Catat! Ini Daftar Aplikasi Berbahaya yang Harus Segera Diuninstall!

daftar aplikasi berbahaya

Dalam sebuah ponsel memang bisa Anda temukan banyak sekali aplikasi yang Anda gunakan sehari-hari. Umumnya aplikasi tersebut memiliki tujuan untuk memudahkan kegiatan pemiliknya. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika aplikasi tersebut justru berbahaya? Bukannya malah membantu produktivitas, justru keamanan HP bisa terganggu. Untuk itulah sobat Tekno wajib segera menguninstallnya. Lalu, apa saja daftar aplikasi berbahaya tersebut?

Ciri-ciri Aplikasi yang Berbahaya untuk Ponsel

daftar aplikasi berbahaya
(sumber gambar: voi.id)

Sebelum membahas apa saja daftar aplikasi berbahaya, maka perlu sobat Tekno pahami juga beberapa ciri aplikasi yang memang tidak baik untuk Anda install. Karena pada dasarnya, selalu ada ciri tertentu yang bisa menunjukkan bahwa suatu aplikasi bukanlah software yang baik. Berikut adalah beberapa ciri aplikasi tersebut:

1. Developer yang Tidak Jelas

Hal pertama yang bisa menjadi tanda bahwa suatu aplikasi tidaklah baik adalah pihak developernya yang tidak jelas. Developer merupakan sebutan untuk produsen atau pembuat aplikasi. Apabila Anda tidak bisa melihat dengan jelas siapa pihak yang membuat aplikasi tersebut, maka sobat Tekno wajib curiga. Karena setiap aplikasi yang legal dan aman pasti akan terlihat jelas informasi siapa yang menciptakannya.

2. Permintaan Izin Aplikasi yang Tidak Biasa

Umumnya setiap aplikasi akan memiliki permintaan izin yang berbeda-beda. Nah akan tetapi, berbeda dari aplikasi yang resmi, aplikasi ilega dan berbahaya akan meminta izin yang aneh dan tidak biasa. Biasanya izin yang wajar pada sebuah aplikasi adalah akses media, telefon, dan penyimpanan saja.

Jika permintaan izinnya sudah jauh melenceng seperti izin kontak hingga mengirimkan SMS berbayar, maka wajib Anda waspadai. Pasalnya, besar kemungkinan aplikasi yang seperti itu justru memberikan efek yang buruk untuk ponsel dan bisa mengancam keamanan data pribadi yang tersimpan di dalam ponsel.

3. Tidak Ada di PlayStore atau App Store

Bagi setiap pemilik ponsel, akan sangat dianjurkan untuk selalu mengunduh dan menginstall aplikasi dari sumber yang terpercaya saja. Untuk Android bisa mengunduhnya di PlayStore sementara untuk iOS adalah dengan mengunduhnya lewat App Store. Kedua platform tersebut merupakan media resmi yang bisa menjamin keamanan aplikasi yang ada di dalamnya.

Tingkat keamanan aplikasi yang ada di PlayStore dan AppStore juga jauh lebih baik daripada aplikasi yang tidak ada di platform tersebut. Umumnya, daftar aplikasi berbahaya itu hanya bisa Anda unduh dengan ekstensi .apk. Memang bisa saja Anda mengunduh aplikasi dengan ekstensi semacam itu dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet. Akan tetapi, resiko keamanannya akan sangat tinggi dan bisa membahayakan ponsel sobat Tekno.

Daftar Aplikasi Berbahaya yang Harus Anda Uninstall

Setelah melihat beberapa ciri yang bisa mengindikasikan suatu aplikasi itu berbahaya, maka Anda bisa lebih aware dan mewaspadainya. Kali ini kami akan membagikan beberapa daftar aplikasi berbahaya yang datanya berasal dari berbagai sumber. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Daftar Aplikasi Berbahaya Hasil Analisa Kaspersky

Tatyana Shiskova yang merupakan seorang analis dari Kaspersky melakukan analisa terhadap beberapa aplikasi yang berbahaya. Berikut beberapa daftar aplikasi berbahaya tersebut:

  1. Super Click VPN
  2. Now QRCode Scan
  3. Easy PDF Scanner
  4. Battery Charging Animation Bubble Effects
  5. Smart TV Remote
  6. Volume Booster Louder Sound Equalizer
  7. Halloween Colorong
  8. Super Hero-Effect
  9. EmojiOne Keyboard
  10. Dazzling Keyboard
  11. Blender Photo Editor
  12. Battery Chargung Animation Wallpaper
  13. Flashlight Flash Alert on Call
  14. Volume Boosting Hearing Aid
  15. Classic Emohi Keyboard

2. Daftar Aplikasi Berbahaya Hasil Riset Kepolisian Belgia

Pada bulan Juni tahun 2021 lalu, pihak Kepolisian Belgia menemukan sekitar 8 (delapan) aplikasi Android yang memiliki isi Malware Joker. Dimana virus ini bisa membuat aplikasi tertentu mencuri uang dari para pemilik ponsel. Semua data diri yang berhubungan dengan pemilik akan diambil oleh virus ini melalui beberapa media. Seperti informasi perangkat, kontak, SMA, dan data One Time Password (OTP).

Jika data tersebut bocor, maka bisa saja ponsel Anda akan disalah gunakan untuk mengambil uang yang ada didalamnya. Tentu hal ini sangat berbahaya dan merugikan bukan? Berikut adalah kedelapan aplikasi tersebut dan bisa segera Anda uninstall:

  1. Travel Wallpapers
  2. Super Message
  3. Go Message
  4. Super SMS
  5. Free CamScanner
  6. Element Scanner
  7. Auxiliary Message
  8. Fast Magic SMS

3. Daftar Aplikasi Berbahaya Hasil Riset Tim Avast

Avast merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi software anti virus untuk komputer dan PC. Pada akhir 2021 lalu, pihak Avast sempat melakukan observasi terhadap berbagai aplikasi yang dicurigai memiliki bahaya adware di dalamnya. Pihak Avast melakukan observasi selama 6 bulan dan melakukan pemindaian sampai dengan 3 kali untuk melihat apakah benar ada dampak berbahaya dari aplikasi tersebut.

Dalam temuannya, pihak Avast menyebutkan bahwa ada banyak iklan yang muncul, bahkan meski saat pengguna sedang tidak membuka aplikasinya. Selain itu, dari segi fungsi aplikasi ini jauh melenceng dari fungsi yang seharusnya. Karena adanya iklan yang sangat banyak itulah kinerja dari aplikasi menjadi sngat buruk dan bahkan bisa berdampak pada kinerja ponsel. Inilah beberapa daftar aplikasi berbahaya tersebut:

  1. Crush Car
  2. Rolling Scroll
  3. Shoot Them
  4. Assasisin Legend
  5. Helicopter Attack – New
  6. Rugby Pass
  7. Helicopter Shoot
  8. Flying Skateboard
  9. Iron it
  10. Find Hidden
  11. Plant Monster
  12. Shooting Run
  13. Find 5 Differences – 2020
  14. Jump Jump
  15. Rotate Shape
  16. Deser Againts
  17. Money Destroyer
  18. Sway Man
  19. Find Differences Puzzle Game
  20. Cream Trip
  21. Props Rescue

Tips Menghindari Aplikasi Berbahaya

daftar aplikasi berbahaya
(sumber gambar: kompas.com)

Setelah mengetahui daftar aplikasi berbahaya, maka kini sobat Tekno tentu diharapkan lebih aware dan berhati-hati. Terutama sebelum melakukan instalasi apapun yang berpotensi besar dari bahaya aplikasi tersebut. Beberapa tips berikut ini bisa menjadi referensi yang baik untuk mencegah aplikasi yang berbahaya:

1. Gunakan Fitur Google Play Protect

Untuk semakin melindungi para penggunanya dari potensi aplikasi yang berbahaya, pihak Google Play pun pada akhirnya memberikan fitur keamanan tambahan. Fitur tersebut adalah Google Play Protect. Keberadaan fitur ini bisa membantu melindungi HP Android yang sobat Tekno miliki dari potensi aplikasi yang memiliki malware. Ketika ingin menginstall aplikasi yang berbahaya, nantinya Play Protect akan memberikan peringatan akan bahaya aplikasi tersebut.

Bahkan bisa saja Play Protect akan menghapus aplikasi tersebut. Untuk mengaktifkannya sobat Tekno bisa masuk ke pengaturan Play Store dan cari opsi Play Protect. Pada menu tersebut silahkan ganti opsi pengaturan dengan pilihan aktifkan dan Scan Device for Security Threats. Dengan begitu, perlindungan pada aplikasi dan perangkat bisa lebih maksimal.

2. Install Aplikasi Hanya dari Play Store atau App Store Saja

Bagi para pengguna Android maupun iOs, akan sangat dianjurkan untuk selalu mengunduh dan memasang aplikasi hanya dari platform yang resmi saja. Dalam hal ini adalah dari Google Play Store untuk Android dan App Store untuk pengguna iPhone. Pasalnya, seperti yangs udang sedikit kami singgung pada bagian sebelumnya platform aplikasi resmi pasti akan memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi.

Karena sebelum sebuah aplikasi bisa masuk ke platform tersebut pasti ada berbagai syarat dan tes tertentu yang harus developer jalani. Sobat Tekno memang bisa saja harus melakukan instalasi diluar dari platform tersebut. Misalnya jika Anda ingin mengunduh suatu game dan untuk mengunduhnya harus lewat website resmi game tersebut. Maka hal ini tetap boleh untuk Anda lakukan.

Yang harus Anda garis bawahi adalah selalu pastikan Anda tahu siapa yang mengeluarkan aplikasi tersebut dan berasal dari sumber yang jelas. Jangan asal menginstall dari website di internet yang bahkan tidak jelas asal-usulnya. Dengan begitu, potensi terkena daftar aplikasi berbahaya bisa Anda hindari.

3. Lihat Ulasan Pengguna

Terakhir, jangan lupa perhatikan juga ulasan dari para pengguna lain ketika menggunakan aplikasi yang ingin Anda unduh. Pasalnya ini bisa menjadi tolak ukur apakah memang aplikasi tersebut aman atau tidak. Jika hasil ulasannya baik, maka Anda bisa lanjut memasang aplikasi tersebut di ponsel. Akan tetapi jika hasilnya buruk, urungkan dahulu niat Anda karena bisa jadi aplikasi tersebut memang memberikan efek yang buruk untuk ponsel.

Nah sobat Tekno, itulah berbagai daftar aplikasi berbahaya yang harus Anda waspadai. Sekaligus juga ciri-ciri aplikasinya dan tips untuk menghindarinya. Semoga dengan informasi ini Anda bisa lebih berhati-hati dan tidak terjebak dalam penggunaan aplikasi yang justru bisa merugikan diri sendiri ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.