Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop

Bluetooth memungkinkan Anda menyambungkan komputer atau ponsel secara nirkabel ke perangkat lain seperti earbud, keyboard, speaker dan lainnya. Misalnya, Anda mungkin ingin menggunakan Bluetooth di Windows 10 untuk mendengarkan musik melalui headphone, menyambungkan keyboard dan mouse atau mengirim file antar komputer. Inilah cara menghidupkan bluetooth di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10, memecahkan masalah koneksi Anda dan memasangkan perangkat Anda.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

  1. Klik tombol Start Windows di kiri bawah layar Anda.
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Klik Perangkat.
  4. Klik Bluetooth & perangkat lain. Nyalakan sakelar Bluetooth.

Atau, Bluetooth dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan sangat cepat di Windows 10 Action Center.

  1. Buka Pusat Aksi. Ikon Pusat Tindakan adalah gelembung ucapan yang terletak di kanan bawah layar Anda, di sebelah jam.
  2. Jika Anda tidak melihat larik ubin tindakan, klik Perluas.
  3. Klik ubin Bluetooth untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Ketika memiliki latar belakang biru, itu aktif.

Memecahkan masalah koneksi Bluetooth Anda

Ini bisa membuat frustrasi jika Bluetooth tidak berfungsi di komputer Anda. Namun, ada beberapa cara umum untuk memperbaiki masalah ini:

  1. Pastikan perangkat Anda kompatibel. Anda dapat memeriksa apakah komputer Anda kompatibel dengan Bluetooth dengan melihat di Pusat Tindakan atau di Pengaturan. Jika opsi Bluetooth tidak terdaftar, kemungkinan besar tidak kompatibel atau driver tidak di instal.
  2. Pastikan Bluetooth di aktifkan. Ini dapat dilakukan dengan memeriksa Pengaturan atau di Pusat Tindakan untuk memastikan Bluetooth diaktifkan.
  3. Aktifkan dan nonaktifkan Bluetooth lagi di Pengaturan atau Pusat Tindakan. Terkadang reset cepat adalah semua yang di butuhkan.
  4. Setel ulang perangkat Bluetooth yang Anda coba pasangkan. Matikan perangkat Bluetooth yang Anda coba sambungkan, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali.
  5. Pastikan perangkat Bluetooth Anda dalam jangkauan. Meskipun Bluetooth biasanya dapat terhubung dengan jarak hingga 30 kaki, rintangan dan cuaca dapat mengurangi jarak efektif.
  6. Hati-hati dengan perangkat USB. Jika perangkat berkemampuan Bluetooth Anda tidak responsif atau lamban, pastikan perangkat tidak dekat dengan perangkat USB lain yang terhubung. Ini dapat menyebabkan masalah karena perangkat USB yang tidak di lindungi dapat mengganggu sinyal dan koneksi Bluetooth.
  7. Hapus dan tambahkan kembali perangkat Bluetooth. Terkadang perangkat Bluetooth dapat kehilangan koneksi karena gangguan sinyal. Ini karena frekuensi radio yang di operasikan sebagian besar perangkat Bluetooth biasanya di gunakan oleh perangkat dan peralatan lain, termasuk microwave dan pembuka pintu garasi.

Cara memasangkan perangkat Bluetooth di Windows 10

  1. Nyalakan perangkat Bluetooth Anda dan pastikan perangkat itu dapat di temukan. Cara Anda membuat perangkat dapat di temukan bervariasi antar perangkat. Karena itu, silakan periksa instruksi perangkat untuk mempelajari caranya.
  2. Di komputer Anda, klik tombol Mulai.
  3. Klik Pengaturan.
  4. Pilih Perangkat.
  5. Klik Bluetooth & perangkat lain.
  6. Pilih Tambah Bluetooth atau perangkat lain.
  7. Klik Bluetooth di jendela popup yang muncul.
  8. Pilih perangkat dan ikuti petunjuk tambahan jika muncul.
  9. Klik Selesai.

Dimulai dengan Windows 10 versi 1803 dan yang lebih baru, Swift Pair juga merupakan opsi untuk menghubungkan perangkat Bluetooth ke komputer Windows 10 Anda. Swift Pair membuatnya sehingga Anda tidak lagi harus menavigasi melalui Aplikasi Pengaturan untuk menghubungkan perangkat.

Ketika perangkat Bluetooth dalam jangkauan, Windows akan secara otomatis meminta Anda di kanan bawah layar Anda menanyakan apakah Anda ingin menghubungkan perangkat. Yang harus Anda lakukan adalah menekan connect dan perangkat Anda akan berpasangan.

Sekian bahasan lengkap mengenai cara menghidupkan bluetooth di laptop dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.