Bagaimana Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh? Inilah Triknya!

cara mengetahui hp disadap jarak jauh

Penyadapan HP memang bukan lagi hal baru dan sudah sering Anda temui. Praktek seperti ini jelas sangat merugikan dan juga menganggu privasi. Sebenarnya, ada cara mengetahui HP disadap jarak jauh yang bisa Anda cermati. Tujuannya agar Anda bisa waspada dan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Lalu, apa saja caranya?

Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh

Sebenarnya, HP yang mengalami penyadapan akan meninggalkan tanda atau ciri tertentu. Nah, dari tanda atau ciri inilah Anda bisa memastikan apakah memang benar device Anda mengalami penyadapan. Sebagai referensi, inilah beberapa ciri yang bisa menjadi tanda kalau ponsel Anda telah mengalami penyadapan:

1. Daya Tahan Baterai yang Abnormal

cara mengetahui hp disadap jarak jauh
(sumber gambar: promediateknologi.com)

Ciri pertama yang bisa menjadi tanda kalau ponsel sedang mengalami penyadapan adalah daya tahan baterai yang abnormal atau tidak biasa. Baterai yang berjalan secara normal juga pasti akan membuat ponsel nyaman saat Anda gunakan. Pengurangan presentase baterai pun akan berjalan sebagaimana mestinya sesuai penggunaan. Akan tetapi, jika tiba-tiba kemudian baterai menunjukkan gelagat yang tidak biasa ini bisa menjadi tanda penyadapan.

Misalnya, baterai jadi cepat habis meski tidak Anda gunakan, penurunan presentase yang tidak masuk akal, atau baterai yang cepat panas. Penyebab dari baterai abnormal adalah kinerja yang tidak normal dari sebuah software di dalamnya. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya perhatikan secara berkala daftar aplikasi Anda. Cari tahu apakah ada aplikasi asing yang mengonsumsi daya baterai besar dan segera hapus aplikasi tersebut.

2. Paket Data (Kuota) yang Cepat Habis

Tanda kedua yang bisa menjadi cara mengetahui HP disadap jarak jauh berikutnya adalah paket data atau kuota yang cepat habis. Pada dasarnya, setiap aplikasi yang membutuhkan internet jelas akan mengonsumsi paket data atau kuota yang Anda miliki. Akan tetapi, kalau jumlahnya sangat tidak masuk akal sehingga membuat sangat boros inilah yang patut Anda waspadai.

Pasalnya, ini bisa menjadi indikasi kalau ada suatu software atau aplikasi berbahaya yang diam-diam menggunakan kuota tanpa sepengetahuan Anda. Karena dari internet itulah aplikasi tersebut bisa tau semua data yang ada dalam ponsel. Dengan kata lain, aplikasi tersebut melakukan penyadapan.

3. Notifikasi yang Tidak Normal

Praktek penyadapan ponsel tidak hanya berhubungan dengan pencurian data saja. Lebih dari itu, ketika ponsel Anda mengalami penyadapan maka pihak lain bisa mengontrol atau mengambil aleh ponsel Anda dari jarak jauh. Nah, salah satu ciri jika hal ini terjadi adalah notifikasi yang tidak normal atau terkesan aneh.

Misalnya, pada satu waktu Anda melihat notifikasi tentang pesan masuk Whatsapp. Setelah melihat itu, Anda mengabaikan notifikasi tersebut dan belum membukanya. Namun tiba-tiba notifikasi tersebut sudah tidak ada dan pesan masuk WA sudah ada dalam kondisi terbuka. Tentu hal ini patut Anda waspadai karena bisa menjadi indikasi kalau ada pihak lain yang mengonstrol ponsel Anda dari jarak jauh.

4. HP Menjadi Sulit untuk Mati

Kalau Anda pernah mengalami kondisi ingin restart ponsel tapi sulit, maka hal ini juga patut Anda waspadai. Pasalnya, kesulitan untuk mematikan ponsel ini merupakan akibat dari adanya aktivitas mengirimkan informasi dari ponsel Anda ke orang lain yang sedang melakukan penyadapan. Oleh karena itu, kalau hal ini terjadi Anda patut berhati-hati karena besar kemungkinan ponsel memang sedang mengalami peretasan.

5. Aplikasi Asing yang Tidak Anda Kenal

cara mengetahui hp disadap jarak jauh
(sumber gambar: phonearena.com)

Cara mengetahui HP disadap jarak jauh selanjutnya adalah dengan memeriksa daftar aplikasi. Meski terkesan remeh, tapi memeriksa daftar aplikasi apa saja yang ada di ponsel adalah hal yang sangat bermanfaat dan menjaga keamanan ponsel lho. Karena lewat kegiatan ini Anda jadi tau jika ada aplikasi asing yang terinstall pada ponsel Anda.

Seiring berjalannya waktu, para penyadap ponsel pun jadi lebih pandai dan jeli saat melakukan hal ini. Jadi alih-alih menampilkan aplikasi tersebut lewat home screen atau menu drawer, mereka memilih menyembunyikannya. Akan tetapi, Anda tetap bisa mengakalinya dengan mengecek daftar aplikasi lewat menu Settings (Pengaturan) bagian Apps atau Application Manager.

Pengaturan ponsel bagian ini tidak akan bisa hacker manipulasi dan seluruh aplikasi yang tersembunyi pun akan tampil. Dari sini, Anda bisa melakukan pemeriksaan apakah memang ada aplikasi asing yang terinstall secara misterius. Jika Anda menemukannya, maka segera hapus aplikasi tersebut.

6. Suara Panggilan Suara (Telfon) Terganggu

Ciri lain yang bisa menjadi tanda kalau ponsel Anda sedang mengalami penyadapan adalah dari panggilan suara. Jika saat Anda menelpon atau melakukan panggilan suara tetapi selalu terdengar bising atau suara “kresek-kresek”, maka patut waspada. Sebab, hal ini bisa menjadi indikasi kalau panggilan yang Anda lakukan terdapat penyusup dari pihak ketiga.

Apalagi jika suara bising tersebut hanya terdengar di Anda saja, tetapi lawan bicara normal. Maka kecurigaan ini wajib Anda tingkatkan karena besar kemungkinannya bahwa memang penyadapan sedang terjadi. Meski begitu, pertimbangkan faktor lain juga seperti kualitas sinyal atau adanya kesalahan sistem.

Untuk itu, langkah terbaik adalah cek dulu kondisi sinyal Anda dan lakukan restart. Jika tidak ada penyadapan, biasanya panggilan akan kembali normal dan suara pun akan jernih tanpa berisik. Tapi jika sebaliknya, segera bawa ke tempat servis ponsel resmi agar mendapatkan penanganan masalah teknis.

7. Muncul Nomor Tidak Anda Ketahui pada Log Panggilan

Log panggilan atau recent calls juga bisa menjadi pertanda bahwa ponsel sedang mengalami penyadapan. Hal ini terjadi saat Anda melihat ada banyak sekali nomor tidak Anda kenal yang menghubungi Anda dan Anda sama sekali belum pernah menghubungi mereka sebelumnya. Jika ini sedang Anda alami, maka patut waspada dan harus sangat berhati-hati.

Pasalnya, ini bisa saja merupakan nomor dari hacker yang berniat atau malah sedang melakukan penyadapan di ponsel Anda. Lewat panggilan tersebutlah mereka akan dengan bebas mengambil data atau bahkan menyusupkan data atau virus berbahaya yang bisa merusak ponsel Anda. Untuk itu, jika muncul banyak sekali nomor seperti ini sebaiknya Anda wajib curiga dan langsung lakukan pemblokiran nomor tidak dikenal.

8. Kinerja Ponsel Jadi Menurun

Kinerja ponsel yang lemot pun bisa menjadi tanda bahwa sedang ada yang tidak beres pada ponsel Anda. Memang penurunan kinerja pada ponsel adalah hal yang wajar, terutama jika Anda menyimpan semakin banyak data dan penggunaan semakin intens. Akan tetapi, jika sebelumnya ponsel Anda baik-baik saja dan masih responsif, tapi kemudian langsung sangat lemot hal inilah yang patut Anda waspadai.

Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi tanda atau sinyal kalau ada kegiatan mencurigakan yang berjalan pada background ponsel sehingga membuat kinerjanya memburuk. Untuk itu, ketika hal ini terjadi mulailah cari tau apa yang menyebabkan ponsel melambat dengan memeriksa seluruh aplikasi dan cek penggunaan harian Anda. Jika ada penggunaan yang tidak wajar pada suatu apliksi tertentu, segera hapus aplikasi tersebut agar penyadapan gagal.

9. Iklan dan Pop Up Mengganggu

Ciri terakhir yang bisa menjadi tanda kalau ponsel Anda sedang mengalami penyadapan adalah adanya iklan atau pop up yang mengganggu. Apalagi jika iklan tersebut muncul secara tiba-tiba padahal Anda tidak pernah mengunuh aplikasi atau memencet link apapun. Iklan ini bisa berasal dari hacker yang menyusupkan software tertentu di ponsel Anda untuk melancarkan aksi sadap mereka.

Setelah mengetahui ciri-ciri ponsel yang mengalami penyadapan Anda tidak perlu langsung panik dan khawatir. Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyadapan jarak jauh tersebut. Semuanya sudah kami bahas pada artikel berikut ini Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi HP Disadap yang Mudah dan Efektif.

Itulah informasi cara mengetahui HP disadap jarak jauh selengkapnya. Dengan pengetahuan yang tepat dan solusi yang akurat, Anda tidak perlu takut dengan tindak penyadapan. Karena pada dasarnya, kegiatan ini pun bisa Anda cegah dengan cara tidak membagikan nomor ponsel sembarangan, secara berkala mengecek aplikasi ponsel, memperbarui sistem, dan lain sebagainya. Dengan begitu, ponsel pun akan senantiasa aman dan data Anda terjamin privasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.