Tips Memilih Charger Mobil Terbaik Serta Rekomendasi Produknya

charger mobil terbaik

Keberadaan charger di mobil memang sangat krusial saat ini. Pasalnya, jika gadget sedang kehabisan baterai maka charger tersebut akan sangat membantu. Terutama jika Anda adalah orang yang punya banyak sekali kesibukan dan juga mobilitas sehingga selalu membutuhkan ponsel. Dari sekian banyak charger, tentu Anda harus tau tips memilih charger mobil terbaik. Apa saja? 

Tips Memilih Charger Mobil Terbaik 

charger mobil terbaik
(sumber gambar: businessinsider.in)

Agar tidak salah pilih, inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih charger mobil yang berkualitas: 

1. Ketahui Jumlah Port Charger

Jumlah port charger dapat bervariasi dari satu produk ke produk lainnya. Semakin tinggi jumlah port, semakin banyak gadget yang dapat diisi secara bersamaan. Bisa jadi Anda sering bepergian dengan banyak orang, atau memiliki banyak gadget. Nah, produk dengan beberapa port charger adalah pilihan yang tepat. 

Meski begitu, semakin tinggi jumlah port, semakin besar ukuran secara umum. Anda perlu memastikan ada cukup ruang di dalam mobil untuk port charger. Pada saat yang sama, ada juga beberapa produk dengan port charger. Orang yang menyukai produk kompak atau yang hanya membawa 1 – 2 gadget dapat membeli produk tersebut. Jumlah port hanya sedikit berkurang ukurannya. Kamu juga akan lebih mudah memasangnya di mobil Anda.

2. Perhatikan Jika Ada Soket Usb Type-c

Sebagian besar charger mobil dilengkapi dengan stop kontak usb type-a. Itu tidak jarang, mengingat sebagian besar gadget saat ini kompatibel dengan soket ini. Toh, kabel charger yang beredar sekarang umumnya memiliki dua head yang berbeda, seperti usb type-a dan type-c. 

Meski begitu, ada gadget tertentu yang harus diisi dayanya melalui outlet usb type-c. Jika Anda memiliki gadget seperti itu, Anda harus membelinya dengan soket usb type-c. Jangan khawatir, Anda tidak bisa salah dengan produknya, kok! Ada atau tidaknya soket usb type-c dapat dengan mudah dilihat. Soket usb type-c lebih kecil dari type-a, sehingga Anda dapat mengenalinya secara sekilas.

3. Periksa Apakah Pengisian Cepat Didukung

Tidak semua charger dilengkapi dengan fast charging. Produk pengisian cepat adalah suatu keharusan jika Anda ingin mengisi baterai Anda secepat mungkin. Sangat penting untuk mengisi baterai dengan cepat karena Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu di dalam mobil. Mungkin Anda baru beberapa saat berada di dalam mobil, katakanlah sekitar 40 menit. 

Selama ini, charger biasa biasanya tidak akan bisa mengisi penuh baterai gadget Anda. Meski begitu, pastikan kabel charger yang Anda miliki kompatibel dengan fast charging. Jika tidak, maka fitur fast charging kemungkinan besar tidak akan berfungsi. Selain itu, gadget Anda juga harus dilengkapi dengan fast charging. Walaupun kabel dan chargernya tipe fast charging, jika gadget tidak, baterai tidak akan cepat terisi. Jadi, perhatikan juga hal – hal ini, ya!

4. Sesuaikan Output Sesuai dengan Kebutuhan 

Setiap gadget mungkin memerlukan keluaran listrik yang berbeda satu sama lain. Untuk mengetahui output daya apa yang Anda butuhkan, Anda dapat melihat manual atau kepala charger gadget. Setelah itu, Anda dapat memilih charger mobil dengan output sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Beberapa produk mencantumkan output per port. Namun, ada juga produk yang mencakup total output. Dalam produk seperti itu, total output daya akan dibagi sesuai dengan jumlah port yang digunakan bersama. Misalnya, produk dengan total output 3,4 amp memiliki dua port usb. Ketika kedua port digunakan bersama, masing – masing port akan memberikan output listrik 1,7 amp.

5. Pilih Charger Sesuai Dengan Daya Input

Sebelum membeli charger mobil, ada baiknya cek juga voltase di mobil Anda. Beberapa mobil menawarkan colokan 12 volt, beberapa 24 volt. Sedangkan untuk kendaraan yang lebih besar seperti truk membutuhkan produk dengan tegangan 24 volt. Jadi, pertama – tama ketahui tegangan di mobil Anda dan pilih yang paling sesuai dengan nilai input listrik.

6. Perhatikan Adanya Fitur Tambahan

Banyak charger mobil yang tidak hanya mampu mengisi baterai gadget, tetapi juga memiliki beragam fitur yang bermanfaat. Beberapa produk dilengkapi dengan bluetooth sehingga dapat digunakan untuk menjawab panggilan. Ada juga produk yang dilengkapi dengan peralatan tambahan, seperti perlindungan tegangan lebih, agar lebih aman digunakan. Produk yang bisa dijadikan radio sudah ada di pasaran. 

Anda bahkan akan menemukan produk dengan corong tambahan. Untuk memudahkan Anda dalam memeriksa proses pengisian, banyak beredar produk dengan tampilan digital. Tak hanya itu, charger mobil dengan wireless charging juga ada lho! Meski begitu, produk ini hanya akan bekerja dengan gadget yang sudah mendukung wireless charging. Adanya fungsi tambahan tentu menambah fungsionalitas charger mobil. Cari tahu apakah charger mobil target memiliki fitur tambahan dan pilih yang paling Anda sukai!

Aturan Pengisian Daya di Mobil 

Untuk mendukung mobilitas pengemudi dan penumpang, mobil baru dari pabrikan saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas charging atau pengisian daya ponsel. Biasanya charger perangkat mobil berbentuk soket pemantik api atau usb dock. Khususnya untuk soket pemantik api, pemilik mobil membutuhkan adaptor tambahan yang sesuai dengan soketnya untuk mengisi baterai smartphone mereka. Namun, ketika Anda ingin mengisi daya ponsel di dalam mobil, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Sebab, salah menyalakan mobil bisa berakibat fatal.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah memilih adaptor yang tepat. Jangan sampai lepas, harus pas di rumah korek api. Sebab, jika lepas, ada potensi kebakaran. Untuk spesifikasinya, tidak ada ketentuan khusus. Namun, dia mengingatkan bahwa ketika memilih adaptor multi – saluran, perhatikan dulu ampere sekring yang lebih ringan.

Pemilik mobil tidak boleh bergantung pada mobil untuk mengisi daya ponsel mereka. Sebaiknya hindari mengisi daya baterai ponsel Anda di dalam mobil, karena tegangan dapat naik dan turun (mesin mobil berputar naik turun), yang memperpendek masa pakai ponsel itu sendiri. Jadi jangan mengandalkan mobil.

Rekomendasi Charger Mobil Terbaik

charger mobil terbaik
(sumber gambar: shopee.co.id)

Berikut adalah sepuluh charger mobil terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Charger Mobil Remax 2.4a Tipe-c

Memiliki charger mobil yang menawarkan kedua jenis port tersebut tidak harus mahal jika Anda memilih produk ini. Kamu akan menemukan port usb type – a dan usb type – c pada produk ini. Dengan cara ini, Anda juga dapat mencolokkan gadget yang membutuhkan soket usb type – c ke produk ini. Mengingat harganya yang sangat terjangkau, charger ini terlihat lebih menarik bukan ?

2. Acome Car Charger Usb Type-c Aic Fast Charge Pd Qc 3.0 Kabel Data Gratis

Mereka yang mengutamakan keamanan penggunaan dapat memilih produk ini. Tubuh produk ini terbuat dari paduan seng, yang sangat tahan api. Overcharge, overcurrent, short circuit, overvoltage, overload dan perlindungan suhu juga meningkatkan keamanan menggunakan produk ini. Bahkan dengan pemakaian rutin selama berjam – jam, produk ini masih sangat aman dipasang.

3. Vivancar Charger Dual Port Type-c (Pd) dan Usb (Qc3.0) 36w 6a

Setelah desain khusus, dua port produk ini dapat mendistribusikan arus secara stabil. Hal ini tetap berlaku meski kedua port tersebut fast charging dua gadget yang berbeda. Mereka yang tidak ingin baterai gadgetnya bermasalah karena fluktuasi arus adalah pilihan yang tepat untuk produk ini. Selain itu, tekstur serat karbon membuat produk ini lebih elegan dan nyaman. Terbuat dari bahan pc (polycarbonate) dan abs (acrylonitrile butadiene styrene), produk ini juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu tinggi.

4. Charger Robocar + Kabel Data Pengisian Cepat Tipe – c

Anda membutuhkan kabel charger usb type – c yang sangat tahan lama, tetapi tidak ingin mengeluarkan uang ekstra? Jika ya, Anda harus membeli produk ini. Beli charger mobil ini dan dapatkan kabel micro usb rdm100s / rdl100s secara instan. Kabel charger kompatibel dengan iphone dan android. Menariknya, ujung kabel juga di desain agar tidak mudah putus. Terbuat dari bahan pvc (polivinil klorida) pilihan, kabel ini juga sulit kusut. Tembaga di dalamnya berkualitas tinggi, dan tentu saja, Anda siap menggunakannya untuk waktu yang lama.

Itulah beberapa tips memilih dan rekomendasi charger mobil terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan Anda ya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.