Mudah! Ini Cara Membuat dan Membuka Scan QR Code Google Chrome

scan QR code google chrome

Google Chrome merupakan sebuah browser dari Google yang sangat kaya akan fitur. Salah satu fitur terbaru yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan adalah scan QR code. Dengan adanya scan QR code Google Chrome ini, Anda akan sangat terbantu ketika bertemu dengan kode QR yang harus Anda baca. Lalu, seperti apa cara pakainya? Yuk, simak informasinya berikut ini! 

Berkenalan dengan QR Code 

scan QR code google chrome
(sumber gambar: planetgadget.store)

Inovasi di bidang teknologi memang selalu diciptakan untuk semakin mempermudah kegiatan manusia. Salah satunya adalah lewat QR Code. QR Code merupakan singkatan dari Quick Response Code. Artinya merujuk pada sebuah barcode berbentuk dua dimensi yang bisa memiliki berbagai jenis informasi secara langsung. Sederhananya, ketika Anda membuka kode ini, maka akan terbuka informasi yang sebelumnya sudah disematkan di dalamnya. 

Untuk dapat membuka atau membaca kode QR ini, sobat Tekno akan membutuhkan media pemindaian atau scan. Umumnya, scan tersebut bisa Anda lakukan dengan berbekal smartphone atau ponsel. Keberadaan kode QR memiliki nilai yang lebih efektif dan praktis. Pasalnya, di dalam kode ini akan lebih banyak data yang tersimpan di dalamnya. 

Lalu, seperti apa bentuk QR Code? Jika Anda amati, kode QR ini akan berbentuk kotak persegi dengan komponen titik hitam dan juga spasi putih. Setiap elemen ini akan memiliki makna dan informasi tersendiri. Adanya kode  QR ini bukan tanpa alasan, karena ada banyak fungsi menarik yang bisa Anda rasakan dengan menggunakannya. Berikut adalah beberapa fungsi dari QR Code: 

1. Mempermudah Proses Transaksi Jual Beli 

Fungsi pertama dari kode QR adalah untuk memudahkan manusia saat melakukan transaksi jual beli. Pasalnya, QR Code bisa menjadi sarana untuk menyimpan nomor rekening atau menjadi tujuan akun pembayaran dari seseorang. Dengan melakukan pemindaian atau scan kode ini, Anda bisa melakukan transfer dengan mudah dan cepat. Potensi kesalahan tujuan transfer pun bisa lebih diminimalisir. 

2. Menghubungkan Jaringan Wi-Fi 

Adanya kode QR pun bisa Anda manfaatkan untuk menghubungkan Anda ke suatu jaringan Wi-Fi. Ini membuat Anda bisa membagikan koneksi dengan mudah dan cepat hanya melalui kode tersebut. 

3. Membagikan Informasi Tertentu 

Fungsi dari kode QR yang terakhir adalah bisa sangat membantu Anda dalam membagikan suatu informasi tertentu. Pasalnya, dalam kode tersebut bisa Anda sematkan berbagai informasi untuk kemudian Anda bagikan dengan orang lain. Informasi di dalamnya juga bisa sangat beragam. Mulai dari informasi berbentuk teks hingga alamat link atau URL tertentu. 

Cara Membuat dan Membuka Link dengan Scan QR Code Google Chrome 

scan QR code google chrome
(sumber gambar: google.com)

Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan di Google Chrome adalah opsi scan QR code. Lewat fitur ini, Anda akan dapat melakukan 2 (dua) hal sekaligus. Pertama, Anda bisa membuat QR code yang berisi link tertentu dengan Google Chrome. Kedua, Anda bisa membaca QR code menggunakan Google Chrome. 

Kedua manfaat ini memiliki manfaat dan cara penggunaan yang berbeda. Berikut adalah ulasan selengkapnya:

1. Membuat QR Code dengan Google Chrome 

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, sebuah QR code bisa memiliki banyak jenis informasi. Mulai dari teks sampai dengan URL atau link yang mengarah ke website tertentu. Nah, sobat Tekno pun bisa menggunakan Chrome untuk membuat kode QR yang berisi URL atau link dengan mudah dan cepat. 

Cara ini bisa Anda praktekkan melalui aplikasi Google Chrome yang sudah Anda miliki. Bisa lewat ponsel atau smartphone, maupun lewat komputer atau laptop. Berikut cara membuat scan QR Code Google Chrome selengkapnya: 

  1. Masuk ke aplikasi Google Chrome yang Anda miliki. Setelah itu lakukan penelusuran seperti biasa yang mengarah ke halaman website tertentu. Misalnya dalam hal ini Anda mengunjungi artikel dari TeknoMagz yang berjudul Cara Menggunakan Allsmo.com untuk Tambah Followers IG, Mudah!
  2. Setelah membaca artikel tersebut, bisa jadi Anda merasa informasi yang Anda dapatkan sangat bermanfaat dan ingin membagikannya ke orang lain dalam format QR Code. Jika ingin membagi URL artikel tersebut lewat QR Code, maka silahkan klik titik tiga pada halaman Chrome yang sedang Anda buka 
  3. Kemudian pilih opsi Bagikan atau Share. Selanjutnya sobat Tekno bisa melihat berbagai media dan format untuk membagikan URL artikel yang ingin Anda bagikan. Pada tahap ini pilih opsi Kode QR atau QR Code
  4. Setelah itu, Anda akan menuju halaman QR Code dari Google Chrome. Anda bisa melihat ada 2 tab terbuka dengan menu yang berbeda. Satu adalah bagikan dan satunya lagi adalah pindai 
  5. Jika Anda ingin membagikan sebuah link URL lewat kode QR, maka Anda harus memilih tab menu Bagikan 
  6. Pada halaman Bagikan, ada sebuah kotak QR Code yang sudah terbentuk dan pada bagian bawahnya ada tulisan Download 
  7. Klik opsi Download tersebut supaya Anda bisa mengunduh QR Code dari artikel yang ingin Anda bagikan 
  8. Nantinya secara otomatis kode QR tersebut akan masuk ke media galeri Anda berbentuk gambar. 

Cara Menggunakan

Untuk membagikannya ke orang lain, cukup kirimkan saja kode QR yang berformat gambar atau foto tersebut. Jika orang yang mendapatkan kode tersebut kemudian membukanya dengan aplikasi scanning atau pemindaian kode QR, maka secara otomatis ia akan menuju halaman yang Anda bagikan sebelumnya. Dalam hal ini, mereka akan langsung mengarah ke halaman artikel TeknoMagz yang sedang Anda baca tadi. Sangat mudah bukan?

2. Memindai QR Code dengan Google Chrome 

Tidak hanya untuk membuat kode sendiri, fitur scan QR Code Google Chrome pun bisa Anda gunakan untuk melakukan pemindaian atau scan. Saat memanfaatkan fitur ini, Anda bisa membuka informasi apa yang tersimpan dalam suatu kode QR yang sedang di scan. Untuk memanfaatkan fitur ini pun sangat mudah, seperti berikut: 

  1. Langkah pertama silahkan buka situs apa saja bebas melalui aplikasi Google Chrome yang ada di ponsel atau smartphone. Cara termudah, buka saja situs Google.com 
  2. Jika sudah, klik titik tiga pada halaman Chrome yang sedang Anda buka. 
  3. Lanjutkan dengan klik opsi Bagikan atau Share. Pada tahap ini pilih opsi Kode QR atau QR Code
  4. Selanjutnya sobat Tekno akan menuju halaman QR Code dari Google Chrome. Anda bisa melihat ada 2 tab terbuka dengan menu yang berbeda. Satu adalah bagikan dan satunya lagi adalah pindai 
  5. Jika Anda ingin memindai atau melakukan scan pada sebuah kode QR, maka klik tab menu Pindai 
  6. Nantinya akan terbuka jendela baru dan secara otomatis Google Chrome akan menggunakan aplikasi kamera bawaan yang ada pada ponsel untuk membaca kode QR. Untuk bisa menggunakannya, sobat Tekno hanya perlu mengarahkan kamera pada kode QR yang ingin Anda baca 
  7. Apabila sudah terbaca, nantinya akan muncul berbagai informasi yang terdapat dalam kode QR tersebut. Jika informasinya hanya berupa teks belaka, maka Anda bisa melihat uraian teks tersebut. Namun jika informasi yang ada di dalam kode QR tersebut adalah berisi sebuah URL atau link, maka Anda secara otomatis akan dibawa ke halaman URL tersebut. Sangat mudah bukan cara pakainya?

Catatan Tambahan

Tapi sebagai catatan, khusus untuk fitur pemindaian atau scan QR code Google Chrome yang satu ini hanya bisa Anda lakukan melalui ponsel atau smartphone saja ya. Tidak bisa lewat komputer (PC) maupun laptop. Sebab, untuk memindai sebuah kode QR sistem akan membutuhkan kamera yang berfungsi sebagai media pemindaian. 

Sementara itu, komputer dan laptop tidak bisa mengakomodasi hal tersebut. Jadi jika sobat Tekno ingin memanfaatkan fitur Google Chrome yang satu ini,pastikan hanya mengaksesnya melalui ponsel atau smartphone saja. Dengan cara yang mudah dan cepat, tentu Google Chrome bisa menjadi salah satu alternatif jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi pihak ketiga atau aplikasi lain hanya untuk membaca atau membuka kode QR. 

Nah sobat Tekno, itulah uraian selengkapnya mengenai fitur scan QR Code Google Chrome yang bisa Anda manfaatkan. Baik untuk membuat kodenya maupun melakukan pemindaian atau scanning. Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.