Wajib Catat! Ini Penyebab dan Cara Menghidupkan HP yang Mati Total

cara menghidupkan hp yang mati total

Salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada suatu ponsel adalah mati total. Ketika kondisi ini terjadi, tentu para pemilik HP harus sesegera mungkin memperbaikinya. Cara menghidupkan HP yang mati total sebenarnya bisa sobat Tekno praktekkan sendiri di rumah, sebelum membawanya ke service center. Lalu, seperti apa caranya? Dan sebenarnya apa hal yang menyebabkan HP bisa mati total? Yuk, kita bahas pada ulasan berikut ini!

Penyebab HP yang Mati Total

cara menghidupkan hp yang mati total
(sumber gambar: howtogeek.com)

Ponsel yang mati total tentunya bukan tanpa penyebab. Tentu ada suatu hal yang akhirnya memicu hal tersebut terjadi. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan ponsel mati total atau bricked:

1. Adanya Bug Pada Sistem HP

Kesalahan sistem atau bug yang terjadi di HP juga bisa menyebabkan HP jadi mati total. Resiko seperti ini juga akan jadi lebih besar apabila Anda tidak secara rutin memperbarui sistem atau update. Padahal dari update itulah akan ada perbaikan dan penambahan fitur pada HP. Pada akhirnya jika tetap kuno, maka bug tersebut akan membuat HP jadi mati total pada akhirnya.

2. Baterai HP Rusak atau Bocor

Penyebab HP mati toal selanjutnya adalah baterai yang rusak atau bocor. Penyebab baterai rusak adalah kebiasaan untuk mengisinya yang tidak baik. Misalnya saat sobat Tekno terbiasa memakainya padahal sedang di charge atau mengisi baterai sampai semalaman. Tanda jika baterai bocor dan rusak adalah daya pakainya yang sangat sebentar dalam artian cepat sekali habis dan fisik baterai yang menggelembung.

3. Jatuh atau Kena Air

HP yang jatuh atau terkena air juga bisa membuatnya jadi mati total, apalagi jika ada komponen dalam HP yang akhirnya konslet karena air tersebut. Biasanya penyebab inilah yang paling umum menyebabkan HP bricked.

Selain ketiga penyebab tersebut, masih ada lagi faktor lain yang membuat HP jadi mati total. Mulai dari menggunakan charger yang tidak tepat, IC power pada HP yang rusak, konektor baterai rusak, HP yang overheat, hingga umur HP yang memang sudah tua.

5 Cara Menghidupkan HP yang Mati Total

cara menghidupkan hp yang mati total
(sumber gambar: unsplash.com)

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan HP mati total, kini Anda saatnya menghidupkannya lagi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Coba Isi Baterai Terlebih Dahulu

Langkah paling awal yang bisa Anda coba jika HP mati total padahal sebelumnya baik-baik saja adalah dengan mengisi baterainya dahulu. Cara ini bisa menjadi opsi untuk memastikan bahwa siapa tau memang baterai HP Anda sedang dalam keadaan habis total. Itu artinya, memang Anda hanya butuh mengisi ulang baterainya tanpa ada kerusakan apapun dalam sistem.

Coba lakukan pengisian terlebih dahulu dengan baik dan benar menggunakan charger asli bawaan dari HP. Tunggu beberapa saat sampai baterai HP terisi penuh. Kemudian coba nyalakan HP kembali. Jika memang tidak ada masalah lanjutan, maka seharusnya HP sudah berhasil nyala lagi. Tapi jika masih belum menyala, maka coba cara lainnya.

2. Flashing Ulang HP Lewat Laptop

Solusi kedua dan yang paling populer untuk menghidupkan HP yang mati total adalah dengan melakukan flashing ulang. Kegiatan flashing ini seringkali menjadi opsi di setiap tukang service jika ada permasalahan pada HP. Tujuannya adalah untuk mengganti sistem HP yang memang bermasalah dengan sistem yang masih normal atau sehat. Umumnya kegiatan ini bisa Anda lakukaan melalui komputer maupun laptop.

Untuk cara flashing sendiri setiap merk dan tipe HP umumnya akan memiliki pengaturan dan cara flashing yang berbeda. Nah, untuk itu jika ingin melakukan flash, Anda harus mencari cara yang sesuai dengan HP Anda sendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Google dan cari kata kunci “Cara Flash HP (tuliskan tipe dan merk HP Anda). Setelah itu klik enter atau cari
  • Kemudian akan muncul hasil pencarian yang sesuai dengan tipe dan merk HP yang Anda miliki. Baik itu informasi yang tertulis di artikel, forum, maupun video Youtube. Tinggal ikuti saja tutorial yang sudah Anda temukan.

Saat masuk ke mode flashing, perlu Anda ketahui bahwa setiap HP yang mati total memiliki peluang untuk bisa kembali normal. Syaratnya, saat masuk proses flashing HP tersebut harus bisa terdeteksi oleh komputer atau laptop. Akan tetapi jika HP tidak terdeteksi maka sangat kecil kemungkinannya bahwa HP bisa kembali menyala seperti biasa.

3. Coba Ganti Charger atau Coba dengan Charger Desktop

Cara menghidupkan HP yang mati total selanjutnya adalah dengan mengganti charger HP maupun mencoba dengan menggunakan charger desktop. Untuk cara pertama bisa sobat Tekno lakukan untuk mengecek apakah kabel charger yang Anda gunakan bermasalah atau tidak. Karena bisa saja penyebab HP mati total adalah tidak adanya baterai di dalamnya dan ketika mengisinya kembali kabel yang Anda gunakan tidak berfungsi.

Tentu ini membuat proses pengisian daya yang seharusnya lancar menjadi tidak masuk. Akibatnya, HP tetap berada dalam kondisi kosong dan akhirnya mati total. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan charger lain jika kemudian HP Anda bisa dinyalakan kembali, maka artinya kabel data Anda lah yang rusak.

Sementara itu untuk pengisian baterai lewat charger desktop baru bisa Anda gunakan apabila jenis HP yang Anda punya memiliki baterai yang bisa dilepas. Saat ini kebanyakan jenis ponsel memiliki jenis baterai yang tidak bisa dilepaskan atau baterai tanam.Tentu jika menggunakan baterai tanam, proses ini tidak bisa dilakukan. Tapi apabila memang masih menggunakan baterai lepas pasang, silahkan siapkan sebuah charger desktop.

Setelah itu, coba lepaskan baterai HP dan mulai lakukan pengisian daya baterai melalui charger tersebut. Tunggu beberapa waktu sampai indikator yang ada di charger desktop tersebut menunjukkan indikasi penuh. Apabila sudah penuh, maka pasang kembali baterai tersebut ke dalam HP. Jika bisa, maka memang ada yang bermasalah dengan kabel charge yang sobat Tekno miliki. Solusinya, tentu dengan menggantinya dengan unit yang baru dan pastinya original.

4. Tes Gunakan Baterai Lain

Cara menghidupakan HP yang mati total satu ini lagi-lagi hanya bisa Anda gunakan untuk jenis HP yang memiliki baterai lepas pasang. Karena jika baterainya tanam, maka baterai tersebut tidak akan bisa Anda lepaskan. Cobalah mengganti baterai HP menggunkan baterai lain.

Cara ini bertujuan untuk melihat apakah memang kerusakan terjadi pada baterai. Apabila memang rusak, maka saat Anda menggantinya dengan baterai lain, HP sudah bisa Anda nyalakan. Akan tetapi jika tetap tidak bisa menyala maka permasalahan bukan terletak pada baterai HP nya.

5. Bawa ke Service Center atau Tukang Service

Cara terakhir yang bisa Anda tempuh apabila semua cara lainnya tetap tidak bisa menyalakan kembali ponsel yang mati adalah membawanya ke tukang service atau service center. Sebab, jika cara lain tidak bisa menyalakan kembali HP maka kerusakan yang terjadi dalah pada komponen yang ada di dalamnya. Biasanya permasalahan paling sering adalah pada bagian IC Power.

IC Power merupakan bagian yang bisa menyalurkan daya dari baterai menuju komponen lain. Apabila bagian ini rusak, maka HP tidak akan bisa menyala. Nah, untuk penggantian IC Power sayangnya Anda tidak bisa melakukannya sendiri karena bukan perkara yang mudah untuk mengganti bagian IC Power. Untuk itu yang bisa menggantinya adalah pihak service center atau tukan service.

Biasanya untuk lama pengerjaannya akan memakan waktu yang berbeda-beda. Ada yang 1 sampai 2 hari selesai, namun bisa juga lebih dari itu. Dari segi biaya juga akan bervariasi tergantung dari tempat servis yang Anda datangi. Namun umumnya untuk mengganti IC Power biayanya sekitar 200 ribuan. Jika sobat Tekno masih memiliki garansi HP maka bisa membawa ke service center dan biasanya perbaikan IC Power tidak akan memakan biaya apapun.

Nah sobat Tekno, itulah beberapa penyebab dan cara menghidupkan HP yang mati total. Pada dasarnya, ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan sebuah HP bisa mati total. Untuk itu, cara untuk memperbaikinya juga beragam tergantung dari penyebabnya. Apabila Anda kebetulan sedang mengalami masalah ini, semoga tips yang kami berikan bisa menjadi referensi yang bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.