Ini Rekomendasi 7 Emulator Android Ringan untuk PC Terbaik

emulator android ringan untuk PC

Kegiatan bermain game di Android memang menyenangkan. Tidak heran, jika kemudian banyak muncul emulator Android ringan untuk PC. Dengan menggunakan emulator, sobat Tekno bisa memainkan game yang harusnya hanya bisa untuk HP, menjadi bisa Anda mainkan di PC. Sayangnya, memang tidak semua emulator memiliki kinerja yang ringan, malah justru ada beberapa yang bisa membuat PC berat.

Tentunya sebagai pemilik PC dan pecinta game Android, Anda tidak ingin PC jadi berat hanya karena memasang emulator bukan? Alih-alih bisa bermain game dengan seru, PC justru menjadi berat dan tidak kencang lagi performanya. Untuk itu, TeknoMagz akan memberikan Anda beberapa rekomendasi emulator Android terbaik. Yuk, simak sampai akhir!

7 Emulator Android Ringan untuk PC

Bagi sobat Tekno yang sedang mencari emulator Android di PC dengan kinerja yang ringan, berikut beberapa aplikasi yang bisa menjadi pilihan:

1. Droid4X

emulator android ringan untuk PC
(sumber gambar: droid4x.cc)

Aplikasi pertama yang kami sarankan adalah Droid4X. Banyak orang yang menggunakan emulator ini karena performanya yang sangat ringan, bahkan bisa Anda gunakan untuk PC dengan RAM 1 GB saja lho! Selain itu, dalam emulator Droid4x Anda juga bisa mendapatkan fitur berupa add-ons. Fitur ini membuat sobat Tekno bisa mengontrol game yang ada di PC, namun menggunakan HP.

Misalnya, Anda sedang memainkan game bertema balapan di PC. Nah, jika menggunakan keyboard untuk navigasi, bisa saja jalannya balapan menjadi kurang seru dan akurat. Dengan menggunakan DroidX, sobat Tekno bisa mengubah smartphone menjadi controller dengan fitur accelerometer. Inilah yang membuat Anda bisa bermain game balap menggunakan sebuah controller tambahan.

Beberapa spesifikasi minimal untuk emulator ini adalah:

  • Sistem operasi : Windows 7/8/8.1/10 (32 atau 64 bit)
  • CPU : AMD/Intel Dual Core Processor
  • GPU : Open GL 2.0 ke atas
  • RAM : 1GB / 4 GB RAM
  • Memory (Free Disk Space) : 2 GB

2. LeapDroid Emulator Android

Rekomendasi emulator Android ringan untuk PC selanjutnya adalah LeapDroid Emulator Android. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh emulator ini adalah kinerjanya yang ringan dan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan kustomisasi atau pengaturan kontroler.

Selain itu, ketike melakukan pengaturan, Anda juga bisa menyesuaikannya menggunakan mouse maupun keyboard. Sobat Tekno juga bisa menggunakan emulator ini secara gratis atau tanpa biasa sama sekali khususnya bagi pengguna Windows.

Beberapa spesifikasi minimal untuk emulator ini adalah:

  • Sistem operasi : Windows 7/8/8.1/10 (32 atau 64 bit)
  • CPU : AMD/Intel Dual Core Processor
  • GPU : Graphical Processing Unit of GL2.1
  • RAM : 2 GB RAM Minimal
  • Memory (Free Disk Space) : Minimal 2 GB

3. NoxPlay

Emulator NoxPlay memiliki kinerja yang ringan dan bisa Anda manfaatkan untuk bermain game Android dengan lancar di PC. Bahkan banyak pengguna yang memberikan testimoni bahwa bermain game Android menggunakan emulator ini terbilang lancar dan tidak ada lag. Tentunya ini sangat patut untuk Anda pertimbangkan bukan?

Selain itu, sama dengan beberapa emulator yang sudah kami sebutkan sebelumnya, NoxPlayer juga memberikan cukup fleksibilitas bagi penggunanya. Anda sebagai gamer bisa menggunakan mouse maupun keyboard untuk mengendalikan game dengan mudah. Tidak hanya itu, ada banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan ketika menggunakan emulator ringan ini.

Beberapa spesifikasi minimal untuk emulator ini adalah:

  • Sistem operasi : Windows 7/8/8.1/10 (32 atau 64 bit)
  • CPU : AMD/Intel Dual Core Processor
  • GPU : Open GL 2.0 ke atas
  • RAM : 1.5GB / 4 GB RAM
  • Memory (Free Disk Space) : 1.5 GB

4. KoPlayer

Emulator Android ringan untuk PC selanjutnya adalah KoPlayer. Banyak orang merekomendasikan emulator ini karena banyaknya fitur untuk meningkatkan performa gaming dan pastinya ringan. Ketika menggunakan KoPlayer, sobat Tekno akan mendapatkan pilihan antara speed dan compatibility sebelum bermain. Keduanya merupakan pilihan untuk memastikan kinerja game tetap lancar.

Jika memilih speed, maka performa emulator akan maksimal. Sementara jika memilih compatibility, ini merupakan pilihan aman yang seimbang antara kinerja dan kenyamanan. Selain itu, KoPlayer juga memberikan fitur tambahan bagi Anda yang ingin menjalankan 2 emulator sekaligus. Tapi sebagai catatan, tentu opsi ini akan membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi!

Emulator KoPlayer juga sudah memiliki dukungan Google Play Store di dalamnya. Jadi, ini membuat Anda tidak hanya bisa mengunduh game dengan mudah, namun juga berbagai aplikasi lainnya.

Beberapa spesifikasi minimal untuk emulator ini adalah:

  • Sistem operasi : Windows 7/8/8.1/10 (32 atau 64 bit), OSX-10.8+
  • CPU : AMD/Intel Dual Core Processor
  • GPU : Open GL 2.1 ke atas
  • RAM : 1.5GB / 4 GB RAM
  • Memory (Free Disk Space) : 10 GB

5. MEmu Play

emulator android ringan untuk PC
(sumber gambar: memuplay.com)

Emulator Android selanjutnya yang juga menawarkan performa ringan dan stabil adala MEmu Play. Dari berbagai rekomendasi, mungkin nama aplikasi ini termasuk dalam jajaran rekomendasi yang paling populer. Pasalnya, MEmu Play menawarkan banyak sekali fitur tambahan yang sangat fleksibel untuk Anda gunakan. Kompabilitas emulator ini juga tergolong bagus, sehingga jarang sekali bermasalah ketika digunakan.

MEmu Play juga sudah memiliki akses root serta tampilan sidebar nya tergolong lengkap. Tentu keberadaan sidebar yang berisi banyak fitur ini akan memudahkan Anda ketika bermain game. Tidak hanya untuk kebutuhan gaming, namun MEmu Play juga bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Memang dari segi ukuran aplikasi, MEmu Play tergolong besar, yaitu 117MB ukurannya.

Akan tetapi, kinerjanya tetap ringan dan kaya fitur sehingga sobat Tekno tidak perlu khawatir. Selain itu, meski sudah dirilis sejak 2015 silam, popularitas emulator yang satu ini juga tidak surut, bahkan cenderung stabil. Ini diakibatkan pihak developer MEmu Play yang terbilang rajin untuk memberikan pembaruan bagi software mereka.

Beberapa spesifikasi minimal untuk emulator ini adalah:

  • Sistem operasi : Windows 7/8/8.1/10 (32 atau 64 bit)
  • CPU : AMD/Intel 64 bit processor
  • GPU : Open GL 2.0 ke atas
  • RAM : 2 GB RAM
  • Memory (Free Disk Space) : 2 GB

6. Phoenix OS

Sebenarnya, Phoenix OS merupakan emulator yang berbentuk Operating System (OS) sehingga bentuknya seperti Microsoft Windows. Akan tetapi, meski bentuknya OS proses untuk memasang emulator ini bukanlah hal yang sulit. Anda tetap bisa menggunakannya dengan ringan dan lancar.

Meski begitu, memang tetap disarankan pengguna Phoenix OS adalah orang yang sudah paham betul soal teknologi. Ini bertujuan agar ketika mengoperasikannya Anda tidak terlalu kesulitan karena memang mekanismenya yang seperti OS.

Beberapa spesifikasi minimal untuk emulator ini adalah:

  • Sistem operasi : Windows 7/8.1/10 (32 atau 64 bit), OSX-10.8+
  • CPU : AMD/Intel Dual Core Processor
  • GPU : Open GL 2.0 ke atas
  • RAM : 2 GB RAM
  • Memory (Free Disk Space) : 4 GB

7. BlueStacks 5

Emulator Android ringan untuk PC selanjutnya adalah BlueStacks. Nama emulator yang satu ini mungkin akan sudah sangat familiar bagi pecinta game bersama dengan MEmu Player. Bukan tanpa alasan, banyak orang yang betah menggunakan emulator ini karena menawarkan kinerja yang ringan namun tetap stabil. Ketika memakainya jarang sekali ada permasalahan yang berarti dan membuat ribet.

Versi terbaru dari BlueStacks adalah BlueStacks 5 yang sangat ringan. Sobat Tekno bisa mengunduh aplikasi ini melalui situs resmi BlueStacks dan bisa Anda unduh dalam beberapa format instalasi. Anda bisa memilih offline installer maupun online installer. Pihak developer atau pengembang dari BlueStacks memang rajin memberikan pembaharuan terhadap aplikasi mereka.

Berbagai pembaharuan yang rutin inilah yang kemudian membuat kinerja dari emulator ini menjadi sangat baik dan ringan. Bagi sobat Tekno yang ingin menggunakan emulator ini juga tidak perlu khawatir soal sistem operasi yang Anda pakai, sebab BlueStacks 5 bisa Anda gunakan untuk komputer berbasis Windows maupun Mac.

Fitur multi instance yang ada pada emulator ini juga bisa membantu gamers ketika bermain game kesayangannya. Anda bisa bermain beberapa game secara bersamaan atau bisa juga bermain game Android yang sama, namun menggunakan akun berbeda secara serentak. Sangat menarik bukan?

Beberapa spesifikasi minimal untuk emulator ini adalah:

  • Sistem operasi : Windows 7/8.1/10 (32 atau 64 bit)
  • CPU : AMD/Intel Processor
  • GPU : Open GL 3.0 ke atas
  • RAM : 4 GB RAM
  • Memory (Free Disk Space) : 5 GB

Nah sobat Tekno itulah beberapa rekomendasi emulator android ringan untuk PC yang bisa Anda gunakan. Berbagai emulator ini memiliki kinerja yang ringan namun tetap kaya fitur untuk menunjang kenyamanan bermain Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.