Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah, Dijamin Mudah!

Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah
www.itl.cat

Cara mengatasi headset mati sebelah dapat Anda lakukan dengan beberapa cara yang mudah. yang artinya, Anda tidak perlu membeli baru atau bahkan sampai membuang headset yang Anda miliki. Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk keperluan penting lainnya, sehingga Anda dapat lebih berhemat. Seiring dengan populernya penggunaan handphone dan juga komputer, penggunaan benda ini sendiri sudah sangat lama digunakan dan dipakai. Headset umumnya digunakan saat sedang mendengarkan musik, menonton film, atau berbincang via telepon maupun video call.

Ketika pandemi mewabah, penggunaan dari headset yang sudah beserta dengan mic mulai banyak, sebab pada saat ini banyak bagian dari masyarakat yang melakukan berbagai macam kegiatannya secara online atau daring, baik itu bekerja, belajar, maupun aktivitas lainnya. Anda memerlukan headset untuk berkomunikasi pada saat melakukan sebuah aktivitas online, baik untuk berbicara maupun mendengar, lewat handphone, laptop, maupun komputer. Namun sayangnya terkadang saat headset yang kita miliki muncul dan terdapat beberapa gangguan, membuat fungsinya tidak berkerja dengan maksimal, yaitu salah satunya yaitu headset yang mati sebelah.

Penyebab Headset Mati Sebelah

Penyebab headset yang mati sebelah dapat terjadi karena berbagai macam hal, berikut kemungkinan penyebab yang menjadikan headset mati sebelah:

1. Tidak Menggunakan Pelindung

Yang menjadi penyebab utama headset Anda mati sebelah adalah Anda tidak menggunakan case yang dapat melindungi headset secara langsung. Biasanya Anda akan mendapatkan case pelindung pada saat membelinya secara langsung. Case pelindung ini juga dapat berupa atau berbentuk dompet kecil yang sangat berguna untuk melindungi headset ketika sudah tidak Anda gunakan. Mengabaikan penggunaan case pelindung dapat membuat headset menjadi rentan rusak dan membuatnya menjadi mati sebelah.

2. Spesifikasinya Tidak Jelas

Saat membeli headset, Anda wajib memperhatikan spesifikasi yang terdapat pada headset yang hendak Anda beli. Umumnya, headset yang bukan merupakaan baawaan dari handphone asli akan sulit untuk Anda cek spesifikasinya. Hal ini menjadikan maraknya peredaran produk palsu yang tentunya rentan untuk mengalami kerusakan.

3. Memutar Volumen Secara Penuh atau Full

Ketika mendengarkan musik ataupun menonton, tentu akan lebih asyik dan seru dengan suara yang keras. Namun sayangnya hal tersebut menjadi salah satu penyebab headset mati sebelah, baik kiri atau kanan. Jika headset sering Anda gunakan dengan volumen yang keras atau full, akan mengakibatkan sebuah kerusakan pada driver. Selain rentan mengalami kerusakan, hal tersebut juga berbahaya bagi pendengaran Anda.

4. Tidak Merapikan Kabel Saat Menyimpan Headset

Biasanya setelah menggunakan headset, sering kali kita menyimpannya dengan asal dan sembarangan sehingga tidak merapikan kabel headset dengan benar. Jika hal tersebut terus menerus Anda lakukan, tentu akan menyebabkan sebuah kerusakan pada driver yang memiliki fungsi untuk mengirimkan audio. Lalu hal tersebut mengakibatkan headset jadi mati sebelah dan tidak dapat menyalurkan audio secara menyeluruh.

5. Kerusakan Pada Kabel

Jika Anda tidak merapikan kabel headset, sangat buruk bagi ketahanan kabel itu sendiri. Hal tersebut dapat menyebabkan kabel rentan rusak. Jika kabel headset Anda rusak, akibatnya headset akan mati sebelah atau menjadikannya tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah

Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa ada dua penyebab yang menjadikan headset mati sebelah, yaitu: Kerusakan yang terjadi pada kabel dan kerusakan yang terjadi pada speaker.

1. Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah Karena Kabel

Ketika suara yang Anda dengar hanya dari satu sisi, baik itu sebelah kiri ataupun kanan, kemungkinan ada bagian kabel yang mengalami sebuah kerusakan. pertama, Anda lihat bagian permukaan pada kabel headset secara menyeluruh. Cari, adakah bagian yang mengalami kerusakan baik luar ataupun dalamnya, biasanya hal tersebut terlihat dari bagian kabel terkelupas yang terlihat dan muncul ke permukaan kabel. Peralatan yang Anda butuhkan dalam mengatasi headset mati sebelah, yaitu: Sebuah gunting dan selotip.

1. Perhatikan Posisi Kerusakannya

Salah satu cara yang mudah untuk menebak keberadaan posisi kerusakan adalah dengan cara memasukkan headset tersebut ke handphone dan lalu putar lagu atau musik. Selanjutnya Anda dapat meraba ataupun menekuk kabel dengan perlahan dari bagian ujung sampai ke ujung. Apabila saat Anda meraba dan menekuk kabel, suara dapat Anda dengar, besar kemungkinannya ada bagian dari kabel yang mengalami putus.

2. Kelupaslah Bagian dari Kabel yang Mengalami Kerusakan

Setelah Anda menemukan posisi kerusakannya, Anda dapat mengelupas pada bagian permukaan dari kabel secara memanjang sekitar 5cm mulai dari bagian yang mengalami kerusakan. Saat melalukan pemotongan, Anda harus memastikan kabel headset tidak putus. Ketika Anda mengelupas kabel, maka akan terlihat sekitar 3 sampai 4 jaringan dari kabel yang memiliki berbagai macam warna dan bentuknya lebih kecil pada bagian dalam kabel.

3. Sambungkanlah Kabel yang Terputus

Dalam proses ini, Anda cukup memerlukan selotip, baik itu selotip biasa ataupun selotip kabel, Anda dapat memilih atau cukup pakai yang sekiranya Anda miliki saja. Lalu kemudian, sambungkanlah bagian kabel yang putus tersebut sesuai warnanya dengan menggunakan sebuah selotip. Saat melalukan penyambungan, pastikan jangan sampai Anda mengenai bagian kabel lain, sebab hal tersebut akan membuat sebuah jaringan yang berada dalam headset menjadi rusak. Setelah itu, lakukan tes dengan kembali memutar musik atau lagu agar dapat menentukan kabel headset yang Anda perbaiki sudah dapat berfungsi kembali atau belum.

2. Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah Karena Speaker

Selain pada kabel headset, dapat terjadi juga karena adanya kerusakan pada speaker. Saat headset tergencet, terjatuh, ataupun tertekan, speaker headset dapat dengan mudah mengalami kerusakan. Selain hal tersebut, headset yang berharga murah memiliki kualitas yang buruk sehingga bagian speakernya dengan mudah mengalami kerusakan. Jika Anda telah mengecek kabel dan tidak ada masalah pada bagian kabel, Anda harus curiga bahwa ada kerusakan yang terjadi pada bagian speaker. Peralatan yang Anda butuhkan dalam mengatasi headset mati sebelah, yaitu: Solder dan timah, dua alat ini biasanya dapat Anda temukan dan beli pada sebuah toko elektronik.

1. Bukalah Bagian pada Speaker

Tahap utama dalam proses ini adalah dengan terlebih dahulu melepas kepala headset dengan cara membongkar plastik penutupnya. Anda harus memastikan untuk tidak merusaknya, sebab Anda perlu untuk menutupnya kembali. Kemudian cek pada bagian dari dalam speaker headset, apakah terdapat bagian dari ujung kabel yang mengalami putus dan tidak tersambung pada sebuah chip speaker headset.

2. Solder pada Bagian yang Terputus

Jika terdapat bagian yang terputus dan tidak tersambung, Anda perlu menyolder pada bagian tersebut dengan menggunakan sedikit jumlah timah supaya dapat tersambung kembali. Lakukanlah proses penyolderan dengan sangat hati-hati, agar tidak mengenai tangan Anda atau bagian lainnya yang terdapat pada headset. Lalu tunggulah sampai timah menjadi kering dan pastikanlah kabel headset telah terpasang dan terhubung dengan baik. Kemudian Anda tutuplah kembali headset tersebut dan coba untuk memutar audio musik atau lagu, apakah terdengar dengan kualitas yang baik atau tidak.

Setelan Audio yang Keliru

Selain adanya kerusakan pada kabel dan juga speaker, headset yang rusak sebelah juga dapat terjadi akibat setelan audio yang keliru. Jika Anda merupakan pengguna Windows 10, cara yang paling mudah yaitu dengan mengatur output audio Windows menjadi mono.

1. Buka Setting

Untuk para pengguna dari Windows 10, bukalah menu Settings dari bagian Start Menu, lalu pilih Ease of Access yang terdapat pada sebelah kanan.

2. Pilih Audio

Pilihlah menu Audio yang terdapat pada sebelah kiri yang menampilkan sebuah pengaturan untuk audio, yang terdapat pada laptop atau pc Anda.

3. Ubahlah Menjadi Mono

Pada bagian dari mono audio, Anda geser toggle ke arah sebelah kanan, agar dapat mengubah atau mengaktifkan suara dari stereo menjadi mono.

Dengan Anda lakukan setelan tersebut, Windows akan melakukan pengubahan output audio dari yang sebelumnya stereo menjadi mono. Lalu headset Anda yang sebelumnya hanya terdengar sebelah akan terdengar kembali normal dan berfungsi dua-duanya.

Demikianlah cara untuk mengatasi headset yang mati sebelah dan juga penyebab terjadinya kerusakan. Semoga dapat menjadi solusi ketika headset Anda mengalami kerusakan dan tentunya dapat membuat Anda menghindari hal-hal tersebut. Jangan lupa cek artikel lainnya disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.