Game Cyberpunk 2077: Apakah Memang Sesempurna Itu? Ini Reviewnya

game cyberpunk 2077

Salah satu game yang mencuri perhatian banyak gamers karena kualitasnya yang sangat baik adalah game Cyberpunk 2077. Permainan yang satu ini bahkan sempat menjadi buah bibir karena banyak yang membicarakannya. Banyak yang menilai bahwa game ini memiliki tingkatan kualitas yang sangat baik, namun ada juga yang masih memberikan kritik. Lalu, seperti apa sebenarnya game satu ini? Yuk, kita ulasa bersama-sama!

Tentang Cyberpunk 2077

game cyberpunk 2077
(sumber gambar: gamespot.com)

Pada dasarnya Cyberpunk 2077 adalah sebuah game bergenre action RPG yang bercerita tentang sebuah open world atau duni terbuka, yaitu Night City. Disini Anda akan berperan sebagai V, yang merupakan tentara bayaran dan menjalankan serangkaian misi. Game ini merupakan hasil pengembangan dan publikasi dari CD Projekt Red.

Secara resmi, perilisan game ini adalah pada 10 Desember 2020 lalu untuk versi Microsoft Windows, PlayStation 5, Stadia, dan Xbox One. Sementara untuk versi PlayStation 5 dan Xbox Series S/X perilisannya terjadi pada 2021. Kehadrian game ini memang sudah banyak yang mengantisipasi, karena pada 2012 lalu CD Projekt Rekt sudah terlebih dahulu mengumumkan akan membuat game Cyberpunk 2077.

Akan tetapi, setela pengumuman tersebut, pihak CR Projekt Rekt selalu meminta para fans untuk tetap bersabar terlebih dahulu. Sebab, proses pengembangan dan perampungan dari game ini belum selesai. Terhitung delapan setengah tahun kemudian, akhirnya game ini berhasil selesai dan dirilis secara resmi untuk bisa para gamers mainkan.

Karena menunggu lebih dari 8 tahun inilah, banyak yang memiliki ekspektasi sangat tinggi terhadap game ini. Tidak heran jika kemudian, ada banyak sekali komentar dan review beragam dari para gamers seluruh dunia yang memberikan feedback tentang permainan ini. Bahkan banyak yang menyebut bahwa Cyberpunk 2077 adalah game yang fenomenal, namun juga kontroversial.

Review Gameplay Cyberpunk 2077

Ada beberapa hal menarik yang bisa Anda temukan ketika bermain game ini, diantaranya adalah:

1. Penggambaran Night City, Kota Masa Depan yang Apik

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, game ini menggunakan latar tempat berupa sebuah kota futuristik atau masa depan. Nama kota tersebut adalah Night City dan merupakan sebuah kota yang megalopolis. Tidak ada pemerintahan yang berdiri, sehingga yang menopang keberlangsungan kota adalah penduduknya sendiri.

Sayangnya, pengelolaan kota ini cukup buruk sehingga banyak menimbulkan kemiskinan, perang kekuasaan, sampai muncul banyaknya mafia yang menguasai kota. Nah, disinilah Anda akan berperan sebagai karakter yang bernama V. Karakter V akan menjalankan hidupnya sebagai seorang tentara bayaran atau mercenary untuk bertahan hidup.

Nantinya, V harus berkelana dan berpetualang di berbagai sudut Night City dan dalam prosesnya harus membuat kontrak dengan para Fixer. Tujuannya untuk mengumpulkan Eurodollar (uang di dalam game) supaya bisa mengembangkan level karakternya. Penggambaran kota masa depan melalui Night City berhasil diciptakan dengan sangat apik.

Selama bermain, Anda akan melihat sebuah kota megah dengan suasana yang sangat hidup. Bahkan seluruh komponen yang ada di dalam kota tersebut juga berinteraksi dengan baik dan terlihat seperti nyata. Yang lebih memukaunya lagi, setiap sudut kota akan memiliki suasana dan desain yang berbeda, sehingga Anda tidak akan bosan.

2. Bisa Melakukan Customisasi dengan Fleksibel

Anda pun bisa melakukan kustomisasi yang beragam ketika bermain Cyberpunk 2077. Kustomisasi pertama adalah dari gender karakter V yang Anda mainkan. Anda bebas memilih ingin memainkan V sebagai laki-laki dengan karakter Vincent, atau perempuan dengan karakter Valerie. Gender ini bisa Anda pilih sesuai preferensi dan bisa Anda atur di awal permainan.

Selain dari segi gender, Anda pun bisa memilih jalan hidup atau lfepath karakter yang Anda mainkan. Ada 3 (tiga) pilihan lifepath, yaitu sebagai Street Kid (membuat onar dan tentara bayaran), Corpo (mantan agensi korporat yang terlilit masalah), atau bakan sebagai Nomad (orang yang tidak memiliki rumah). Semua karakter ini bebas Anda pilih dan akan mempengaruhi bagaimana karakter V nantinya.

Karakter V pun bisa Anda build dengan item yang berbeda dan kemampuan yang berbeda. Anda bebas ingin membentuk karakter V ini sebagai orang yang seperti apa. Misalkan pandai dalam menggunakan senjata api, pandai bertarung tanpa senjata, dan lain sebagainya. Ini semua bisa Anda kustomisasikan sesuai preferensi.

3. Cara Menyelesaikan Misi yang Bebas

Ketika bermain game Cyberpunk 2077 Anda harus menjalankan misi dan memenangkannya agar bisa menjadi pemenang. Akan tetapi, berbeda dengan game lain yang memiliki cara paten untuk menyelesaikan misi, Cyberpunk justru sebaliknya. Sebab, Anda bisa dengan bebas memilih cara Anda sendiri supaya misi tersebut bisa Anda selesaikan.

Mulai dari dengan cara hacking, stealth, dan lain sebagainya. Anda pun bisa merasakan andrenalin yang cukup menantang karena game ini menggunakan sudut pandang orang pertama atau FPS (First Person Shooter). Inilah yang membuat Anda bisa merasakan suasana pertarungan dengan lebih kental.

4. Butterfly Effects di Misi yang Anda Jalankan

Ketika bermain game ini, Anda akan merasakan jalan cerita yang sangat rapi dan juga ditulis dengan baik. Seiring jalannya cerita, Anda akan bertemu dengan banyak karakter lain yang semuanya memiliki cerita tersendiri. Nah, setiap karakter yang Anda temui ini akan berperan besar terhadap jalan cerita yang sedang Anda jalankan. Meskipun misi sudah selesai, masih ada cerita lain yang bisa Anda jalankan.

Inilah yang membuat Anda bisa merasakan Butterfly Effects dalam permainan yang Anda jalani. Maksudnya, setiap keputusan yang Anda ambil akan mempengaruhi keputusan yang lain. Bisa saja keputusan yang diambil bisa mengantarkan Anda di pertarungan yang sengit, atau justru bisa menyelesaikan misi dengan damai tanpa pertempuran. Jadi, pastikan hati-hati dalam mengambil keputusan.

Review Game Cyberpunk 2077 Keseluruhan

game cyberpunk 2077
(sumber gambar: mainmain.id)

Game Cyberpunk 2077 memang menghadirkan antusiasme yang besar bagi para gamers. Dari segi cerita, gameplay, dan grafis permainan ini memang bisa dibilang memberikan kualitas yang luar biasa. Hal ini pun selaras dengan yang kebanyakan gamers rasakan ketika pertama kali bermain game ini. Bahkan banyak yang memberikan review sangat baik.

Akan tetapi, review yang baik ini justru hanya hadir pada versi PCnya saja. Ya, saat perilisannya Cyberpunk 2077 memang hadir untuk perangkat PC maupun konsol. Di versi PCnya, banyak yang merasakan bahwa performa game ini sangat imbang dan cukup bagus. Baik dari segi jalan cerita, gafis, dan lainnya. Meski ada bug yang menyertai versi PC, namun bug masih ada dalam batas wajar dan tidak terlalu mengganggu.

Overall, Cyberpunk 2077 versi PC memberikan pengalaman main yang seru dan menyenangkan. Akan tetapi, justru versi konsolnya yang mendapatkan review kurang baik bahkan cenderung buruk. Versi konsol yang dimaksud adalah untuk PlayStation 4 dan Xbox One. Hal ini berasal dari performa dan juga adanya bug yang sangat banyak di versi konsol Cyberpunk.

Bahkan review buruk ini juga tampak dari segi ratingnya yang hanya mendapatkan skor 50/100 di Metacritic (5 ulasan) untuk PlayStation 4. Sementara untuk versi Xbox One hanya mencatat skor 51/100 (4 ulasan). Banyak gamers yang mengeluhkan bahwa Cyberpunk 2077 versi konsol seperti game yang setengah jadi karena banyaknya bug yang mengganggu.

Dari segi grafis pun ada juga keluhan dari pemrosesan gambarnya yang tidak maksimal. Contohnya efek ledakan atau tembakan yang sedikit mengalami delay, atau bahkan frame rate yang naik turun. Inilah yang membuat pengalaman bermain versi konsol Cyberpunk 2077 jadi kurang menyenangkan. Akan tetapi, pihak CD Projekt Rekt berjanji akan terus memperbaiki bug kedepannya agar kinerja game bisa membaik di versi konsol.

Kesimpulan

Itulah informasi yang bisa sobat Tekno simak mengenai game Cyberpunk 2077. Secara keseluruhan, permainan ini memang memberikan kualitas yang baik, namun ini berlaku untuk versi PCnya saja. Sementara untuk versi konsol, pengalaman bermainnya belum sebaik itu.

Jadi memang game ini belum terlalu ‘sempurna’, masih perlu banyak perbaikan supaya versi PC maupun konsol bisa tampil memukai untuk para gamers. Tentu inilah yang menjadi PR untuk pengembangnya, yaitu CD Prokekt Rekt. Meski begitu, jika Anda adalah penggemar beratnya, maka versi PC sudah cukup menarik dan menyenangkan untuk dimainkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.