Rekomendasi Headset Bluetooth yang Bagus Sesuai Kebutuhan!

Rekomendasi Headset Bluetooth yang Bagus Sesuai Kebutuhan!

Pada era digital ini, headset bluetooth yang bagus sudah dapat dengan mudah untuk ditemui. Karena tidak memiliki kabel, Headset Bluetooth menjadi lebih praktis dan memungkinkan penggunanya untuk dapat bergerak dengan bebas. Variasi tipe dari benda yang satu ini juga bermacam-macam, dapat digunakan sesuai kebutuhan pemakaian.

Panduan Dalam Memilih Headset Bluetooth yang Bagus

Karena kepraktisan yang headset bluetooth tawarkan, membuat benda yang satu ini memikat hati banyak orang. Selain kegunaannya untuk mendukung mobilitas saat mendengarkan musik atau melakakukan panggilan, headset bluetooth pun kini memiliki desain sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya. Mulai dari desain yang biasa sampai desain yang mendukung untuk beberapa kegiatan, misalnya sepeti olahraga.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli headset bluetooth, ada begitu banyak cara untuk menentukan Anda dalam memilih produk yang tepat. Karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tentu akan menjadi sebuah pertimbangan yang akan dilakukan sebelum membeli, agar nantinya berguna sesuai dengan kebutuhan.

Setiap jenis dari headset pada umumnya memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing. Yang mana dua hal tersebut akan memengaruhi seberapa sesuai dan cocoknya benda yang akan Anda gunakan ini pada kondisi atau lingkungan tertentu. Cocok atau tdaknya jenis headset tersebut, tergantung dari prefensi Anda. Berikut 4 tipe yang secara umum dapat Anda temuka pada headset bluetooth.

1. Tipe headphone

Tipe dari headset yang berbentuk headphone ini akan mampu memberikan sebuah kualitas suara yang sangat luar biasa, terutama dalam hal menangkap bass. Jenis tipe  headset ini juga akan membuat pengalaman Anda dalam mendengarkan tidak terganggu dari luar, jika Anda bandingkan dengan tipe headset lainnya. Karena tipe yang satu ini dapat memblokir kebisingan atau noise cancelling.

Tipe headset yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin fokus tanpa gangguan dalam mendengarkan musik, ketika bermain game, atau bagi costumer service dalam mendengarkan keluhan para pelanggan. Karena fungsi dari tipe headset ini akan lebih banyak untuk melakukan isolasi suara yang akan Anda dengarkan.

2. Tipe one ear

Tipe headset one ear yang satu ini biasa disebut dengan istilah mono headset, yang pada umumnya memiliki desain satu lubang mikrofon dan satu lubang suara yang akan terintregasi dengan baik. Berbeda dari headset stereo yang memproduksi suara dari lubang kanan dan kiri, tipe yang satu ini biasanya hanya berguna untuk menerima atau melakukan panggilan suara. Hal tersebut menjadikan tipe headset yang satu ini kurang cocok untuk Anda gunakan ketika mendengarkan musik dan hal lainnya.

Selain tanpa menggunakan kabel, headset one ear juga memiliki desain earbud yang kecil dan bahkan juga memiliki sebuah pengait yang akan berguna untuk headset dapat menetap pada telinga. Jika Anda merupakan seseorang yang aktif dalam berkomunikasi melalui smartphone, tipe yang satu ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Nantinya Anda dapat berkomunikasi dengan headset tipe ini tanpa perlu mengganggu konsentrasi dan aktivitas pada hal lain, misalnya seperti ketika Anda sedang mengendarai mobil.

3. Tipe neck

Dengan tipe headset yang satu ini, Anda tidak perlu lagi berurusan dengan kabel yang menggulung dan kabel kusut yang mengganggu aktivitas Anda. Headset tipe neck ini dapat Anda gunakan untuk waktu yang lama, karena dalam penggunaannya tidak akan memberikan sebuah tekanan pada kepala Anda. Dan sebagai gantinya, tipe headset yang satu ini akan menempatkan kalung leher atau neckband supaya tetap pada posisinya.

Tipe headset neck ini memiliki dua jenis, yaitu on-ear dan in-ear. Kedua jenis tersebut dapat Anda gunakan ketika melakukan perjalanan jauh atau saat Anda berolahraga. Selain mengutamakan kenyamanan, biasanya daya tahan baterainya akan bertahan lebih lama, serta kemampuan dalam melakukan isolasi pada kebisingannya terbilang cukup baik.

4. Tipe complete separation

Tipe headset yang satu ini merupakan jenis baru dari headset bluetooth, yang mana tidak menggunakan kabel yang berguna sebagai sebuah penghubung antar dua earphone. Karena desainnya yang demikian, tipe complete separation headset ini akan berukuran lebih kompak, namun akan tetap menghasilkan suara yang memiliki kualitas baik.

Mespikun kompak, pada umumnya tipe headset yang satu ini ukurannya terbilang lebih besar dari pada earphone. Hal tersebut membuat bantalan telinganya akan menutup telingan dengan penuh dan suara yang headset ini hasilkan akan lebih kuat. Karena headset tipe ini memiliki ukuran bantalan telinga dengan ukuran besar, membuatnya tidak teganggu pada kebisingan dari luar atau minim noise.

Mengenali Kualitas Audio pada Setiap Produk

Rekomendasi Headset Bluetooth yang Bagus Sesuai Kebutuhan!
wallpaperflare.com

Baik atau buruknya sebuah kualitas audio pada headset bluetooth akan dapat Anda lihat dari tiga faktor, yaitu frequency response, sensitivity, dan driver. Frequency response merupakan faktor yang akan menentukan aliran pada musik yang Anda dengarkan, misalnya pemilihan bass-nya rendah agar menghasilkan sebuah dentuman suara yang menggelegar.

Selanjutnya sensitivity, merupakan faktor yang akan menentukan tingkat dari kenyamanan suara pada telinga Anda. Umumnya pilihan yang akan jadi rekomendasi Anda dalam hal kesehatan telinga, ada pada tingkat mid-range. Dan yang terakhir adalah diver, yang memiliki pengaruh pada kualitas dari treble, mid audio dan bass. Jika kualitas driver semakin baik, tentunya kualitas dari audio pun akan semakin bagus.

1. Pilih yang Daya Tahan Baterainnya Tahan Lama

Sumber daya dari headset bluetooth merupakan salah satu hal yang membedakannya dari headset kabel. Sumber daya yang headset kabel pakai berasal dari sebuah ponsel, sedangkan untuk headset bluetooth memakai baterai rechargeable. Sebaiknya pilih produk dengan daya tahan baterai yang cukup lama. Ada beberapa headset yang hanya dapat dan mampu bertahan selama 5 jam, namun ada juga yang mampu bertahan sampai 15 jam lebih.

2. Mempertimbangkan Produk dengan Fitur Anti Air Atau Anti Keringat

Bagi sebagian orang yang memakai headset ketika berolahraga, tentu jenis headset anti air atau anti keringat ini sangat cocok. Karena ketika berolahraga, pastinya badan akan mengeluarkan keringat. Maka dari itu, headset dengan bahan dasar karet atau plastik yang tahan air sangat rekomen untuk Anda pillih. Dan juga pastikan headset tersebut bersertifikasi kedap air sekitar IPX4 atau pun lebih.

Walaupun tahan air dan juga keringat, tidak menjadikan headset ini dapat Anda gunakan untuk berenang. Karena jenis perlindungan dari headset jenis ini hanya terbatas untuk tetesan air berskala kecil seperti keringat atau air hujan, agar system driver tidak rusak.

3. Mengecek kompatibilitas headset

Format codec atau pengkodean transmisi dan driver (penghasil suara) akan menentukan kualitas audio pada headset bluetooh. Codec yang umum dan sering ditemukan pada perangkat bluetooth yang murah biasanya AAC dan SBC. Codec yang memiliki kualitas tinggi, akan menghasilkan audio yang baik.

4. Versi Bluetooth akan memengaruhi kualitas

Stabilitas serta buffering menjadi hal yang membedakan headset Bluetooth dengan headset kabel. Gangguan pada sinyal headset bluetooth akan sering terjadi jika kita bandingkan dengan headset kabel, karena letensinya yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan stabilitas dan mengurangi latensi tersebut, Anda baiknya menggunakan headset yang memiliki teknologi bluetooth versi tinggi.

Rekomendasi Headset Bluetooth yang Bagus

Setelah mengetahui beberapa cara dalam memilih headset Bluetooth, berikut adalah rekomendasi top 5 headset untuk Anda:

1. Apple AirPods Pro

Rekomendasi Headset Bluetooth yang Bagus Sesuai Kebutuhan!
www.kindpng.com

Apple, perusahaan teknologi yang terbaik dalam memproduksi barang-barang elektronik. Salah satunya headset wireless-nya, yaitu Airpods Pro. Sesuai dengan namanya “Pro”, produk yang satu ini memiliki kelengkapan peredam kebisingan yang aktif dengan sebuah suara yang imersif. Harga yang dibandrol untuk Airpods Pro sekitar mulai dari Rp 3.200.000 sampai Rp 4.200.000.

2. Samsung Galaxy Buds Pro

Rekomendasi Headset Bluetooth yang Bagus Sesuai Kebutuhan!
samsung.com

Samsung juga termasuk perusahaan teknologi terbaik yang memproduksi barang-barang elektronik, salah satu produknya Samsung Galaxy Buds Pro. Sama seperti produk sebelumnya, produk yang satu ini juga dapat meredam kebisingan aktif dan menyaringnya sampai 99%. Spesifikasi lainnya adalah teknologi pro-grade yang belum pernah ada sebelumnya. Harga yang dibandrol untuk Samsung Galaxy Buds Pro ini sekitar Rp 2.299.000.

3. JBL T450BT

Rekomendasi Headset Bluetooth yang Bagus Sesuai Kebutuhan!
jbl.com

Selain Desain tampilan dari JBL T450BT yang kompak, mudah untuk dilipat, serta sangat cocok dalam menunjang gaya hidup. Headset dengan model headphone eracu[ ini beratnya cukup ringan, sehingga nyaman untuk Anda gunakan bahkan untuk kegiatan berolahraga. Kualitas audio yang produk ini miliki menjuarai dari segi bass, tetapi mid-range nya tetap seimbang. Harga yang dibandrol untuk JBL T450BT mulai dari sekitar Rp 800.000.

4. Sony WH-CH510

Rekomendasi Headset Bluetooth yang Bagus Sesuai Kebutuhan!
sony.co.id

Dengan dukungan dari baterai Tesla, produk yang satu ini dapat Anda gunakan untuk memutar music sampai 1 hari lebih tanpa henti. Namun bagian earcup pada Sony WH0-CH510 ini belum cukup dalam meredakan kebisingan dari luar, akan tetapi sudah mengusung sebuah standar bluetooth versi terbaru yaitu 5.0. Harga yang dibandrol untuk Sony WH0-CH510 sekitar Rp 600.000 sampai Rp 1.000.000 ke atas.

5. Baseus Encok S06

baseusindonesia.com/

Produk yang satu ini merupakan jenis headset neckband in-ear, lengkap dengan tombolnya fisik dan kabelnya yang pipih. Baseus Encok S06 cocok untuk kegiatan berolahraga, karena headsit ini tidak mudah pindah posisi. Meski[un masih menggunakan Bluetooth 4.1, namun dentuman bass yang produk ini hasilkan cukup kuat dan suaranya pun jernih. Harga yang dibandrol untuk Baseus Encok S06 sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000 ke atas.

6. Anker SoundBuds NB10

www.kindpng.com

Anker merilis Anker SounBuds NB10 dengan rancangan dari kombinasi karet dan plastik, serta anti air. Karena material tersebut, produk ini sangat mendukung kegiatan berolahraga Anda. Selain desainnya yang neckband over-ear, produk ini juga lengkap dengan hook fleksible, dapat mengikuti kontur telinga sehingga tidak mudah jatuh. Harga yang dibandrol untuk Anker SounBuds NB10 sekitar Rp 400.000 sampai Rp 800.000.

7. Joyroom JR-S2

www.edokandar.com

Ukurannya yang mini dan hampir tidak terlihat jika Anda pakai, serta bahannya yang berupa silikon ringan, membuat Anda leluasa dalam melakukan kegiatan. Bahkan untuk kegiatan berolahraga sampai kegiatan ringan pun masih dapat Anda gunakan. EDR produk ini mampu melakukan koneksi hingga jarak 10 meter. Harga yang dibandrol untuk Anker SounBuds NB10 sekitar Rp 200.000 sampai Rp 400.000 ke atas.

Itulah rekomendasi headset bluetooth yang bagus, serta beberapa cara yang mendukung Anda untuk memilih tipe produk mana yang sesuai dengan Anda. pastikan untuk ingat waktu dalam menggunakannya dan gunakanlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.