Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Meet di Laptop dan HP

cara menggunakan google meet di laptop

Akibat adanya pandemi virus Corona, kegiatan pembelajaran dan bekerja menjadi beralih pada sistem daring atau dalam jaringan. Tentu keberadaan aplikasi yang bisa mendukung kegiatan tatap muka secara daring jelas menjadi sangat penting. Salah satunya adalah Google Meet yang sangat populer. Cara menggunakan Google Meet di laptop dan HP juga terbilang mudah, bahkan para pemula bisa memakainya tanpa kesulitan.

Google Meet sendiri merupakan sebuah aplikasi video conference yang bisa Anda gunakan secara gratis. Sobat Tekno bisa memakainya melalui laptop maupun perangkat HP. Dulunya aplikasi ini memiliki nama Google Hangouts, kemudian berubah menjadi Google Meet. Berbagai fitur yang ada di aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan pembelajaran maupun pekerjaan agar menjadi lebih mudah. Lalu, seperti apa caranya? Yuk, simak panduan lengkapnya berikut ini!

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

cara-menggunakan-google-meet-di-laptop-dan-hp 1
(sumber gambar: meet.google.com)

Pada dasarnya, cara menggunakan Google Meet di laptop atau komputer (PC) sangatlah mudah. Sebab, Anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan berbagai browser yang sudah ada di laptop tanpa terkecuali. Mulai dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Safari, Opera, dan lain sebagainya.

Selain itu, perlu sobat Tekno pahami juga bahwa ada 2 (dua) cara untuk bisa menggunakan Google Meet di laptop. Pertama adalah dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, kedua adalah dengan mengaksesnya melalui browser. Berikut adalah cara tersebut:

1. Cara Menggunakan Google Meet di Laptop (Dengan Aplikasi)

Untuk bisa menggunakan Google Meet di laptop dengan aplikasi, maka terlebih dahulu sobat Tekno harus mengunduh aplikasinya. Anda bisa mengunduhnya melalui emulator yang berbama MEmu. Berikut adalah cara lengkapnya:

  1. Silahkan unduh dan install emulator MEmu terlebih dahulu. Masuk ke situs resminya, yaitu https://www.memuplay.com/
  2. Kemudian unduh dan install emulator tersebut sesuai panduan yang ada
  3. Jika emulator sudah terpasang, silahkan buka aplikasi MEmu dan cari menu Google Play Store
  4. Pada kolom pencarian Play Store, masukkan akta kunci Google Meet. Jika sudah, silahkan klik opsi Install dan tunggu supaya proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi berhasil
  5. Setelah terpasang, Anda bisa mengklik opsi open pada Google Meet
  6. Apabila Google Meet sudah terpasang, maka klik opsi Rapat Baru dan lanjutkan dengan memulai rapat supaya Anda bisa masuk ke suatu meeting secara online
  7. Kemudian akan muncul permintaan izin penggunaan mikrofon dan juga kamera pada laptop. Izinkan permintaan tersebut supaya Anda bisa melakukan video conference dengan lancar
  8. Jika sudah, klik opsi Gabung Sekarang
  9. Nantinya sobat Tekno juga bisa mengundang peserta lain dengan cara membagi link atau share link. Kemudian tambahkan peserta tersebut dengan klik opsi Tambahkan Orang
  10. Selesai! Anda sudah bisa menggunakan Google Meet melalui aplikasinya

2. Cara Menggunakan Google Meet di Laptop (Tanpa Aplikasi)

Berbeda dengan cara sebelumnya, ketika menggunakan cara ini sobat Tekno tidak perlu mengunduh aplikasi Google Meet terlebih dahulu. Ada banyak orang yang cenderung memilih cara ini karena lebih hemat waktu karena tidak perlu menginstall aplikasi Google Meet dahulu. Bagi sebagian orang lainnya, cara ini juga dirasa lebih hemat ruang penyimpanan di laptop. Inilah cara menggunakan Google Meet di laptop tanpa aplikasi yang bisa Anda coba:

  1. Langkah pertama, silahkan buka browser yang ada di laptop Anda. Untuk jenis browser sebenarnya bebas dan bisa Anda sesuaikan dengan yang ada di laptop. Akan tetapi memang kebanyakan orang memilih untuk menggunakan Google Chrome karena dirasa kinerjanya lebih maksimal
  2. Setelah browser terbuka, silahkan menuju situs resmi dari Google Meet yang bisa Anda akses melalui link berikut https://meet.google.com/.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke website resmi tersebut, maka lanjutkan dengan login ke akun Google yang Anda miliki
  4. Setelah berhasil masuk, maka Anda sudah bisa mulai melakukan video conference. Apabila ingin memulai video conference baru, maka pilihlah opsi New Meeting
  5. Akan tetapi jika ingin bergabung ke video conference yang sudah ada atau sedang berlangsung, maka Anda bisa memasukkan kode rapat atau tautan (link) rapat ke kolom kode meeting yang tersedia
  6. Setelah itu sobat Tekno bisa memilih opsi Join atau Gabung
  7. Tunggu beberapa saat sampai Anda berhasil masuk ke ruang meeting yang ada. Apabila ingin melakukan pengaturan video, maka silahkan klik ikon Setting agar Anda bisa mengatur kamera serta mikrofon yang Anda pakai
  8. Jika ingin menambahkan peserta lain atau partisipan lain, silahkan lakukan share link. Kemudian tambahkan peserta tersebut dengan klik opsi Tambahkan Orang
  9. Selesai! Kini Anda sudah bisa menggunakan Google Meet tanpa harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Mudah bukan?

Cara Menggunakan Google Meet di HP

cara menggunakan google meet di laptop
(sumber gambar: play.google.com)

Setelah mengetahui cara menggunakan Google Meet di laptop, maka harus Anda pahami juga cara menggunakannya di HP. Pasalnya, Gmeet bisa juga Anda gunakan di ponsel dengan mudah dan cepat. Kebanyakan orang juga lebih menyukai menggunakan Google Meet di hp karena lebih ringkas dan bisa Anda gunakan dimana saja dan kapan saja tanpa harus membuka laptop terlebih dahulu.

Berikut adalah cara untuk menggunakan GMeet di HP selengkapnya:

1. Unduh Aplikasi Google Meet

Langkah pertama, silahkan Anda unduh terlebih dahulu aplikasi Google Meet di ponsel Anda. Baik bagi perangkat dengan sistem operasi android maupun iOS, semuanya bisa mendownload aplikasi ini dengan mudah. Bagi pengguna Android, silahkan unduh aplikasinya di Google Play Store, sementara bagi pengguna iOS, silahkan unduh di App Store. Setelah itu lakukan instalasi atau pemasangan seperti panduan.

2. Masuk Pada Akun Gmail

Setelah aplikasi terpasang, maka silahkan buka dan lakukan login menggunakan akun gmail yang Anda miliki. Jika belum memiliki email, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Sementara jika Anda sudah memiliki gmail, maka silahkan langsung lakukan login. Biasanya Google Meet juga akan menyediakan fitur sinkronisasi Google secara langsung, yang membuat Anda bisa masuk ke akun Anda dengan mudah.

3. Mulai Meeting

Apabila berhasil masuk ke akun gmail, maka silahkan lanjutkan dengan memulai video conference. Jika ingin memulai sebuah rapat baru, silahkan klik ikon bertanda plus (+) yang umumnya berada di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu pilih opsi New Video Call, dan selanjutnya Anda bisa langsung berperan menjadi host untuk sebuah meeting.

Supaya lebih jelas, silahkan berikan judul pada rapat yang Anda gunakan. Tujuannya agar para partisipan nantinya bisa tau acara apa yang sedang Anda lakukan. Jangan lupa juga berikan izin pakai mikrofon serta kamera pada HP. Izin ini sangatlah penting supaya Anda bisa menggunakan kamera dan mikrofon selama rapat berjalan.

Apabila ingin menambahkan peserta atau partisipan lainnya, sobat Tekno bisa menghubungkan langsung ke nomor HP peserta maupun email peserta. Nantinya partispan lain akan mendapatkan link dan bisa bergabung ke rapat yang sudah Anda bentuk sebelumnya. Barulah proses rapat bisa Anda mulai.

4. Join Meeting

Selain menjadi host pada rapat baru, Anda juga bisa bergabung pada rapat yang sudah ada sebelumnya. Untuk bergabung pada rapat yang sudah ada, caranya lebih sederhana lagi. Anda akan mendapatkan meeting ID yang diperoleh dari penyelenggara rapat tersebut. Nah, meeting ID inilah yang bisa Anda masukkan ke kolom yang ada.

Masukkan password dan link yang tersedia setelah itu klik Join atau Gabung. Biasanya ini akan memakan waktu beberapa saat, karena harus menunggu pemilik rapat memberikan izin masuk pada partisipan baru. Tidak perlu khawatir karena meskipun ramai yang ikut rapat, namun umumnya proses untuk bisa masuk ke ruang rapat tidak akan terlalu lama.

Jika sudah berhasil masuk, maka Anda bisa tergabung pada rapat yang sudah ada atau sedang berjalan. Jangan lupa atur juga izin mikrofon serta kamera pada HP. Keberadaan izin ini sangatlah penting supaya Anda bisa menggunakan kamera dan mikrofon selama rapat berjalan. Selesai!

Nah sobat Tekno, itulah cara menggunakan Google Meet di laptop dan juga HP yang bisa Anda jadikan referensi. Pada dasarnya, Google Meet bukanlah aplikasi video conference yang sulit untuk Anda gunakan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa Anda pakai dengan mudah pada laptop maupun HP dan ramah bagi pemula sekalipun. Semoga bermanfaat dan selamat menggunakan Google Meet ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.