchpad laptop tersebut melalui update driver.

  1. Adapun pertama yaitu dengan software Driverpack Solution Online yang memungkinka penggunanya untuk mengunduh semua driver terbaru dengan otomatis.
  2. Kemudian kedua, update driver dengan cara yang manual melalui device manager. Caranya seperti berikut ini antara lain:
  3. Pertama, klik dulu search pada bagian start menu dan klik device manager lalu buka.
  4. Lalu klik kanan driver touchpad dan pilih update driver software.
  5. Ketuk search automatically for drivers.
  6. Setelah itu tunggu beberapa saat sebab laptop Anda sedang mencari driver touchpad terbarunya dengan otomatis.
  7. Jika sudah diinstal, matikan dulu laptopnya.
  8. Terakhir nyalakan lagi supaya Anda bisa mengecek touchpadnya sudah berfungsi atau belum.

Menonaktifkan Tablet Input Service

Adanya fitur tablet input service yang terdapat di laptop Anda dapat mengganggu kinerja dari touchpadnya. Untuk itu, Anda harus menonaktifkannya dulu dengan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pada keyboard tekan Windows + R secara bersamaan.
  2. Klik services.msc dan klik ok.
  3. Jika melihat pengaturan tablet input service, klik kanan dan pilih disable.
  4. Muat ulang laptop dan cek jika touchpadnya sudah tidak berfungsi lagi.

Memeriksa Pengaturan Touchpad di BIOS

Nah, untuk cara lain yang bisa digunakan yaitu mengecek pengaturan BIOS nya. BIOS ini adalah pengaturan dasar berbagai hal termasuk soal pengaturan touchpadnya.

Biasanya peringatan ini pada BIOS langsung aktif begitu saja. Tapi ada kalanya non aktif tanpa Anda ketahui bisa jadi karena sedang perbaikan atau pembaruan BIOS.

Untuk mengeceknya antara lain:

  1. Matikanlah laptop Anda terlebih dahulu.
  2. Lalu nyalakan lagi laptopnya dan tekan F2 sebelum sistem operasinya mulai berjalan.
  3. Jika sudah masuk BIOS, carilah pengaturan internal pointing device.
  4. Atur kembali pengaturan tersebut jadi enable.
  5. Keluar dari BIOS dengan memilih opsi save changes lalu exit.

Menguninstall Driver

Mencoba untuk uninstall ulang driver bisa menjadi salah satu solusi touchpad menjadi berfungsi kembali. Cara ini dapat Anda lakukan melalui device manager seperti yang sebelumnya.

Tapi perlu diingat ya, sekalipun Anda menginstallnya atau menghapus drivernya touchpadnya tetap aman. Hal ini karena saat dinyalakan ulang, maka driver touchpad pun bisa terinstall kembali secara otomatis.

Cara menguninstall driver tersebut adalah:

  1. Klik device manager di kolom search start menu dan bukalah.
  2. Kemudian cari driver touchpad.
  3. Setelah itu klik kanan dan ketuk uninstall.
  4. Jika sudah selesai, muat ulang kembali laptopnya,
  5. Terakhir, ceklah apakah touchpadnya sudah berfungsi dengan baik.

Namun disamping beberapa cara diatas, ada beberapa hal tidak kalah penting. Pertama, memastikan kalau charger laptopnya bisa berfungsi dengan baik. Sebab charger laptop bisa mempengaruhi elemen laptop lain.

Untuk itu cobalah charger laptop dengan charger lain lalu cek apakah touchpad dapat digunakan atau tidak.

Kedua, cek juga kondisi baterai laptopnya apakah masih kondisi baik atau tidak. Apabila baterainya terdapat gangguan, maka touchpadnya kemungkinan besar juga ikut terpengaruh.

Jika memang komponen laptopnya masih berfungsi normal, pastinya touchpad juga bisa segera aktif kembali, tapi, jika touchpad tidak berfungsi dengan permanen, maka solusi terakhirnya yaitu membawa laptop ke service center.

Jadi itulah beberapa cara mengaktifkan touchpad laptop asus yang bisa Anda terapkan jika mengalami permasalah serupa dengan ini. Pastikan Anda mengikuti semua langkah-langkah diatas ya supaya lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.