9 Cara Menghemat Baterai HP Agar Hemat dan Tahan Lama!

cara menghemat baterai HP

Daya baterai akan memegang peranan yang sangat vital bagi sebuah HP. Jika baterai habis, tentu kegiatan menggunakan ponsel bisa terhenti. Padahal HP sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, apalagi jika sobat Tekno adalah orang yang sibuk. Untuk itulah, Anda harus tahu bagaimana cara menghemat baterai HP yang baik dan benar agar tidak perlu charge ulang terus. 

Penyebab Baterai HP Boros 

cara menghemat baterai HP
(sumber gambar: ussfeed.com)

Sebelumnya perlu sobat Tekno ketahui bahwa ada beberapa faktor yang bisa membuat baterai HP cepat habis. Berikut adalah beberapa faktor tersebut: 

1. Aplikasi yang Berjalan di Background

Penyebab yang pertama adalah ada aplikasi yang terus berjalan di background. Ada beberapa aplikasi yang memang menghabiskan daya cukup besar meskipun Anda sedang tidak menggunakannya. Ini diakibatkan aplikasi ini akan terus berjalan di latar belakang. Faktor inilah yang pada akhirnya membuat baterai jadi boros. 

2. Lokasi yang Penerimaan Sinyalnya Buruk 

Faktor kedua yang bisa membuat baterai HP boros adalah lokasi Anda yang sulit mendapatkan sinyal. Jika sinyal sulit untuk HP tangkap, maka HP akan bekerja dua kali lipat supaya jaringan komunikasi bisa tetap berjalan. Akibatnya, konsumsi daya baterai juga jadi semakin besar karena beban yang lebih besar itu. 

3. Software yang Tidak Update 

Software yang ada di HP harus senantiasa Anda perbarui secara rutin agar berdampak pada hematnya baterai. Hal ini dikarenakan software lama cenderung belum bisa mengenali bugs aplikasi terbaru sehingga memakan daya baterai yang lebih besar. 

4. Charger HP Rusak 

Penyebab lain yang juga bisa membuat baterai HP jadi boros adalah charger yang rusak. Jika sobat Tekno pernah mengalami kejadian dimana saat mengisi baterai namun persentasenya justru berkurang, maka hal tersebut bisa jadi salah satu tanda bahwa ada yang tidak beres dengan charger yang Anda pakai. Mungkin terdengar sepele, namun jika charger yang rusak tidak segera Anda ganti hal ini bisa berdampak ke umur baterai lho! 

Baterai yang awalnya sehat dan memiliki kinerja yang baik, kualitasnya bisa menurun karena charger yang rusak. Awalnya hanya berdampak pada proses pengisian baterai yang lebih lama, namun akhirnya baterai bisa tidak terisi sama sekali. Jadi usahakan menggunakan charger yang original dan memiliki kondisi yang baik. 

Selain ketiga penyebab tersebut, penggunaan GPS, bluetooth, dan WiFi yang berlebihan juga turut menghabiskan daya baterai. Tidak hanya itu, faktor sepele seperti kecerahan HP yang terlalu tinggi hingga terlalu banyak memakai widget juga turut menyebabkan baterai ponsel boros. 

9 Cara Menghemat Baterai HP  

cara menghemat baterai HP
(sumber gambar: pinterest.com)

Agar bisa menggunakan HP lebih lama dan tidak selalu isi ulang terus menerus, ada beberapa cara yang bisa sobat Tekno lakukan, seperti berikut: 

1. Kurangi Kecerahan Layar Ponsel 

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, layar HP yang terlalu cerah nyatanya juga turut membuat baterai HP cepat boros. Untuk itulah agar lebih hemat Anda bisa mengurangi kecerahan. Persentase kecerahan 50% saja sepertinya sudah lebih dari cukup untuk mata, selain itu sobat Tekno juga bisa menunjangnya dengan menggunakan wallpaper dengan warna yang gelap. 

2. Bersihkan Cache Berkala 

Cara menghemat baterai HP selanjutnya adalah dengan membersihkan cache HP secara berkala. Adanya file cache atau sampah yang dibiarkan menumpuk di HP ternyata tanpa Anda sadari juga bisa membuat baterai jadi lebih boros karena membuat HP harus bekerja keras. Apalagi saat ini setiap HP saat ini juga sudah memiliki fitur tersendiri untuk membersihkan cache. Nah, sobat Tekno bisa memanfaatkan fitur ini supaya baterai jadi lebih irit. 

3. Batasi Penggunaan Fitur Location Services 

Adanya fitur seperti GPS, WiFi, dan juga bluetooth memang sangat vital untuk penggunaan kegiatan harian. Akan tetapi, hal ini juga turut membuat baterai jadi lebih cepat habis. Terutama jika sobat Tekno menggunakannya dengan berlebihan dan secara intens. 

Solusinya, batasi penggunaan berbagai fitur tersebut hanya sesuai kebutuhan saja. Apabila memang sedang tidak memakainya, sebaiknya matikan fitur tersebut agar tidak tetap berjalan di latar belakang. Baru nanti jika membutuhkannya, nyalakan lagi fiturnya. Dengan cara ini baterai bisa jadi lebih hemat. 

4. Jaga Suhu HP Tetap Normal 

Cara menghemat baterai HP selanjutnya adalah dengan menjaga suhu baterai agar tetap berada pada batas normal. HP yang terlalu panas atau overheat bisa membuat penggunaan baterai jadi lebih boros karena baterai cepat berkurang. Suhu ideal baterai sebuah smartphone adalah sekitar 45 derajat celcius. Jika lebih dari suhu tersebut, baterai otomatis cepat berkurang dan menjadi boros. 

Selain itu, jika Anda biarkan terus menerus dalam keadaan yang terlalu panas baterai akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan daya. Bukan tidak mungkin akan berujung pada baterai ponsel yang error. 

Kegiatan yang seringkali membuat suhu HP terlampau panas adalah bermain game berat dalam jangka waktu yang lama atau menonton video dengan durasi yang panjang. Jadi, jika memang sedang melakukan kedua aktivitas tersebut, usahakan tidak dalam jangka waktu yang lama ya! 

5. Non-aktifkan Push Notification 

Keberadaan push notification memang sangat memudahkan para pemilik HP untuk mengetahui notifikasi dari berbagai aplikasi tertentu. Seperti misalnya ada pesan masuk dari WhatsApp atau lainnya. Akan tetapi, penggunaan notifikasi semacam ini justru akan membuat baterai cenderung cepat habis lho sobat Tekno! Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sebab untuk bisa mengeluarkan sebuah notifikasi maka sistem harus mengambil pesan dari server secara langsung dan kegiatan ini membutuhkan koneksi internet. Baru setelah itu Anda sebagai pengguna bisa tahu bahwa sudah ada notifikasi masuk. Kegiatan inilah yang akhirnya membuat baterai cepat habis. Sebagai solusi, non aktifkan fitur ini agar baterai lebih tahan lama.

6. Aktifkan Mode Pesawat 

Cara menghemat baterai HP yang terbilang cukup populer adalah dengan cara mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode. Saat mode ini aktif, maka seluruh konektivitas atau sambungan jaringan yang ada di ponsel akan mati. Termasuk data kuota, WiFi, GPS, dan juga bluetooth. 

Jika tidak ada kegiatan dan HP sedang tidak Anda pakai maka aktifkan saja mode ini agar baterai lebih hemat. Andaikata pun Anda harus menggunakan jaringan internet, maka fitur WiFi tetap bisa Anda aktifkan. Jadi sembari airplane mode masih menyala, sobat Tekno tetap bisa menggunakan jaringan internet, namun terbatas dengan sambungan WiFi saja. 

7. Kurangi Penggunaan Kamera 

Cara yang satu ini bisa Anda terapkan ketika persentase baterai sudah menipis. Kamera adalah salah satu aplikasi yang membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Apabila baterai menipis, namun Anda tetap menggunakan kamera dalam waktu yang lama tentu daya baterai akan semakin cepat habisnya. Untuk itulah, jika memang baterai sudah tinggal sedikit usahakan sebisa mungkin tidak menggunakan kamera dulu ya! 

8. Optimalkan Tampilan HP 

Selanjutnya, sobat Tekno juga bisa membuat tampilan HP yang ringan dan optimal supaya daya baterai lebih hemat dan awet. Pasalnya, animasi yang Anda gunakan di layar adalah salah satu pemicu mengapa baterai cepat habis. Karena untuk bisa memuat animasi tersebut HP harus bekerja dua kali lebih keras daripada biasanya. 

Untuk itu, sebaiknya gunakan tampilan HP yang sederhana saja dengan widget yang tidak terlalu banyak dan berat. Anda juga bisa menggunakan wallpaper HP dengan warna yang gelap agar tampilan lebih ringan. Dengan kombinasi inilah baterai ponsel bisa jadi lebih hemat dan tidak boros. 

9. Manfaatkan Fitur Saving Mode atau Power Saving 

Cara menghemat baterai HP yang terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur hemat daya atau saving mode atau power saving. Setiap smartphone sudah memiliki fitur tersendiri yang bisa pengguna manfaatkan jika persentase baterai sudah menipis. Ketika mode hemat daya ini aktif, maka CPU yang ada di ponsel akan mengaktifkan sistem dimana penggunaan baterai jadi lebih hemat. 

Fitur yang satu ini akan sangat berperan besar terutama jika daya baterai tinggal sedikit. Untuk itulah, jika memang daya baterai sobat Tekno sudah sedikit silahkan aktifkan fitur ini agar bisa menggunakan ponsel lebih lama lagi. 

Demikianlah 9 cara menghemat baterai HP yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Berbagai tips ini diharapkan bisa membantu sobat Tekno agar bisa memiliki baterai ponsel yang lebih tahan lama ya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.