Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo yang Mudah 100% Berhasil!

cara menyembunyikan aplikasi di hp oppo

HP memang tidak hanya berguna sebagai media untuk berkomunikasi saja. Lebih dari itu, HP juga menjadi tempat untuk menyimpan data berharga dan penting yang sangat privasi. Tentunya sudah sewajarnya jika kemudian banyak orang yang berusaha semaksimal mungkin melindungi data tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menyembunyikan aplikasi tertentu. Bagi pengguna Oppo, sudahkah Anda tahu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo?

Ada kalanya ketika HP sedang dipinjam, orang lain mencoba untuk membuka beberapa aplikasi tertentu yang ada di ponsel. Padahal, meski tidak memiliki niat jahat data yang ada dalam aplikasi tersebut sifatnya bisa saja sangat privat dan tidak boleh bocor ke pihak lain. Misalnya aplikasi Mobile Banking atau Whatsapp yang berisi data dan pribadi. Nah, untuk mencegah itu sobat Tekno bisa memilih untuk menyembunyikan aplikasi. Lalu, seperti apa cara untuk menyembunyikan aplikasi bagi para pengguna Oppo? Yuk, simak caranya!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo yang Mudah

cara menyembunyikan aplikasi di hp oppo
(sumber gambar: oppo.com)

Ketika Anda menyembunyikan aplikasi, maka orang lain tidak akan bisa membuka dan melihat data penting yang ada dalam aplikasi tersebut. Jika sobat Tekno adalah pengguna Oppo, maka tidak perlu khawatir. Sebab, cara untuk bisa menyembunyikan aplikasinya terbilang mudah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda simak:

1. Sembunyikan Aplikasi dengan Opsi Settings

Karena kebutuhan akan perlindungan privasi yang semakin tinggi, bukan hal yang baru lagi jika kemudian banyak brand ponsel memberikan bentuk perlindungan bawaan pada produk mereka. Oppo sebagai salah satu merk HP terkenal juga memiliki fitur tersebut dengan nama Hide Apps atau Sembunyikan Aplikasi. Untuk bisa mengaktifkan dan menggunakan fitur ini, caranya juga sangat mudah dan tidak ribet.

Inilah panduan yang bisa sobat Tekno ikuti:

  1. Untuk langkah pertama, silahkan buka kunci layar HP dan masuk pada halaman utama
  2. Setelah dari Home Screen, silahkan menuju ke opsi Settings atau Pengaturan
  3. Jika sudah, akses men Privacy dan kemudian cari opsi Hide Apps atau Sembunyikan Aplikasi
  4. Setelah itu, umumnya Anda akan diminta untuk membuat kata sandi yang bisa Anda buat dalam beberapa format yang berbeda. Mulai dari Pattern (Pola), PIN, atau berbentuk kata sandi biasa
  5. Tugas Anda hanyalah membuat kata sandi yang sesuai dengan preferensi dan usahakan jangan terlalu sulit. Tujuannya untuk meminimalisir potensi lupa kata sandi yang bisa berakibat aplikasi tidak bisa dimunculkan lagi nantinya
  6. Jika ini adalah kali pertama Anda menggunakan fitur hide apps, maka Oppo akan meminta Anda untuk memasukkan sebuah kode rahasia. Kode rahasia ini akan berupa angka
  7. Kemudian pada halaman Hide Apps, silahkan sobat Tekno pilih aplikasi mana yang ingin Anda sembunyikan
  8. Klik aplikasi tersebut dan selesai! Aplikasi yang Anda pilih sudah tersembunyi

Setelah berhasil menyembunyikan aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak akan muncul di halaman utama atau home screen maupun app drawer. Nantinya, jika Anda ingin membuka aplikasi tersebut, Anda harus memasukkan kata sandi ang sudah Anda atur sebelumnya.

Dengan kemajuan teknologi, kini seringkali pilihan hide apps tersebut bisa Anda aktifkan dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint. Tentu ini membuat proses membuka dan menyembunyikan aplikasi menjadi lebih mudah. Nantinya jika Anda ingin mematikan opsi hide apps, maka ulangi langkah tersebut, namun pilih nonaktifkan.

2. Aplikasi Microsoft Launcher

Selain menggunakan fitur bawaan dari Oppo, cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo juga bisa ditempuh dengan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pertama yang bisa sobat Tekno pakai adalah Microsoft Launcher. Untuk menggunakan aplikasi ini, berikut langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Langkah pertama, silahkan unduh dan pasang aplikasi Microsoft Launcher terlebih dahulu. Anda bisa menemukannya di Google Play Store dengan melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.launcher&hl=en&gl=US
  2. Kemudian silhkan install sesuai panduan instalasi yang ada
  3. Jika sudah terpasang, lanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut dan pilih tiga titik berbentuk vertikal yang ada di pojok kanan atas
  4. Pada opsi tersebut, cari menu Hide App supaya Anda bisa menyembunyikan suatu aplikasi
  5. Lanjutkan dengan mencari aplikasi yang ingin sobat Tekno sembunyikan
  6. Sesaat setelah memilih aplikasi, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan hilang dari daftar menu atau home screen HP

Nantinya, apabila sobat Tekno ingin membuka aplikasi itu lagi, cukup kembali ke fitur Hide App yang ada di Microsoft Luncher. Kemudian ketuk pilihan Hide App lalu Unhide. Selesai, aplikasi sudah kembali seperti semula.

3. Aplikasi App Lock

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo selanjutnya adalah menggunakan App Lock. Fungsi utama dari aplikasi ini memang untuk mengunci suatu aplikasi tertentu. Hanya saja, kemudian pihak developer mengembangkannya lagi sehingga tidak hanya bisa untuk mengunci. Lebih dari itu, App Lock juga bisa membantu Anad untuk menyembunyikan aplikasi tertentu.

Cara yang harus Anda tempuh untuk menggunakan App Lock juga tidak sulit. Berikut adalah panduannya:

  1. Langkah pertama, silahkan sobat Tekno mengunduh dan menginstall aplikasi App Lock terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.domobile.applockwatcher&hl=en&gl=US
  2. Jika sudah silahkan lanjutkan dengan menginstall aplikasi sesuai panduan yang ada
  3. Kemudian buka aplikasi tersebut dan lanjutkan dengan membuat pola kunci sesuai preferensi Anda
  4. Setelah itu, cari dan pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari Homescreen atau App Drawer
  5. Jika sudah, berikan akses data ke App Lock Usage
  6. Setelah proses ini selesai, maka aplikasi yang Anda pilih akan secara otomatis menjadi tersembunyi

Untuk memunculkan dan mematikan opsi hide apps, silahkan akses kembali App Lock dan pilih opsi Unhide.

4. Aplikasi Hide App

Selain menggunakan App Lock dan Microsoft Launcher, sobat Tekno juga bisa menggunakan aplikasi Hide App untuk menyembunyikan aplikasi di Oppo. Sama dengan kedua rekomendasi sebelumnya, aplikasi ini juga menawarkan fitur menyembunyikan aplikasi yang mudah untuk Anda akses.

Selain itu, App Hide juga banyak dipilih pengguna ponsel karena bisa Anda gunakan pada HP Android yang sudah pernah root maupun tidak. Tidak heran jika banyak pengguna memilih menggunakan aplikasi ini karena tidak bisa dipungkiri ada pengguna yang pernah melakukan root pada HP mereka. Untuk menggunakannya, berikut langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Silahkan unduh dan install aplikasi Hide App terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa Anda temukan di Google Play Store atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.thinkyeah.apphider
  2. Jika sudah, silahkan lakukan instalasi seperti panduan dan apabla sudah terpasang buka aplikasi tersebut
  3. Apabila kemudian muncul pop up yang bertuliskan Chack Root Available, silahkan pilih opsi Later saja agar sobat Tekno tidak perlu repot melakukan root terlebih dahulu
  4. Kemudian jika sudah berhasil masuk ke halaman awal aplikasi, klik tombol Plus dan centang pada aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Setelah itu, klik opsi Hide supaya bisa menyembunyikan aplikasi tersebut
  5. Nantinya aplikasi yang sudah berhasil Anda sembunyikan akan munul di halaman depan Hide App namun tidka akan muncul di menu aplikasi. Selesai!

Fitur Menjaga Privasi Lain dari Oppo

cara menyembunyikan aplikasi di hp oppo
(sumber gambar: oppo.com)

Selain memberikan fitur hide apps, Oppo juga memberikan fitur lain yang akan berguna untuk menjaga privasi para penggunanya. Fitur tersebut adalah Private Safe dan juga App Lock. Kedua aplikasi ini memberikan fungsi yang berbeda, yaitu:

a. App Lock

Fitur ini akan membantu Anda untuk mengunci aplikasi tertentu. Bisa menggunakan password, PIN, maupun pola. Ini tentu akan membuat tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi yang ada dalam ponsel Anda jika tidak mendapatkan izin dari Anda dan tanpa sepengetahuan Anda.

b. Private Safe

Berbeda dengan App Lock, private safe memiliki fungsi untuk menyembunyikan file tertentu dan bukan aplikasi. Misalnya dokumen, lagu, foto, dan lainnya. Nantinya hanya orang yang mengetahui kodenya sajalah yang bisa membuka file tersebut.

Nah sobat Tekno, itulah berbagai cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo yang bisa Anda ikuti. Pada dasarnya, semua data yang ada di HP kita tentu merupakan hal yang bersifat privat dan tidak boleh bocor ke sembarang orang. Adanya fitur sembunyikan aplikasi jelas akan sangat membantu Anda untuk senantiasa menjaga privasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.