Ketahui 7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Disini

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

Keyboard merupakan salah satu komponen yang sangat vital pada laptop. Jika keyboard bermasalah, tentu akan ada banyak sekali kegiatan yang terganggu dan mengurangi produktivitas. Untuk itu, sobat Tekno perlu memahami cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi supaya bisa menangani permasalahan tersebut dengan baik. Karena terkadang keyboard yang error pun bisa Anda perbaiki sendiri lho! Penasaran caranya? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut!

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Jika sobat Tekno mengalami keyboard laptop yang sedang error, maka jangan terburu-buru membawanya ke tukang servis. Sebab, sebelum langkah tersebut ada beberapa cara mengatasi keyboard yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah cara perbaikan tersebut:

1. Restart Laptop

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi
(sumber gambar: makeusofimages.com)

Sesaat setelah keyboard laptop menunjukkan kondisi yang tidak baik, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan restart terlebih dahulu. Opsi restart laptop memang menjadi salah satu cara terbaik untuk diambil ketika ada error terjadi. Tidak hanya pada keyboard namun permasalahan sistem lainnya.

Ketika restart, maka laptop akan memulai ulang pengaturan sistem mereka. Adanya error biasanya bisa teratasi dengan baik menggunakan cara ini. Untuk melakukan restart, Anda bisa melalui pilihan restart di Windows atau bisa juga dengan menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik sampai laptop mati dan kemudian Anda nyalakan lagi. Jika cara ini belum berhasil untuk memperbaiki keyboard, maka sobat Tekno bisa mencari alternatif lainnya.

2. Cek Fitur Num Lock

Dalam setiap laptop biasanya sudah memiliki fitur Num Lock yang membuat keyboard terkunci beberapa saat. Nah, tidak sedikit pengguna yang tidak sengaja untuk mengaktifkan opsi ini. Akibatnya, keyboard yang seharusnya bisa digunakan secara normal menjadi terkunci dan tidak bisa Anda pakai untuk mengetik.

Untuk itu, jika kebetulan keyboard tiba-tiba error, silahkan cek dulu apakah fitur Num Lock nyala atau tidak. Jika nyala, maka Anda bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara menekan tombol Fn dan tombol NumLk secara bersamaan. Biasanya setelah fitur Num Lock mati, keyboard sudah bisa Anda pakai lagi. Tapi ingat, kombinasi num lock ini bisa berbeda pada tiap tipe laptopnya. Jadi, pastikan Anda mencari tahu informasinya sesuai dengan tipe laptop yang Anda pakai ya!

3. Mengutak Atik Pengaturan Keyboard

Selain keyboard yang tidak berfungsi, kesalahan sistem pada keyboard juga bisa berupa error yang membuat keyboard mengetik atau melakukan pengetikan sendiri. Meski Anda tidak mengetik apapun, jika keyboard error maka bisa saja akan muncul tulisan tertentu karena keyboard beroperasi sendiri. Nah, jika hal ini yang terjadi sobat Tekno bisa melakukan pengecekan pada pengaturan keyboard.

Umumnya, kesalahan sistem seperti ini diakibatkan dari fitur program laptop yang tidak berjalan dengan baik. Apalagi jika sobat Tekno pernah melakukan konfigurasi khusus pada keyboard seperti “Repat Delay’ yang terlalu singkat. Ini akan membuat tombol pada keyboard seolah sudah ditekan berualang-ulang sehingga membuatnya error. Untuk mengatasi kondisi ini, berikut langka yang bisa Anda ambil:

  • Langkah pertama, silahkan pergi ke bagian Start Menu atau Windows dan cari Control Panel
  • Jika sudah pilih opsi Ease of Access dan klik Make the Keyboard Easier to Use
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih set up filter key dan pilih Uncheck All

Dengan cara ini, pengaturan keyboard bisa menjadi kembali seperti sedia kala. Hasilnya, error yang terjadi seperti proses pengetikan yang terjadi sendiri, bisa sobat Tekno perbaiki sendiri.

4. System Restore

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan cra system restore. Kondisi keyboard yang error bisa terjadi sesat setelah Anda melakukan instalasi suatu program. Karena proses instalasi yang buruk atau program yang tidak kompatibel, maka bisa saja membuat keyboard jadi tidak berfungsi. Nah, jika Anda mengalami hal ini maka opsi terbaik untuk diambil adalah dengan system restore.

Dengan menerapkan system restore, maka laptop akan kembali pada pengaturan sebelum Anda menginstall suatu program. Artinya, semua error yang terjadi akibat instalasi jadi bisa dihilangkan dan kembali normal. Untuk mengaktifkan opsi ini, caranya cukup mudah dan bisa Anda terapkan sesuai sistem operasi Windows yang Anda pakai.

a. Untuk Pengguna Windows 7 dan Windows 8

  • Langkah pertama, cukup akses Start Menu terlebih dahulu
  • Selanjutnya cari opsi Recovery dan aktifkan program tersebut supaya system restore bisa terjadi

b. Untuk Pengguna Windows XP

  • Klik opsi Start kemudian cari opsi All Programs
  • Lanjutkan dengan mencari menu Accessories dan klik opsi System Tools
  • Pada opsi System Tools, pilih System Restore agar bisa diaktifkan

5. Bersihkan Keyboard Laptop Secara Menyeluruh

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi
(sumber gambar: asurion.com)

Salah satu penyebab mengapa keyboard laptop jadi tidak berfungsi adalah karena banyaknya debu ataupun kotoran yang menumpuk. Debu tersebut seringkali akan menyelip diantara tombol keyboard sehingga membuat komponen di dalamnya menjadi tidak maksimal fungsinya. Jika kotoran ini Anda biarkan dan tidak pernah dibersihkan, maka semakin besar pula kemungkinan keyboard menjadi rusak.

Jika keyboard Anda tiba-tiba tidak berfungsi, maka lakukan pembersihan sendiri terlebih dahulu. Untuk membersihkannya, Anda bisa memiringkan tubuh laptop sampai 45 atau 75 derajat kemudian menggoyangkannya agar kotoran bisa jatuh sendiri. Selain itu, sobat Tekno juga bisa menggunakan alat vacuum kecil yang memang ditujukan untuk membersihkan komponen laptop, terutama keyboard.

Sebenarnya Anda juga bisa langsung membongkar keyboard untuk kemudian membersihkannya secara hati-hati. Akan tetapi, melepaskan dan memasangkan kembai keyboard bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Jika Anda tidak memiliki keahlian dan pengetahuan tentang komponen tersebut, maka akan sangat beresiko dan malah bisa memunculkan masalah baru. Untuk itu, bersihkan bagian luarnya saja secara rutin karena itu sudah cukup untuk membersihkan keyboard.

6. Lepaskan Baterai Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan melepaskan baterai laptop. Jika menggunakan metode ini, maka sama saja Anda sedang membuat laptop melakukan reset. Tujuannya agar segala error atau kesalahan sistem bisa diperbaiki.

Jika tiba-tiba beberapa tombol keyboard menjadi tidak berfungsi, maka gunakan cara ini untuk memperbaikinya. Caranya, cukup matikan laptop dengan baik lalu lepaskan baterai laptop dan juga adapternya. Setelah berhasil Anda lepaskan, diamkan dahulu baterai tersebut selama 1 menit. Kemudian tekan dan tahan tombol power selama 60 detik supaya proses reset terjadi.

Jika sudah, masukkan dan pasang kembali baterai laptop dengan baik. Hidupkan kembali laptop dan coba lagi keyboard yang sebelumnya error. Biasanya dengan cara ini kesalahan sistem seperti keyboard yang tidak berfungsi bisa diperbaiki. Akan tetapi, untuk cara yang satu ini bisa Anda gunakan apabila memang masih menggunakan jenis baterai yang bisa dilepas dan dipasang lagi. Namun jika sudah menggunakan baterai tanam, maka silahkan cari alternatif lainnnya.

7. Ganti Keyboard dengan Unit Baru

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang satu ini adalah pilihan terakhir jika semua cara sudah Anda lakukan namun tidak berhasil. Ini adalah cara terbaik yang bisa Anda ambil jika memang keyboard sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki sendiri. Unit keyboard baru bisa Anda beli secara terpisah di berbagai toko laptop atau secara online.

Carilah keyboard yang sesuai dengan tipe dan spesifikasi laptop agar kompatibel saat pemasangan. Kemudian Anda bisa mengganti atau memasang sendiri keyboard tersebut. Hanya saja, jika memang tidak mau repot dan tidak ingin mengambil resiko untuk memasang sendiri maka cara terbaik adalah membanya ke tukang service untuk penggantian keyboard.

Dengan membawa ke tukang service, maka unit keyboard baru akan tersedia dan mereka akan memasangkannya sekaligus. Anda hanya cukup membayar dan terima beres saja. Untuk biaya biasanya akan bervariasi tergantung laptop yang Anda miliki. Namun umumnya berkisar antara Rp. 400.000 keatas. Setelah penggantian selesai, maka keyboard sudah bisa Anda pakai dengan normal.

Nah sobat Tekno, itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Mulai dari membersihkannya, melakukan restart, system restore, hingga mengganti dengan unit baru. Pada dasarnya, tanpa kehadiran keyboard kegiatan di laptop bisa jadi sangat bermasalah dan mengurangi produktivitas. Untuk itu, usahakan selalu menjaga kebersihan dan kinerja laptop supaya keyboard tidak rusak ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.