Apple  

Harga iPhone 6S Plus Second, Masih Layakkah di Tahun 2022?

harga iPhone 6S Plus second

iPhone memang menjadi salah satu brand ponsel yang sangat populer di seluruh dunia. Ada banyak sekali seri iPhone yang selalu menarik perhatian karena spesifikasi dan juga kemampuannya. Termasuk seri iPhone 6S Plus yang hadir di tahun 2015 lalu. Lalu, berapa harga iPhone 6S Plus dan seperti apa spesifikasinya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Spesifikasi dan Harga iPhone 6S Plus Second

harga iPhone 6S Plus second
(sumber gambar: techcrunch.com)

Sebelum membahas harga iPhone 6S Plus second, maka perlu sobat Tekno tau juga seperti apa spesifikasi dari ponsel ini. Berikut adalah beberapa spesifikasi yang bisa Anda simak:

  • Layar: 5.5 inches IPS LCD 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio
  • Desain Body: 158.2 x 77.9 x 7.3 mm, 192 gr
  • Prosesor: Apple A9 (14 nm)
  • CPU: Dual-core 1.84 GHz Twister
  • GPU: PowerVR GT7600 (six-core graphics)
  • RAM/ROM: 2GB/ 16GB, 32GB, 64GB, 128GB
  • Kamera Utama: 12 MP, f/2.2, 29mm (standard), 1/3″, 1.22µm, PDAF, OIS
  • Kamera Depan: 5 MP, f/2.2, 31mm (standard)
  • Baterai: Li-Ion 2750 mAh, non-removable
  • OS: iOS 9, upgradable to iOS 15.5
  • Sensor: Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer

Dengan spesifikasi tersebut, maka wajar jika saat peluncurannya dahulu iPhone ini terbilang laris dan sukses merebut hati penggunanya. Sebab, memang seri ponsel ini menawarkan kualitas yang sangat baik daripada ponsel lain dengan kisaran harga yang sama. Nah, jika Anda ingin membelinya maka Anda bisa menyimak harga iPhone 6S Plus second berikut ini tergantung kapasitasnya. Diantaranya adalah:

  • Harga iPhone 6S Plus second 16GB: sekitar Rp 1.550.000 – Rp 2.000.000
  • Harga iPhone 6S Plus second 32GB: sekitar Rp 2.350.000 – Rp 2.600.000
  • Harga iPhone 6S Plus second 64GB: sekitar Rp 2.600.000 – Rp 2.900.000
  • Harga iPhone 6S Plus second 128GB: sekitar Rp 2.900.000 – Rp 3.200.000

Sebagai catatan, harga iPhone 6S Plus second yang kami tuliskan, bisa saja berbeda di tempat Anda membelinya. Sebab, harga ini akan sangat tergantung pada kondisi unit yang akan Anda beli, presentase battery health, kapasitas, dan lain sebagainya. Akan tetapi, harga ini cukup bisa menjadi patokan.

Mengapa Tidak Diproduksi Lagi?

Meski sudah lama, tapi nyatanya ponsel ini masih sangat menarik dan bisa Anda beli dalam kondisi bekas. Rilis pada 25 September 2015, iPhone 6S merupakan seri yang sudah lama dan masih menggunakan model lama dengan adanya tombol home fisik. Apple sendiri sudah menganggap kalau seri ini termasuk dalam model yang kuno sehingga produksinya pun berhenti alias discontinued.

Inilah yang membuat Anda hanya bisa membeli versi bekas atau second dengan harga iPhone 6S Plus yang sudah kami jelaskan seblumnya. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan unit baru tapi dengan presentase yang sangat kecil karena hanya mengandalkan stok yang masih ada. Apabila stok habis, maka hanya versi bekaslah yang bisa Anda miliki. Berikut adalah tanggal berhenti produksi dari seri iPhone 6S Plus selengkapnya:

  • iPhone 6S Plus (kapasitas 32/128GB berhenti produksi pada 12 September 2018
  • iPhone 6S Plus (kapasitas 16/64GB berhenti produksi pada 7 September 2016

Banyak yang bertanya-tanya mengapa Apple sampai harus mengambil keputusan untuk tidak memproduksi lagi seri iPhone ini. Apalagi pada waktu peluncurannya di 2015 lalu, seri 6S dan 6S Plus menjadi salah satu yang paling laris oleh pembeli. Apple sendiri tidak menyatakan secara resmi apa alasan mereka memberhentikan produksi ponsel seri ini.

Namun, karena memang sudah lama banyak yang percaya kalau keputusan tersebut diambil karena memang model yang sudah kuno. Selain itu, sudah ada banyak seri baru yang Apple luncurkan sebagai penerus seri 6S plus. Bahkan sudah ada seri iPhone X, 11, 12, dan 13 yang sudah sangat canggih serta modern. Jadi sangat wajar apabila memang Apple memutuskan untuk menghentikan produksi ponsel ini.

Kelebihan iPhone 6S Plus

harga iPhone 6S Plus second
(sumber gambar: cnet.com)

Saat membeli ponsel ini, Anda bisa mendapatkan beberapa kelebihan yang membuatnya unggul dibanding ponsel dengan harga sekelas. Berikut adalah beberapa kelebihan tersebut:

1. Desain

Pertama, hal yang bisa langsung Anda notice ketika membeli ponsel ini adalah desainnya yang terlihat premium dan cantik. Seperti kebanyakan ponsel iPhone lainnya, seri 6S Plus juga berhasil menghadirkan ponsel yang berkelas dan terlihat sangat premium dengan kualitas bahan materialnya yang sangat baik. Ponsel ini menggunakan bahan alumunium dengan aksen garis atena yang terlihat rapi.

Bahan alumunium membuat feel menggenggam ponsel ini jadi nyaman dan tidak terlalu licin. Selain itu, bahan ini juga membuat sidik jari atau fingerprint tidak mudah menempel di badan ponsel dan membuatnya terlihat mudah kotor. Tentu kualitas ini masih sangat baik di tahun 2022 mengingat kebanyakan ponsel murah di tahun 2022 masih menggunakan material yang murah seperti plastik atau poli karbonat.

iPhone 6S Plus juga memiliki body yang tipis sehingga sangat ringan untuk Anda genggam. Apple juga memberikan beberapa pilihan warna yang cantik, seperti silver, gold, dan space grey. Sementara untuk layarnya juga sudah memiliki perlindungan Corning Gorilla Glass sehingga lebih tahan terhadap goresan.

2. Kamera

Kelebihan kedua yang masih bisa Anda nikmati dari iPhone 6S Plus di tahun 2022 adalah kualitas kameranya. Ponsel ini bisa merekam video sampai resolusi 2160p dan memberikan hasil yang baik. Apalagi Apple juga sudah memberikan teknologi OIS sehingga hasil perekaman video menjadi lebih stabil.

iPhone 6S Plus juga sudah memiliki fitur Live Photo yang bisa membuat Anda menikmati pengalaman mengambil foto yang lebih seru. Dengan fitur ini Anda bisa membuat foto yang bersuara seperti GF maupun video. Dari segi kamera selfie, resolusinya sebesar 5MP.

3. Dukungan Software

iPhone 6S di tahun 2022 juga masih bisa Anda gunakan untuk menginstall beberapa aplikasi populer. Sebut saja Telegram, Whatsapp, TikTok, Tokopedia, Grab, Gojek, Shopee, hingga Instagram. Jadi Anda tetap bisa menggunakannya untuk kebutuhan bersosial media dengan baik dan cukup lancar.

Apakah iPhone 6S Plus Masih Layak di Tahun 2022?

Sebenarnya, ponsel iPhone 6S Plus masih bisa memberikan kinerja yang cukup baik untuk penggunaan harian. Hanya saja, memang sudah tidak ada dukungn update software dan versi chipset yang ada adalah versi lama. Ini tentu menjadi kekurangan terbesar dari ponsel ini karena membuat penggunaan jadi terbatas, terutama untuk aplikasi kekinian.

Selain itu, Apple sudah tidak memproduksi seri ponsel ini lagi sehingga Anda hanya bisa mendapatkan unit dalam kondisi yang bekas. Kalau Anda pintar dalam mencarinya, maka bisa saja unit bekas yang dibeli masih memiliki kondisi yang cukup bagus, tapi tentu kemungkinannya akan sangat kecil sekali. Selain itu, kekurangan terbesar dari ponsel ini adalah baterainya yang kecil.

Ponsel ini hanya memiliki kapasitas 2.750 mAh sehingga akan sangat kurang kuat untuk penggunaan harian. Bahkan meskipun Anda menggunakan ponsel ini secara wajar, maka harus siap mengisi baterainya 3 sampai 4 kali dalam sehari. Tentu kondisi ini akan sangat kurang mengingat ponsel baru sekarang menawarkan kapasitas baterai yang besar dan kuat untuk penggunaan harian.

Terakhir, kekurangan terbesar ponsel ini adalah di segi penyimpanannya yang pilihan maksimal adalah 128GB saja. Saat Anda membeli ponsel dengan kapasitas yang kurang dari itu, misalnya 64GB, maka akan sangat kurang untuk menyimpan berbagai file dan data penting yang ada di ponsel. Apalagi Apple juga tidak menyediakan dukungan kartu memori eksternal.

Jadi, apakah iPhone 6S Plus masih layak di tahun 2022? Jawabannya adalah tergantung. Jika Anda tidak masalah dengan performa yang pas-pasan, baterai kecil, dan tidak ada dukungan software terbaru, maka silahkan beli ponsel ini. Karena memang brand iPhone saja sudah menjadi reputasi yang berkelas bagi pemiliknya.

Tapi, jika Anda tidak bisa memiliki ponsel dengan spesifikasi terbatas dan tidak mementikangkan merk, maka urungkan niat Anda membeli ponsel ini. Karena dengan keterbatasannya, iPhone 6S terasa sangat kurang untuk penggunaan harian, terutama jika Anda adalah orang yang sangat aktif dengan ponsel. Lebih baik tabung lagi uang Anda dan incar iPhone seri 8 keatas yang jelas sudah lebih modern dan kinerjanya bagus.

Nah itulah informasi harga iPhone 6S Plus second dan spesifikasinya. Semoga bisa jadi referensi dan pertimbangan sebelum membeli ponsel ini. Semoga bermanfaat ya sobat Tekno!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.