Menilik Digimap VS iBox: Mana Tempat Terbaik untuk Beli Produk Apple?

digimap-vs-ibox

Saat akan membeli sebuah iPhone baru, tentu akan ada banyak pertimbangan yang harus Anda lakukan. Mulai dari tipe, kapasitas penyimpanan, budget, hingga tempat membelinya. Untuk membeli iPhone, maka selama ini akan ada dua tempat yang sangat populer publik sarankan. Keduanya adalah Digimap dan juga iBox. Lalu, seperti apa Digimap vs iBox itu? Manakan tempat terbaik untuk membeli unit iPhone baru? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Berkenalan dengan iBox dan Digimap

digimap-vs-ibox
(sumber gambar: malciputrasemarang.com)

Sebelum membandingkan keduanya, maka perlu sobat Tekno kenali dahulu kedua tempat untuk membeli iPhone ini. Berikut profil dari masing-masing tempat jual beli iPhone tersebut:

1. iBox

Melansir dari laman resmi iBox Indonesia, iBox merupakan reseller dan distributor dari berbagai produk premium Apple yang ada di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk Apple sekaligus berbagai aksesoris pelengkap, software, dan lainnya. Sistem dari penjualan pada iBox adalah one stop Apple digital lifestyle shopping. Jadi, ketika Anda berbelanja pada tempat ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman belanja yang interaktif.

Maksudnya, ketika berbelanja sobat Tekno bisa mendapatkan kesempatan untuk menguji, memegang, merasakan, dan menggunakan berbagai produk Apple keluaran terbaru. Ini membuat Anda bisa lebih dekat dengan device yang akan Anda beli. Pengalaman belanja inilah yang akhirnya membuat iBox banyak Apple user pilih untuk berbelanja.

Sebab dengan sistem seperti ini, mereka bisa yakin 100% pada produk yang akan mereka bawa pulang ke rumah. Selain itu, keunggulan lain dari tempat ini adalah adanya pelayanan yang baik saat Anda berbelanja maupun untuk after salesnya. Dengan layanan after sales tersebut, pembeli bisa merasakan bantuan serta panduan saat ada masalah terhadap unit yang sudah mereka beli.

Akuisisi ke Erajaya

Pada tahun 2012, PT. Erajaya Swasembada Tbk melakukan akuisisi iBox dari perusahaan Grandoff asal Singapura. Tepatnya, akusisi ini oleh anak perusahaan Erajaya, yaitu PT. Data Citra Mandiri (DCM). Setelah proses akuisisi tersebut, iBox semakin berkembang dan berdiri di berbagai kota besar yang ada di Indonesia.

Jika dulunya iBox hanya memiliki 20 outlet, maka pada akhir 2012 iBox menambah 13 outlet lagi dengan nilai modal per outlet hingga 2 miliar rupiah. Inilah yang menjadi titik semakin terkenalnya iBox sebagai tempat pembelian produk Apple terkemuka di Indonesia.

b. Digimap

Setelah berada cukup lama dalam bayangan iBox sebagai Official Apple Premium Authorized Reseller, kini hal baru terjadi. Sebab, Digimap hadir sebagai alternatif tempat membeli produk Apple yang bisa masyarakat pilih. Pengelola dari distributor produk Apple yang satu ini adalah dari PT. Mitra Adiperkasa Tbk atau yang populer dengan sebutan MAP Group.

Perusahaan ini sebelumnya sudah sangat terkenal akan reputasinya sebagai perusahaan ritel ternama di Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah Jabodetabek, pasti tidak akan asing dengan MAP Group. Kini, MAP Group menaungi Apple Premium & Authorized Reseller, yaitu Digimap.

Ada banyak sekali produk Apple terbaru sekaligus dengan pilihan aksesorisnya yang lengkap. Semua karyawan di toko ini sudah mendapatkan pelatihan agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk para pembeli. Setiap karyawan akan siap memberikan panduan dan saran terbaik untuk memutuskan produk Apple mana yang paling sesuai untuk mereka. Saat ini, total Digimap memiliki 33 gerai di Indonesia.

Digimap vs iBox: Mana Tempat Terbaik untuk Membeli Produk Apple?

Baik iBox maupun Digimap memang memiliki popularitas yang tinggi sebagai Authorized Reseller produk Apple. Saat akan membeli, pasti rekomendasi yang muncul pertama adalah kedua tempat pembelian ini. Tidak heran ini membuat masyarakat bingung. Sebenarnya, mana sih tempat terbaik untuk membeli produk-produk Apple?

Pada dasarnya, keduanya sama-sama merupakan reseller resmi yang terpercaya. Resiko membeli barang keluaran Apple di kedua store ini sangat kecil daripada Anda harus membelinya di tempat lain. Jadi memang untuk memutuskannya, harus kembali pada preferensi masing-masing. Setidaknya ada 3 (tiga) hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih salah satu store ini:

1. Soal Perbandingan Harga

Pertimbangan Digimap vs iBox yang pertama bisa Anda nilai dari segi harga. Kedua store ini menawarkan harga yang tidak jauh berbeda satu dengan yang lain. Banyak produk Apple yang harganya sama.

Misalnya Anda mendapatkan harga iPhone 11 di iBox sekitar Rp. 7.999.000 untuk varian kapasitas memori terendah. Maka, jika Anda pergi ke store satunya, juga harga yang Anda peroleh pun akan sama. Artinya, kedua store ini sama-sama memiliki harga produk Apple yang bersaing.

2. Soal Pelayanan

Pertimbangan Digimap vs iBox lain juga bisa Anda nilai dari segi pelayanannya. Kedua store memiliki SOP yang jelas untuk setiap karyawan dalam melayani pembeli. Itu berarti, Anda akan mendapatkan pengalaman layanan yang sama baiknya dari kedua store tersebut. Anda akan mendapatkan layanan yang baik dan para petugas atau karyawan akan siap memandu dan menjawab semua pertanyaan Anda terkait produk Apple.

3. Klaim Garansi

Terakhir, Digimap vs iBox pun harus Anda nilai dari segi kemudahan klaim garansi. Karena merupakan reseller resmi dari Apple, maka kedua store ini menawarkan kemudahan klaim garansi yang sama baiknya. Setiap ada permasalahan menyangkut produk, mereka akan siap dan sigap membantu dan mencarikan solusi terbaik untuk device Anda.

Kesimpulannya, mana pilihan store terbaik?

Maka jawabannya adalah tergantung pada preferensi Anda masing-masing. Istilahnya, Anda tidak akan rugi membeli produk Apple di kedua store tersebut. Karena memang statusnya yang resmi dan legal. Jadi gunakan saja pertimbangan yang ada untuk memutuskan mana sekiranya tempat terbaik yang paling sesuai untuk Anda.

Tips Membeli iPhone

digimap-vs-ibox
(sumber gambar: insider.com)

Jika Anda membeli iPhone tidak di iBox maupun Digimap, maka harus berhati-hati. Sebab, status penjual lain selain kedua store tersebut bukanlah reseller atau distributor resmi. Jadi Anda harus lebih berhati-hati agar bisa membeli iPhone dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Cek Reputasi Toko

Tidak masalah jika Anda memang tidak bisa membeli produk Apple termasuk iPhone selain di toko reseller resmi mereka. Akan tetapi, pastikan bahwa toko tempat Anda membeli memang memiliki reputasi yang bagus. Untuk melihat reputasi toko, Anda bisa melihat melalui website maupun testimoni pelanggan. Apabila penilaian pelanggan lain baik, maka semakin baik pula reputasi dari toko yang ingin Anda tuju.

2. Cek IMEI

Setelah reputasi, periksa kondisi IMEI iPhone yang ada pada bagian belakang boxnya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa unit yang akan Anda beli itu asli. Cara mengeceknya, Anda bisa melihat kode IMEI, kemudian masukkan ke website Apple. Dari situ, Anda bisa melihat apakah status iPhone tersebut benar-benar baru atau tidak.

3. Periksa Kondisi Box dan Device

Selanjutnya, cek juga kondisi device dan box iPhone yang akan Anda beli. Tujuannya untuk memastikan bahwa unit tersebut memang benar baru dan tidak ada cacat unti. Periksa setiap sudut box apakah ada kerusakan. Periksa unit iPhone yang akan Anda beli dan pastikan body nya masih benar-benar mulus dan belum dibuka sama sekali.

4. Pilih Toko yang Memiliki After Sales Bagus

Produk-produk Apple memang tidaklah murah. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa ada after sales yang memadai setelah membelinya. Ketika suatu toko memiliki pelayanan purna jual yang baik, maka jika suatu hari ada kerusakan atau masalah pada perangkat Anda, toko tersebut akan siap hadir memberikan solusi terbaik.

Jika sebuah toko tidak memiliki layanan seperti ini, maka hal ini akan sangat merugikan. Sebab jika ada masalah Anda harus mencari cara sendiri untuk memperbaikinya. Padahal, seharunya sebuah toko yang baik melayani pembeli meskipun purna jual. Jadi, pastikan Anda mengecek hal ini dengan baik ya.

Nah sobat Tekno, itulah pembahasan selengkapnya mengenai Digimap vs iBox. Kesimpulannya, kedua store tersebut sama-sama merupakan reseller resmi dan official dari Apple. Artinya, resiko rugi untuk membeli di keduanya sangatlah rendah. Baik iBox maupun Digimap, tinggal Anda sesuaikan saja dengan preferensi dan lokasi terdekat store dari tempat tinggal. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah saat melakukan pembelian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.