Inilah Penyebab HP Tidak Bisa di Cas dan Cara untuk Mengatasinya!

penyebab HP tidak bisa di cas

Handphone (HP) memang memiliki peranan dan fungsi yang sangat vital untuk manusia. Benda ini seolah menjadi sarana komunikasi, hiburan, dan produktivitas sehari-hari yang fleksibel. Karena peranannya yang besar inilah kesehatan HP tentu wajib menjadi perhatian para pemiliknya. Namun, apa jadinya jika HP tiba-tiba tidak bisa untuk Anda charge? Tentu Anda harus sesegera mungkin menelusuri penyebab HP tidak bisa di cas agar bisa memperbaikinya.

Biasanya HP yang tidak bisa menjalankan pengisian baterai akan memiliki beberapa tanda khusus. Pertama, baterai yang Anda isi tidak akan bertambah sama sekali persentasenya. Kedua, bisa saja persentase baterai justru menurun, misalnya dari yang awalnya 30% justru setelah cas malah menjadi 29%. Tentu jika sudah seperti ini, sobat Tekno tidak akan bisa menggunakan HP dengan lancar. Lalu, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Dan bagaimana untuk mengatasinya?

Inilah Beberapa Penyebab HP Tidak Bisa di Cas

penyebab HP tidak bisa di cas
(sumber gambar: indiatimes.in)

Perlu sobat Tekno pahami, bahwa HP yang tidak bisa Anda cas diakibatkan oleh beberapa hal tertentu. Sayangnya, para pemilik HP seringkali tidak memahami soal hal ini, sehingga mengabaikannya. Padahal ada juga penyebab yang sebenarnya bisa Anda cegah dari jauh-jauh hari. Selain itu, penyebab HP tidak bisa di cas ini terbagi menjadi 2 (dua) garis besar. Pertama, penyebab yang berasal dari segi hardware dan kedua adalah penyebab yang berasal dari segi software. Mari kita ulas keduanya:

1. Penyebab HP Tidak Bisa di Cas dari Segi Hardware

Hardware atau perangkat keras memiliki arti sebagai komponen fisik yang ada pada suatu perangkat atau device. Dalam hal ini, maka yang penyebab HP tidak bisa Anda cas adalah segala komponen fisik dari HP dan juga alat charger itu sendiri. Apabila berbagai komponen pendukung mengalami kerusakan, maka pengisian baterai di ponsel pun bisa saja gagal.

Misalnya kabel charger yang rusak, adaptor yang rusak, maupun sockets. Selain itu, kerusakan yang ada pada port charger yang ada di HP pun juga bisa menjadi penyebab mengapa ponsel gagal untuk Anda cas baterainya. Solusi dari kerusakan hardware adalah penggantian atau perbaikan pada komponen yang rusak tersebut.

2. Penyebab HP Tidak Bisa di Cas dari Segi Software

Kegagalan pengisian baterai pada HP pun bisa merupakan akibat dari kerusakan yang terjadi pada software. Jika tadi hardware adalah komponen fisik, maka software merupakan perangkat lunak yang ada di HP. Artinya, jika HP tidak bisa Anda isi baterainya maka yang menyebabkan error tersebut adalah sistem yang ada di HP itu sendiri. Errornya suatu sistem yang ada di HP memang bisa saja terjadi dan merupakan hal yang lumrah.

Apabila error terjadi, maka bisa saja proses pengisian daya baterai menjadi gagal. Selain itu, adanya aplikasi pihak ketiga yang Anda install juga bisa saja mempengaruhi proses pengisian daya yang ada di HP. Terakhir, proses update atau pembaruan sistem operasi pada HP yang tidak sempurna juga bisa menjadi penyebab HP tidak bisa di cas.

4 Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Melakukan Pengisian Daya

penyebab HP tidak bisa di cas
(sumber gambar: rd.com)

Apabila Anda sudah memahami apa saja penyebab HP tidak bisa dicas, maka Anda pun bisa memperbaiki kondisi tersebut. Beberapa cara yang bisa Anda tempuh adalah sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki baterai yang tidak bisa Anda isi adalah dengan melakukan restart. Mulai ulang sistem atau restart memang menjadi solusi dari banyak masalah yang terjadi di HP. Sebab, ketika Anda melakukan restart semua sistem yang sekiranya error di HP bisa kembali normal dan berjalan seperti biasa.

Hal ini termasuk jika tiba-tiba HP Anda tidak bisa melakukan pengisian daya. Lakukan restart dengan segera dan biasanya hal ini bisa langsung menyelesaikan permasalahan baterai. Akan tetapi apabila tetap terjadi error, maka sobat Tekno bisa mencoba cara yang lainnya ya.

2. Lakukan Pembersihan Port HP

Seperti yang sudah kami tulis pada bagian sebelumnya, salah satu penyebab HP tidak bisa di cas adalah permasalahan pada portnya. Nah apabila hal ini terjadi coba bersihkan dahulu bagian port HP dengan menggunakan cotton bud atau kain lembut (microfiber). Biasanya bagian port yang memiliki lempengan logam di dalamnya akan rentan sekali oleh kotoran yang berasal dari debu.

Apabila port ini tersumbat oleh debu, maka bisa saja menyebabkan proses pengisian baterai tidak berjalan dengan baik. Matikan terlebih dahulu ponsel baru setelah itu lakukan pembersihan secara perlahan. Jangan sampai Anda merusak bagian logam yang ada di dalamnya. Jika sudah, nyalakan kembali dan coba isi baterainya.

3. Pengecekan Kabel dan Adapter

Selain kedua cara sebelumnya, sobat Tekno harus melakukan pengecekan pada adapter dan juga kabel charger. Sebab bisa saja justru permasalahan tersebut berasal dari perangkat tersebut. Coba secara seksama teliti apakah ada bagian kabel charger yang rusak, seperti sobek, tertetuk, atau lainnya. Jika Anda menemukannya, pilihan terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menggantinya dengan yang baru.

Tapi ingat, selalu pastikan untuk membeli kabel yang original sesuai dengan tipe dan spesifikasi HP yang sobat Tekno miliki ya. Jangan sampai Anda jusru membeli yang palsu atau tiruan, karena hal ini justru bisa berbahaya untuk kelangsungan baterai HP untuk jangka panjangnya. Kemudian untuk bagian adaptor bisa Anda cek dengan cara meminjam adaptor milik orang lain.

Apabila pengisian daya baterai bisa berjalan menggunakan adaptor yang berbeda, maka jelas ada yang salah dengan milik Anda. Sama dengan kabel, jia adaptor Anda bermasalah maka langkah terbaik adalah dengan menggantinya dengan unit yang baru. Dengan begitu, proses pengisian baterai bisa berjalan normal kembali.

4. Lakukan Pembaruan Sistem Operasi

Selain dari segi hardware, sobat Tekno juga sudah mengetahui bahwa kondisi HP yang tidak bisa melakukan pengisian daya adalah akibat dari sistem operasi yang masih lama atau kuno. Hal ini bisa saja terjadi karena jika sistem pada HP masih usang, maka pembaruan terhadap kinerja ponsel tidak akan terjadi. Untuk itulah Anda harus melakukan update OS tersebut. Untuk pencegahan, sebaiknya jika memang ada pembaruan jangan menunda atau mengabaikannya ya!

5. Kondisi Baterai yang Bocor atau Rusak

Ponsel yang setiap hari Anda gunakan juga pasti mengalami penurunan kinerja. Apalagi jika Anda melakukan pengisian baterai dengan buruk dan menggunakan HP untuk pekerjaan yang berat setiap harinya. Tentu kemungkinan rusaknya baterai akan menjadi lebih besar. Untuk melihat kondisi baterai Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan yang ada di HP ataupun dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Beberapa ponsel biasanya sudah memiliki fitur untuk pengecekan kesehatan baterai, seperti iPhone dengan battery health nya atau Samsung dengan fitur perawatan perangkat. Nah, selalu cek kesehatan baterai Anda secara berkala dengan menggunakan aplikasi tersebut. Akan tetapi jika ponsel Anda tidak memiliki fitur tersebut, maka menginstall aplikasi pihak ketiga bisa menjadi solusinya.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa sobat Tekno gunakan untuk melihat kesehatan baterai. Beberapa aplikasi tersebut seperti Ampere, Repair Baterry Life, dan juga Battery Life. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut dan memasangnya di ponsel. Setelah itu lakukan pengecekan baterai yang ada di ponsel Anda. Apakah kondisinya masih bagus atau memang sudah rusak.

Apabila hasilnya masih bagus, maka seharunya beberapa cara sebelumnya yang sudah kami sebutkan sudah cukup untuk memperbaiki kondisi HP yang tidak bisa Anda cas. Namun jika hasilnya buruk, maka pilihan terbaik adalah dengan mengganti unit baru baterai ponsel. Dengan catatan, karena baterai adalah komponen yang sangat vital, maka ganti dengan barang original sesuai merk dan tipe HP ya. Jangan sampai Anda menggunakan baterai KW atau tiruan karena hal ini bisa sangat beresiko.

Nah sobat Tekno, demikianlah beberapa penyebab HP tidak bisa di cas dan cara untuk mengatasinya. Permasalahan pada baterai HP memanglah cukup vital sehingga harus Anda tangani sebaik dan sesegera mungkin. Jadi, pastikan Anda selalu menjaga kesehatan baterai dengan cara merawat perangkat hardware dan melakukan pengisian ulang dengan baik ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.