Trik dan Cara Mengatasi Laptop Ngelag di Windows 10 Efektif dan Mudah

cara mengatasi laptop ngelag

Laptop sudah menjadi salah satu benda penting untuk kehidupan manusia masa kini. Namun, apa jadinya jika laptop yang sangat penting tersebut ngelag atau macet? Tentu hal ini sangat mengganggu produktivitas. Untuk itulah sobat Tekno harus mengetahui cara mengatasi laptop ngelag khususnya di Windows 10. Mengapa Windows 10?

Pasalnya, versi Windows ini adalah versi terbaru dan paling umum untuk spesifikasi laptop kekinian. Untuk itu jika ada masalah seperti ngelag atau error, maka dengan mengetahui cara perbaikannya Anda bisa memperbaiki sendiri permasalahan tersebut.

8 Cara Mengatasi Laptop Ngelag di Windows 10 Mudah

Untuk referensi pengguna laptop, berikut cara mengatasi kondisi laptop ngelag yang bisa diikuti:

1. Lakukan Restart Ulang

cara mengatasi laptop ngelag
(sumber gambar: zerodollartips.com)

Kegiatan restart atau memulai ulang laptop menjadi salah satu solusi pertama yang bisa sobat Tekno tempuh ketika laptop sedang ngelag atau lemot. Pasalnya, ketika Anda melakukan restart semua sistem yang berjalan di laptop akan kembali memulai ulang lagi pengaturan mereka. Apabila ada sesuatu yang salah sehingga menyebabkan lag atau lemot, maka hal ini bisa sekaligus diperbaiki oleh sistem laptop itu sendiri.

Cara yang satu ini juga terbilang efektif dan sering menjadi pilihan para pengguna laptop saat device mereka bermasalah. Untuk merestart ulang pun langkah yang harus Anda tempuh cukup mudah. Jika dalam kondisi ngelag namun Anda masih bisa mengakses menu Start dan bisa mematikan laptop lewat menu tersebut, maka pilih opsi Restart.

Akan tetapi jika laptop berada dalam keadaan lag yang parah sehingga Anda tidak bisa mengutak atik pengaturan apapun di laptop, silahkan langsung tahan saja tombol power laptop Anda sampai laptop mati. Setelah laptop mati tunggu dahulu beberapa saat kemudian baru hidupkan lagi device seperti biasa. Umumnya setelah melalui proses ini kinerja laptop akan kembali normal seperti biasa.

2. Bersihkan Bagian Desktop dan Aplikasi Startup

Tidak banyak pengguna laptop sadari, bahwa meletakkan terlalu banyak aplikasi di desktop bisa membuat laptop mudah lemot dan berujung lag. Pasalnya, jika aplikasi yang Anda taruh terlalu banyak maka beban laptop untuk bisa merespon perintah pengguna akan jadi jauh lebih besar. Memang jika spesifikasi laptop sangat tinggi dan kuat, maka hal ini bukan jadi masalah.

Akan tetapi, jika spesifikasi laptop Anda tidak terlalu tinggi namun desktop terlalu penuh maka lemot dan lag sangat mungkin untuk terjadi. Selain itu, batasi juga aplikasi yang berjalan ketika laptop dinyalakan atau proses Startup. Ketika laptop baru Anda nyalakan biasanya ada aplikasi yang langsung berjalan, seperti misalnya antivirus.

Nah, usahakan aplikasi yang berjalan ketika Startup memang aplikasi yang penting saja seperti halnya antivirus. Jangan membiarkan terlalu banyak aplikasi hidup bersamaan dengan proses Startup tersebut. Karena hal aplikasi tersbut berjalan dalam mode working in background dan akan memakan kapasitas RAM. Jika kapasitas RAM tidak memadai, maka lemot pun bisa terjadi yang akhirnya berujung pada lag.

3. Lakukan Update Windows

Cara mengatasi lapop ngelag selanjutnya adalah dengan melakukan pembaruan sistem Windows yang Anda pakai. Setiap pembaruan yang ada biasanya juga selalu diiringi dengan perbaikan pada sistem sebelumnya. Nah, perbaikan inilah yang membuat kinerja laptop akan menjadi lebih baik sehingga potensi lemot atau lag bisa lebih kecil. Untuk Windows 10, langkah untuk melakukan pembaruan sistem adalah sebagai berikut:

  • Awali langkah dengan cara klik Start (logo Windows) yang terletak pada sebelah pojok kiri bawah
  • Setelah itu, klik opsi Setting atau Pengaturan. Cari menu Update & Security pada halaman tersebut
  • Selanjutnya sobat Tekno bisa melihat deretan informasi mengenai pembaruan sistem dan klik opsi Windows Update
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih Check for Updates supaya bisa melihat versi pembaruan terbaru yang tersedia
  • Terakhir, cukup klik Install Now supaya pembaruan tersebut terpasang dan membuat kinerja laptop menjadi lebih baik dari sebelumnya

4. Membersihkan Laptop dari Virus

cara mengatasi laptop ngelag
(sumber gambar: filestore.community.support.microsoft.com)

Faktor lain yang bisa membuat laptop menjadi lemot dan lag adalah karena adanya virus. Virus memang bisa membuat kinerja laptop menjadi menurun. Nah, cara mengatasi laptop ngelag akibat virus adalah dengan membersihkannya menggunakan antivirus yang sudah banyak tersedia.

Setelah memasang antivirus, lakukan scanning secara menyeluruh terhadap semua isi laptop dari virus. Nantinya jika antivirus menemukan ada tanda bahwa laptop terinfeksi, maka antivirus tersebut akan secara otomatis membersihkannya. Namun pastikan juga bahwa sobat Tekno menggunakan antivirus yang legal dan bukan bajakan ya!

5. Menambah Kapasitas RAM

Keberadaan RAM pada sebuah laptop akan sangat berperan penting terutama untuk memastikan kinerjanya berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Jika RAM pada laptop memiliki kapasitas yang kecil, tapi aplikasi-aplikasi yang Anda pakai terbilang berat, maka hal ini bisa membuat laptop menjadi lemot hingga akhirnya lag. Untuk mengatasi hal ini solusi terbaik untuk Anda ambil adalah dengan menambah kapasitas dari RAM tersebut.

Semakin besar RAM yang Anda gunakan maka akan semakin ringan pula kinerja dari laptop tersebut. Misalkan pada awalnya RAM bawaan laptop adalah sebesar 4GB. Nah, Anda bisa meningkatkan kapasitas RAM tersebut menjadi 8GB atau bahkan 16GB. Tapi ingat, untuk menambah kapasitas harus sesuai dengan spesifikasi laptop Anda ya. Konsultasikan pada teknisi laptop yang berpengalaman supaya tidak salah langkah.

6. Buka Aplikasi yang Memang Dibutuhkan

Salah satu kebiasaan yang terlihat remeh dan sering dilakukan pada pengguna laptop, padahal memiliki dampak yang tidak baik adalah membuka terlalu banyak aplikasi. Ketika membuka suatu aplikasi, maka memori yang bekerja di laptop adalah RAM. Semakin banyak aplikasi yang Anda buka maka semakin besar juga tempat RAM yang dikonsumsi.

Apabila memang memadai dari kapasitas RAM, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun jika kapasitasnya kecil otomatis laptop akan lemot dan mengarah ke lag. Untuk itu, ketika menggunakan laptop pastikan Anda hanya membuka aplikasi yang Anda butuhkan saja. Dengan cara tersebut kinerja laptop bisa menjadi lebih ringan.

7. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Penting bagi setiap pengguna mengetahui spesifikasi dari laptop yang mereka miliki. Sebab, hal ini akan sangat berguna untuk menilai apakah suatu aplikasi cocok untuk diinstall pada laptop tersebut atau tidak. Contohnya Anda ingin memasang aplikasi Adobe Premiere Pro yang memiliki kebutuhan spesifikasi RAM minimal sebesar 8GB. Akan tetapi, laptop yang sobat Tekno miliki hanya memiliki kapasitas 4GB.

Pada awalnya mungkin memang aplikasi tersebut tetap bisa Anda pasang seperti biasa. Namun Adobe Premiere Pro yang Anda pasang tidak akan bisa berjalan lancar seperti semestinya karena spesifikasinya yang tidak cocok. Untuk itu, jangan pernah memaksakan suatu aplikasi lebih dari kemampuan laptop Anda sendiri.

Selalu cek ulang apakah memang aplikasi atau program yang ingin Anda install bisa diterima dengan baik oleh laptop yang Anda miliki. Dengan cara seperti itu, maka Anda bisa mencegah munculnya permasalahan seperti laptop yang lemot, lag, atau bahkan error.

8. Rutin Menghapus File di Folder Temp

Cara mengatasi laptop ngelag selanjutnya adalah dengan menghapus file yang ada di folder temp secara rutin. Folder temp berisi berbagai hasil ekstrak aplikasi yang bisa saja menumpuk dan membuat kinerja laptop menjadi menurun. Sebab sama saja file ini adalah sampah yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Untuk itu, Anda harus menghapusnya secara rutin supaya kinerja laptop tetap terjaga.

Berikut adalah cara untuk menghapus file temp tersebut:

  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
  • Jika sudah, masukkan keyword %temp% dalam kolom pencarian dan klik Enter atau OK
  • Kemudian Anda akan melihat banyak sekali file yang tidak terpakai dan silahkan tekan CTRL dan A bersamaan agar semua file tersebut terpilih
  • Terakhir, tekan tombol Shift dan Del secara bersamaan supaya semua file terhapus secara permanen. Selesai!

Sobat Tekno, demikianlah berbagai cara mengatasi laptop ngelag yang bisa Anda praktekkan dengan mudah. Pada dasarnya, mengatasi laptop yang lag bukanlah hal yang sulit. Selain itu, sadari juga bahwa laptop harus dijaga sebaik mungkin kinerjanya supaya kegiatan dan produktivitas Anda turut terjaga. Jangan sampai kelalaian Anda membuat laptop menjadi menurun kinerjanya sehingga merugikan diri Anda sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba berbagai cara ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.