4 Rahasia Cara Restart HP Oppo Termudah Bisa untuk Semua Tipe

cara restart HP Oppo

Oppo adalah salah satu merk ponsel yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Akan tetapi, sebagai pengguna Oppo, ada satu hal yang cukup sering menjadi keluhan. Terutama soal pilihan restart yang tidak ada seperti pada ponsel lainnya. Cara restart HP Oppo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ponsel lain pada umumnya.

Anda bisa menemukan pilihan restart dengan mengklik tombol power off atau dengan cara lainnya. Kegiatan restart ini pun akan memberikan banyak manfaat untuk kinerja ponsel yang sedang Anda gunakan. Lalu, apa saja metode yang bisa diambil jika ingin melakukan restart atau reboot pada ponsel Oppo? Inilah ulasan selengkapnya. Yuk, simak sampai akhir!

4 Cara Restart HP Oppo untuk Semua Tipe

cara restart HP Oppo
(sumber gambar: gotechtor.com)

Sebagar referensi, inilah beberapa metode yang bisa sobat Tekno coba untuk merestart HP Oppo yang bisa Anda coba:

1. Kombinasi Tombol

Metode pertama adalah dengan menggunakan kombinasi tombol power dan juga volume. Selain Oppo biasanya cara ini juga bisa dilakukan pada merk ponsel lain untuk melakukan restart atau ingin menuju mode factory reset. Inilah langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Silakan tekan tombol power dan volume up atau atas secara bersamaan
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai ponsel melakukan mulai ulang sistem HP
  • Selesai! Ponsel Oppo pun selesai untuk Anda restart.

2. Via Recovery Mode

Opsi kedua yang bisa sobat Tekno tempuh untuk melakukan restart Oppo adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Sekilas, mungkin sobat Tekno akan berpikir bahwa cara ini sama dengan Factory Mode, tetapi sebenarnya kedua hal ini berbeda. Sebab pada Recovery mode Anda tidak akan menghapus data atau file yang ada di dalam ponsel sehingga tetap akan aman semua file yang Anda miliki.

Inilah cara untuk masuk ke mode tersebut:

  • Pertama, sobat Tekno bisa mematikan HP Oppo seperti biasa
  • Jika sudah, tekan kombinasi tombol power dan volume down (bawah) bersama-sama dan tahan selama beberapa detik
  • Apabila sudah berhasil masuk ke mode recovery, maka lepaskan tombol kombinasi tadi
  • Klik pilihan bahasa Inggris Anda bisa menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan mengkonfirmasi perintah
  • Kemudian pilih opsi Reboot denga menekan lagi tombol volume bawah dan power supaya perintah Reboot bisa tereksekusi
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi Reboot System Now dan klik opsi tersebut
  • Tunggu beberapa saat sampai ponsel melakukan reboot seperti yang Anda minta
  • Apabila berhasil, maka nantinya ponsel akan menyala lagi dengan sendirinya.

3. Factory Data Reset (Kembali ke Pengaturan Pabrik)

Cara restart HP Oppo yang satu ini bisa Anda gunakan apabila Anda sudah yakin dan rela menghapus semua data yang ada di ponsel. Pasalnya, konsekuensi dari pilihan ini adalah semua data yang Anda miliki akan terhapus secara permanen. Selain itu, opsi ini juga biasa dipilih apabila memang sudah ada masalah pada ponsel dan langkah terakhir untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan factory reset.

Inilah langkah yang bisa Anda tempuh untuk melakukan opsi ini:

  • Silakan masuk ke menu ponsel Oppo dan pilih opsi Additional Settings
  • Kemudian Anda akan masuk ke opsi Back Up and Reset dan lanjutkan dengan memilih menu Factory Data Reset
  • Pada pilihan ini Anda akan melihat banyak sekali pilihan, yaitu Erase All App Data & Deleteable Apps, Erase All Content & Settings, Erase Contacts & Call Logs, Erase All SMS & MMS. Nah, silakan baca baik-baik setiap pilihan tersebut dan tentukan sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pasalnya, setiap opsi penghapusan tersebut akan memiliki konsekuensinya masing-masing
  • Jika sudah yakin ingin memilih opsi mana, klik pada opsi tersebut dan tunggu beberapa saat
  • Perintah Anda akan dieksekusi dan selanjutnya ponsel akan mati dan melakukan factory reset
  • Apabila seluruh proses sudah berhasil, maka ponsel Oppo Anda akan menyala lagi dengan sendirinya.

4. Aplikasi Fast Reboot

Pilihan cara restart HP Oppo yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu Fast Reboot. Banyak yang menggunakan opsi ini karena terbilang mudah dan tidak membutuhkan root ponsel. Selain itu, cara kerja aplikasi ini adalah dengan menutup semua proses data yang ada di ponsel Anda dan tidak secara fisik melakukan restart.

Artinya, semua data yang ada di ponsel akan tetap aman dan tidak akan terhapus. Sebab, aplikasi ini hanya akan menghilangkan cache ataupun sampah aplikasi yang masih terbuka di background. Inilah langkah yang bisa Anda ikuti jika menggunakan opsi ini:

  • Pertama, silakan unduh aplikasi Fast Reboot telebih dahulu yang bisa Anda dapatkan di Google PlayStore atau dengan mengakses link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.greatbytes.fastreboot
  • Setelah terunduh tunggu beberapa saat sampai proses instalasi atau pemasangan selesai
  • Jika sudah, silakan buka apikasi Fast Reboot dan secara otomatis aplikasi tersebut akan langsung melakukan restart HP Oppo Anda. Beberapa aplikasi yang sedang Anda jalankan akan tertutup, dan kemudian melakukan restart sistem
  • Apabila semua proses restart sudah selesai, maka akan ada muncul notifikasi yang berisi informasi seberapa banyak memori yang dibebaskan dari kegiatan restart tersebut.
  • Selesai! Ponsel Oppo Anda pun sudah selesai melakukan restart.

Manfaat Restart HP Android

cara restart HP Oppo
(sumber gambar: online-tech-tips.com)

Restart atau reboot sebenarnya adalah hal yang sangat lumrah dan wajar untuk pemilik HP lakukan. Tidak hanya ponsel, kegiatan restart pun bisa Anda temukan di perangkat lain seperti PC, laptop, maupun router. Tujuan dari kegiatan restart adalah untuk memulai ulang sistem yang sedang berjalan. Lebih dari itu, inilah beberapa manfaat dari melakukan mulai ulang HP Android:

1. Memperbarui Sistem

Manfaat pertama dari restart adalah memperbarui sistem atau refresh. Tujuannya adalah agar seluruh file yang bersifat sementara atau sampah sementara yang tidak dibutuhkan dan berasal dari aplikasi bisa terhapus. Dengan terhapusnya file ini maka kinerja ponsel akan menjadi jauh lebih maksimal lagi.

2. Memperbaiki Sistem yang Eror

Sobat Tekno tentu pernah mengalami kejadian ponsel macet atau lag ketika dipakai. Bahkan sampai macet dan tidak bisa menggerakkan apapun di layar. Tentu kondisi seperti ini sangat membuat kesal, apalagi jika saat melakukan hal penting di HP. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi kondisi lag adalah dengan melakukan restart.

Kondisi macet atau lag di ponsel bisa saja merupakan akibat dari aplikasi atau sistem yang sedang eror pada HP. Saat Anda memutuskan untuk merestartnya, maka ponsel akan memulai ulang sistem atau aplikasi tersebut dari awal. Artinya, segala error yang sedang terjadi bisa Anda perbaiki karena restart.

3. Mengosongkan RAM

Ketika membuka aplikasi, maka bagian komponen HP yang bekerja adalah RAM atau Random Access Memory. Saat RAM terlalu penuh karena ada banyak aplikasi yang tidak Anda pakai namun tetap Anda buka dan berjalan di background, maka ini membut kinerja ponsel jadi melambat. Bahkan bisa saja menjadi macet dan lag.

Untuk itu, dengan melakukan restart Anda bisa mengosongkan kapasitas RAM sehingga aplikasi yang tidak Anda perlukan bisa ditutup. Hasilnya kinerja ponsel bisa kembali normal.

Nah sobat Tekno, itulah beberapa cara restart HP Oppo yang bisa Anda lakukan serta manfaat melakukan restart. Mengingat manfaatnya yang cukup vital bagi kinerja ponsel, tidak heran jika restart adalah salah satu hal yang wajar untuk dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mempraktekkan tipsnya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.