Manfaat dan Cara Reset HP Samsung Semua Tipe Update 2022

cara reset hp samsung

Sobat Tekno, apakah Anda pengguna HP Samsung? Jika iya, sudahkah Anda tahu bagaimana cara reset HP Samsung? Ya, kegiatan reset memang menjadi hal yang cukup lumrah untuk pemilik ponsel lakukan. Bukan tanpa alasan, reset bisa menjadi solusi paling ampuh untuk mengembalikan kondisi ponsel seperti ketika membeli baru.

Reset HP ini juga umum dengan sebutan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Jadi ketika Anda memilih opsi ini, maka semua pengaturan yang ada di HP tersebut akan kembali seperti semula. Kondisi HP akan seperti baru ketika Anda membelinya pertama kali. Lalu, seperti apa cara reset HP Samsung itu? Yuk, simak langkahnya berikut ini!

3 Cara Reset HP Samsung Update 2022

Meski bukan hal yang baru, namun nyatanya masih banyak orang yang belum terlalu paham mengenai cara reset HP Samsung. Selain itu, karena merupakan kegiatan untuk mengembalikan HP di kondisi baru, maka data yang ada dalam HP juga akan hilang. Jika memang sobat Tekno memiliki banyak data penting, maka sebaiknya lakukan back up atau pencadangan data terlebih dahulu.

Sebab jika data yang ada di HP hilang saat proses factory reset, maka data tersebut tidak akan bisa Anda kembalikan lagi. Proses melakukan reset ponsel Samsung sendiri bukanlah hal yang sulit. Berikut adalah 4 langkah reset yang bisa Anda tempuh:

1. Android System Recovery Samsung

cara reset hp samsung
(sumber gambar: dechipertools.com)

Cara reset HP Samsung yang pertama adalah melalui opsi Android System Recovery Samsung. Opsi pertama ini bisa Anda pakai apabila Anda tidak bisa mengakses menu android atau saat HP berada dalam kondisi blank. Saat berada dalam kondisi blank, memang Anda tidak akan bisa mengakses menu apapun di dalam ponsel, tentu ini juga membuat Anda tidak akan bisa melakukan factory reset.

Selain itu, banyak pula pengguna Samsung yang menggunakan cara ini saat mengalami kegagalan booting atau ketika HP sedang bootloop. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Dalam posisi HP yang mati, silahkan tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Up secara bersamaan. Tekan dan tahan selama beberapa detik
  2. Setelah itu sobat Tekno akan dibawa masuk ke menu Adroid System Recovery Samsung. Nah, untuk menjalankan dan mengeksekusi perintah, Anda bisa menggunakan tombol voluma up maupun down
  3. Cari opsi Wipe Data atau Factory Reset
  4. Apabila sudah menemukan opsi tersebut, silahkan tekan tombol Home supaya perintah bisa dijalankan
  5. Kemudian akan muncul perintah Reboot System Now dan pilih opsi tersebut. HP Samsung akan melakukan proses factory reset selama beberapa saat dan jika sudah maka Anda akan mendapatkan HP Samsung seperti baru lagi

Sebagai catatan tambahan, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, maka sebaiknya ketika menjalankan opsi ini baterai minimal berada dalam presentase 70% ya. Jangan sampai terlalu sedikit presentase baterainya. Pasalnya, ketika melakukan proses factory reset, akan membutuhkan waktu yang lama dan tidak bisa Anda lakukan bersamaan dengan mengisi baterai HP.

Selain itu, perlu sobat Tekno pahami juga bahwa kombinasi tombil biasanya akan berbeda pada tiap tipe HP Samsung. Berikut adalah panduan beberapa tipe Samsung yang bisa Anda simak:

a. Samsung Galaxy Pro

Tombol T dan power

b. Samsung Galaxy Mini, Galaxy Fit, Galaxy Ace, dan Galaxy Gio

Tombol home atau tengah bersama dengan tombol power

c. Samsung Galaxy 551

Tombol huruf T dan tombol power secara bersamaan. Sementara untuk navigasi, bisa menggunakan tombol panah

d. Samsung Galaxy Y atau Young

Tombol volume up, home, dan power

e. Samsung Galaxy W atau Wonder

Tekan tombol volume up, tombol home, dan power. Setelah logo Samsung muncul, tekan tombol menu yag berada di sebelah kiri tombol home

2. Kode Reset dari HP Samsung

Cara reset HP Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan kode reset Samsung. Setiap brand HP biasanya akan memiliki kode rahasianya sendiri-sendiri, begitu pula dengan Samsung. Jika sobat Tekno adalah pengguna Samsung, maka wajib mengingat kode rahasia ini karena akan sangat bermanfaat untuk membantu saat ingin melakukan factory reset. Berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti:

  1. Silahkan masuk ke menu dial atau panggilan yang ada pada HP Samsung
  2. Setelah itu, cukup ketikkan saja kode rahasia, yaitu *2767*3855# setelah itu lanjutkan dengan pilih Call atau Panggil
  3. Sesaat setelah Anda memilih opsi tersebut, maka sobat Tekno akan masuk ke dalam menu factory reset
  4. Secara otomatis, HP Samsung Anda akan melewati proses penghapusan data dan reset HP Samsung pun berhasil.

Banyak user Samsung yang memilih cara ini karena memang sangat mudah dan bisa Anda lakukan dengan cepat. Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan banyak step untuk bisa melakukan reset pabrik. Hanya saja, memang sebelum melakukan proses ini, pastikan sudah melakukan back up atau pencadangan data supaya tidak ada file yang hilang ya!

3. Menu Setting atau Pengaturan

Cara reset HP Samsung yang terakhir adalah melalui menu pengaturan atau setting. Opsi ini terbilang yang paling basic dan umum untuk pengguna Samsung lakukan. Akan tetapi, memang langkah ini akan sedikit berbeda antara Samsung yang memiliki versi Android Oreo dan versi bawahnya. Berikut adalah uraian selengkapnya:

a. Reset Samsung Versi Android Oreo Keatas

  1. Untuk langkah awal, silahkan sobat Tekno masuk ke menu pengaturan atau setting. Cari opsi menu Manjemen Umum atau General Management dan klik menu tersebut
  2. Kemudian pilih opsi Reset atau Atur Ulang
  3. Setelah itu, klik opsi Factory Data Reset atau Reset Data Pabrik
  4. Jika sudah, pada layar reset pilih opsi Reset Device (Atur Ulang atau Atur Ulang Perangkat)
  5. Lanjutkan dengan menekan tombol Daya dan tekan tombol volume turun sampai opsi YA sudah mendapatkan sorotan
  6. Kembali lanjutkan dengan menekan tombol Data
  7. Tunggu beberapa detik sampai muncul notifikasi Reboot System Now, dan tugas sobat Tekno adalah menekan tombol Daya sekali lagi supaya perintah reboot bisa berjalan

b. Reset Samsung Versi Android Marshmallow Kebawah

Sementara itu, jika Anda menggunakan Samsung dengan versi Marshmallow dan versi sebelum itu, maka caranya akan sedikit berbeda. Berikut panduan yang bisa sobat Tekno ikuti:

  • Masuk ke menu pengaturan atau setting
  • Setelah itu cari opsi Cadangkan dan Atur Ulang atau Back up and Reset
  • Kemudian klik opsi Atur Ulang Data Pabrik atau Factory Data Reset
  • Lanjutkan dengan klik Reset Device dan klik opsi Hapus Semua (Delete All)
  • Jika sudah selesai, maka Anda akan melihat tampilan layar Samsung paling awal atau Welcome dan Anda pun mulai bisa mengatur ulang perangkat

Manfaat Reset HP Samsung

cara reset hp samsung
(sumber gambar: drfone.com)

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat Anda memilih opsi factory reset:

a. Menghapus Malware atau Virus

Jika memilih opsi kembali ke pengaturan pabrik, maka Anda otomatis bisa membersihkan semua virus dan malware yang ada di HP Samsung. Ini juga yang menjadi alasan banyak user Samsung akhirnya menempuh jalur kembali ke pengaturan pabrik supaya HP mereka bersih dari adanya virus dan malware yang berbahaya.

b. Membersihkan File Tidak Berguna

Manfaat kedua dari memilih opsi factory reset adalah bisa membersihkan file yang tidak berguna dan membuat penyimpanan HP menjadi lebih lega. Biasanya masih akan ada sisa file yang ada di HP meski sudah Anda hapus. Inilah yang hanya bisa dibersihkan dengan jalan kembali ke pengaturan pabrik.

c. Kinerja HP Lebih Optimal

Manfaat terakhir dari reset HP Samsung adalah membuat kinerja HP menjadi lebih maksimal. Ketika sudah kembali seperti baru, maka kinerja ponsel juga umumnya akan menjadi lebi ringan karena sama saja ketika Anda membelinya.

Nah sobat Tekno, itulah cara reset HP Samsung selengkapnya sekaligus manfaatnya. Meski memiliki banyak manfaat, namun sobat Tekno harus selalu berhati-hati ketika menjalankan opsi ini ya. Jangan terburu-buru melakukan reset tanpa pertimbangan yang matang.

Pasalnya, data yang hilang saat proses reset adalah permanen hilang dan tidak bisa Anda kembalikan dengan cara apapun. Untuk itu, jika memang berniat melakukan reset pastikan bahwa Anda sudah melakukan pencadangan data dan tidak ada file penting yang masih tersisa di dalamnya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.