Review Lengkap Map Kalahari Free Fire dan 6 Tempat Terbaik untuk Looting

map kalahari free fire

Keberadaan sebuah map atau peta dalam permainan Free Fire adalah hal yang sangat penting. Apalagi setiap map tersebut akan memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Para pemain game FF pun bisa memilih peta sesuai dengan preferensi mereka, seperti peta Kalahari. Map Kalahari Free Fire adalah salah satu yang terpopuler untuk dimainkan. Berikut review lengkap dari peta Kalahari.

Sekilas Tentang Map Kalahari Free Fire

map kalahari free fire
(sumber gambar: liquipedia.net)

Map Kalahari Free Fire adalah peta ketiga yang Garena hadirkan setelah peta Bermuda dan Purgatory. Kehadiran peta ini menambah keseruan para gamers ketika sedang bermain rank di game Free Fire. Sejak perilisannya, banyak pemain yang menyukai peta ini karena sangat cocok sebagai tempat survival shooter.

Peta Kalahari sendiri merupakan adaptasi dari sebuah gurun yang ada dunia nyata, yaitu Gurun Kalahari. Ini merupakan gurun populer yang terletak diantara Namibia dan Afrika Selatan. Dari segi tampilan, peta ini tergambar sebagai sebuah gurun pasir yang sangat gersang. Terdapat perbukitan yang bisa Anda manfaatkan untuk tempat snipping atau menembak sekaligus menculik musuh.

Meski memiliki suasana yang gersang, namun sobat Tekno bisa melihat cukup banyak pepohonan yang tumbuh di area ini. Tidak hanya itu, ada juga berbagai peninggalan manusia jaman dulu seperti candi. Di dalam map Kalahari Free Fire pun Anda bisa menemukan beberap akota yang bisa Anda pilih sebagai tempat mendarat atau landing.

Sempat Dibenci Pemain FF

Meski menjadi salah satu tempat favorit untuk snipping, namun tidak sedikit pula pemain yang tidak suka dengan peta ini lho!. Komentar yang bernada negatif tentang peta ini muncul pada awal perilisannya diawal season 16 lalu. Pada saat itu, memang banyak sekali penambahan dan improvements yang Garena lakukan dengan tujuan membuat Free Fire semakin seru dan nyaman untuk semua pemain.

Penambahan tersebut termasuk juga hadirnya map Kalahari Free Fire sebagai peta baru di mode ranked. Akan tetapi, tidak sedikit juga para pemain Free Fire yang malah mengeluhkan kehadiran peta baru tersebut. Bahkan sampai meminta Garena untuk menghapus dan membatalkan kehadiran peta Kalahari. Apa alasannya?

Sebab, banyak yang mengeluhkan jika tampilan peta Kalahari tidak terlalu bagus dan nyaman untuk bermain. Tampilannya yang terlalu gelap dan remang-remang, sehingga sulit untuk melihat lawan dari jarak jauh. Selain itu, peta ini pun masih sangat asing dan dianggap bisa menurunkan kenyamanan ketika bermain.

Akan tetapi, pada akhirnya seiring berjalannya waktu banyak yang kemudian sudah bisa menerima peta Kalahari ini dengan baik. Justru tampilannya yang gelap, menjadi salah satu strategi yang jitu ketika ingin menculik musuh. Banyak komunitas Free Fire pun yang akhirnya membicarakan hal ini. Para pro player Free Fire pun banyak yang turut angkat suara untuk merespon hal ini. Akhirnya isu ini pun mereda dengan sendirinya.

Fakta Menarik Tentang Peta Kalahari

Ada beberapa fakta menarik yang seiring dengan kehadiran map Kalahari Free Fire. Inilah beberapa fakta tersebut:

1. Ukurannya yang Kecil

Apabila Anda bandingkan dengan peta lain seperti Bermuda atau Purgatory, maka bisa Anda lihat bahwa Kalahari adalah peta yang kecil. Bahkan merupakan peta terkecil daripada kedua peta lainnya. Garena pun mengungkapkan bahwa kecilnya ukuran ini bukan tanpa alasan. Tujuannya agar bisa menghadirkan pengalaman bermain yang berbeda untuk para pemain.

2. Memiliki Lebih dari 8 Kota

Peta Kalahari total memiliki 13 kota yang bisa pemain kunjungi. Kota-kota ini pun bisa menjadi lokasi looting yang strategis dan menguntungkan. Beberapa kota tersebut adalah shrines, councill hall, foundation, old hampton, mammoth, santa catarina, confinement, command post, stone ridge, the sub, bayfront, the mast, dan refinery.

3. Punya Banyak Bukit

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, Kalahari tergambar sebagai sebuah padang gurun yang gersang. Tidak heran jika kemudian Anda bisa melihat banyak sekali bukit. Kehadiran banyak bukit ini meang sedikit mengubah META permainan yang biasanya sudah Anda jalankan. Akan tetapi, disisi lain jika Anda pandai memanfaatkan bukit ini maka bisa menjadi keuntungan karena bisa menjadi tempat snipping yang bagus.

Tempat Looting Terbaik di Map Kalahari

map kalahari free fire
(sumber gambar: pcquest.com)

Looting merupakan kegiatan untuk mencari dan mengambil berbagai item selama permainan FF berlangsung. Kegiatan “nge-loot” ini sangat penting karena bisa memperkuat tim Anda untuk menghadapi berbagai fight yang akan datang. Nah, peta Kalahari pun memiliki beberapa lokasi terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan loot. Diantaranya adalah:

1. Santa Catarina

Lokasi Santa Catarina adalah tempat pertama yang bisa Anda gunakan untuk looting. Pasalnya, ada banyak rumah kosong yang bisa Anda datangi untuk mendapatkan berbagai item yang berbeda. Baik itu berupa senjata, helm, vest, dan lain sebagainya. Bahkan banyak juga pemain yang bisa mendapatkan item spesial berupa upgrade vest setelah mencari item berharga di lokasi ini.

Para pro player Free Fire pun juga menyukai tempat ini sebagai lokasi looting mereka. Akan tetap, karena banyak rumah, Anda harus ekstra berhati-hati dengan lokasi ini. Sebab, banyak musuh yang juga akan memanfaatkan rumah-rumah ini untuk bersembunyi. Apabila Anda tidak waspada dan berhati-hati, maka bisa saja Anda justru akan terperangkap masuk ke wilayah musuh.

2. Command Post

Rekomendasi selanjutnya adalah kota Command Post yang menjadi tempat favorit landing atau mendarat bagi banyak pro player FF. Mereka suka mendarat di loksi ini karena ada banyak sekali item looting yang bisa Anda temukan. Bahkan item premium yang sangat bagus seperti weapon loot dan armor kit pun bisa Anda dapatkan di lokasi ini.

Jika sobat Tekno bisa bermain dengan tenang dan memiliki perlengkapan yang memadai, besar kemungkinan untuk memenangkan pertarungan di lokasi ini. Pasalnya, saat early game Command Post sering menjadi tempat fight. Jadi jangan heran jika baru saja mendarat, Anda bisa saja menjumpai musuh dalam jumlah yang cukup banyak.

3. The Maze

Lokasi The Maze hampir berada di titik tengah peta Kalahari. Tepatnya, pada sebalah timur dari kota Refinery dan menjadi tempat yang cenderung tenang dan aman. Karena aman, maka Anda bisa mendapatkan cukup banyak item high-tier ketika melakukan loot di area The Maze. Meski begitu, harus tetap waspada karena musuh pun akan mengincar lokasi ini.

4. The Stone Ridge

The Stone Ridge adalah lokasi lain yang sangat potensial sebagai tempat untuk looting. Pasalnya, ada banyak item yang bisa Anda temukan ketika pergi ke kota ini. Akan tetapi, masih belum banyak pemain yang tau dengan lokasi Stone Ridge ini. Jadi ini bisa menjadi lokasi persembunyian yang cukup aman dan cocok sebagai tempat menyusun strategi perang.

5. Refinery

Letak Refinery sendiri tidak terlalu jauh dari rekomendasi sebelumnya, yaitu The Maze. Ciri khas dari tempat ini adalah sangat erat kaitannya dengan tempat kilang minyak. Tidak heran jika Anda bisa melihat cukup banyak drum ukuran raksasa berisi minyak di tempat ini. Karena itu juga, lokasi ini memiliki banyak item yang tersebar dengan cukup lengkap.

Item itu pun sangat bervariasi, mulai dari helm, senajta, vest, dan lain sebagainya. Keberadaan kilang minyak itu juga membuat lokasi ini sangat cocok utuk tempat bersembunyi. Anda bisa memanfaatkannya sebagai lokasi peperangan yang sudah Anda siapkan strateginya dengan matang.

6. The Sub

Rekomendasi terakhir yang bisa kami berikan adalah The Sub. Ketika ke lokasi ini, sobat Tekno bisa melihat kapal selam yang rusak dalam ukuran yang besar. Kapal selam inilah yang menjadi ciri khas dari The Sub. Lokasi ini sering menjadi tempat fight pada saat permainan baru saja mulai atau early game. Artinya, Anda harus ekstra waspada ketika ke tempat ini.

Akan tetapi, memang akan ada banyak item yang bisa Anda peroleh ketika looting di kota The Sub. Bahkan para pro player pun sering menggunakan lokasi ini sebagai tempat mereka mencari item. Karena jumlah itemnya banyak dan jenisnya tergolong cukup lengkap.

Nah sobat Tekno, itulah review map Kalahari Free Fire selengkapnya yang bisa Anda simak. Pada dasarnya, peta ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri selain peta Bermuda dan Purgatory. Silahkan gunakan satu dari ketiga peta ini sesuai kebutuhan dan strategi tim yang sudah Anda buat. Selamat bermain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.