Bangga! Timnas Indonesia Free Fire Raih Emas di Sea Games 2021

timnas Indonesia Free Fire raih emas di SEA Games

Berita yang membanggakan hadir dari cabang e-sports Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021. Khususnya dari cabang Free Fire. Timnas Indonesia Free Fire raih emas di SEA Games setelah sebelumnya tampil sebagai juara grup. Selain emas, timnas FF juga berhasil mendapatkan sebuah perak. Lalu, bagaimana perjalanan timnas ini? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Gelaran SEA Games 2021 Cabang E-Sports

Perhelatan SEA Games ke-31 atau 31st SEA Games, yang berjalan 12-23 Mei 2022 lalu memang menghadirkan banyak cerita dari berbagai cabang olahraga. Sebenarnya SEA Games ke-31 ini dijadwalkan pada 21 November sampai 2 Desember 2021 lalu. Akan tetapi karena adanya virus corona, maka acaranya harus mundur sampai ke tahun ini.

Pada pesta olahraga tersebut, ada total 40 cabor (cabang olahraga) dan melibatkan 11 negara yang ada di Asia Tenggara. Salah satu cabor yang menarik banyak perhatian adalah e-sports. Cabang olahraga e-sports terbilangmasih sangat baru. Ya, jika dulunya olahraga yang masuk ke cabor SEA Games hanya itu-itu saja, maka kini e-sports pun masih ke dalam salah satu cabornya.

Total ada 8 buah game yang terlibat dalam 10 nomor cabang olahraga ini. Mulai dari League of Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, Free Fire, League of Legends (PC), FIFA 4 (PC), Crossfire (PC), dan juga Mobile Legends: Bang Bang. Sebelas negara yang mengikuti pesta olahraga ini berlomba mengirimkan tim terbaik mereka, salah satunya Indonesia.

Timnas Indonesia untuk Game Free Fire: Roster Lengkap

timnas Indonesia Free Fire raih emas di SEA Games
(sumber gambar: pikiran-rakyat.com)

Pertandingan untuk game Free Fire sendiri baru berjalan pada 13 Mei 2022 yang lalu. Game Free Fire menjadi ajang pembuka dari pertandingan cabor e-sports SEA Games 2021. Setelah Free Fire resmi mulai, maka game lainnya akan menyusul penyelenggaraanya.

Pada perheltan pesta olahraga ini Indonesia merupakan salah satu lawan yang kuat bagi negara lain. Sebenarnya potensi ini tidak hanya tampak dari Free Fire saja, namun pada game lain Indonesia memang memiliki banyak pemain yang bertalenta. Pada cabang Free Fire, tentu banyak negara lain yang mewaspadai Indonesia bisa menjadi suatu keunggulan sekaligus kerugian.

Untung karena hal ini bisa menjadi pemicu dan penambah rasa percaya diri dari tim Free Fire. Akan tetapi, kerugiannya semua tim sudah menyiapkan amunisi terbaik mereka agar bisa mengalahkan Indonesia. Tim Indonesia sendiri terdiri atas 2 (dua) regu yang berangkat ke Vietnam untuk perhelatan SEA Games 2021.

Tim pertama memiliki nama regu Tim Garuda dan tim kedua adalah Tim Rajawali. Berikut adalah roster dan staff inti dari timnas Indonesia cabang Free Fire:

1. Tim Indonesia 1 (Tim Garuda)

Untuk tim Garuda memiliki susunan roster yang berasal dari tim e-sports RRQ. Berikut adalah daftarnya:

  • Razor (RRQ)
  • Jars (RRQ)
  • Legaeloth (RRQ)
  • Maybee (RRQ)
  • Pacman (RRQ)

2. Tim Indonesia 2 (Tim Rajawali)

Sementara untuk tim kedua, susunan rosternya sedikit berbeda karena berasal dari tim campuran. Berikut adalah daftarnya:

  • Jujun (EVOS)
  • Rhama (RANS)
  • Reeva (DG)
  • Raff (FE)
  • Renzz (DEWA)

3. Staff Inti Pendamping

Selain pemain utama yang terbagi dalam 2 tim, timnas Free Fire asal Indonesia pun di dampingi oleh beberapa staff. Anggota staff ini terdiri dari satu orang analyst, manager, dan juga pelatih (coach). Berikut adalah daftarnya:

  • Pelatih: Coach Fayad
  • Analyst: Ahmad Fadly Masturoh
  • Manager: Adi Gustiawan

Dengan daftar roster dan pelatih inilah, prestasi dan raihan cemerlang timnas Free Fire berhasil didapat oleh Indonesia.

Timnas Indonesia Free Fire Raih Emas di Sea Games 2021

Kabar timnas Free Fire raih emas di SEA Games memang sangat membanggakan. Khususnya bagi masyarakat pecinta game ini. Secara total, timnas FF menyumbangkan 2 (Dua) medali untuk Indonesia, yaitu medali emas dan perak. Yang lebih membanggakannya lagi, emas dan perak tersebut mereka peroleh karena yang berlaga di partai final, adalah tim dari Indonesia.

Jadi dalam partai final yang terjadi pada game Free Fire tersebut, tim Indonesia 1 (Garuda) harus melawan tim Indonesia 2 (Rajawali). Tentu pertarungan di partai final ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa memang tim dari Indonesia bukanlah lawan yang bisa dipandang sebelah mata. Setelah berhasil menyisihkan berbagai negara lain, akhirnya keduanya lah yang tampil sebagai pemenang.

Timnas Free Fire raih emas di SEA Games setelah berhasil menjadi pemenang klasemen akhir SEA Games. Tim Indonesia 1 atau Tim Garuda berhasil mengumpulkan total poin sebanyak 236 dan 3 Booyah!. Raihan poin ini mereka dapatkan dengan format 113 poin placement dan 123 poin kills.

Perjalanan Hingga ke Final

Perjalanan dari tim 1 dan 2 Indonesia memang tidaklah mudah. Mereka bertanding dengan format 7 maps, dengan negara lain. Berikut highlights pertandingannya:

  • Pada ronde pertama, tim Garuda berhasil mendapatkan Booyah dan mengumpulkan 19 poin. Tim Rajawali mengikuti pada posisi kedua dengan mengumpulkan lebih banyak poin, yaitu 26.
  • Sementara pada ronde kedua, tim Garuda mendapatkan peringkat tiga, sedangkan untuk tim Rajawali harus turun ke posis lima
  • Lanjut pada ronde pertandingan ketiga, tim Garudan mampu bertengger di posisi kedua. Sedangkan tim Rajawali berada pada bawah mereka, yaitu pada peringkat tiga
  • Sayangnya, pada ronde keempat kedua tim meraih posisi yang kurang baik. Tim Garuda mendapatkan posisi tujuh, sedangkan tim Rajawali meraih posisi lima.
  • Akan tetapi pada ronde kelima, kedua tim menunjukkan permainan yang lebih baik. Akhirnya, tim Garuda meraih posisi empat sedangkan tim Rajawali meraih posisi enam
  • Ronde keenam, penampilan tim Indonesia mulai stabil dan menunjukkan hasil yang baik. Tim Garuda meraih posisi kedua, sementara tim Rajawali pada posisi tiga
  • Pada ronde ketujuh atau ronde terakhir, tim Garuda konsisten berada pada posisi tiga besar. Sementara untuk tim Rajawali, harus puas berada pada peringkat sembilan.

Meski tidak mendapatkan posisi atas selama pertandingan, namun raihan poin total dari tim Indonesia, baik Garuda maupun Rajawali tidak dapat negara lain kejar. Dari 10 tim tersebut, akhirnya tim Indonesia 1 (Garuda) dan tim Indonesia 2 (Rajawali) lah yang berhasil menyabet posisi juara pertama dan kedua.

Tim Garuda atau Indonesia 1 berhasil memberikan sumbangan medali emas untuk negara. Semetara tim Rajawali atau Indonesia 2, menyumbangkan medali perak. Untuk posisi juara tiga, diambil oleh tim Thailand 2 yang membawa pulang medali perunggu.

Dapatkan Dana Pendidikan dan Pelatihan 1 Miliar dari Garena

timnas Indonesia Free Fire raih emas di SEA Games
(sumber gambar: media-suara.com)

Keberhasilan timnas Indonesia Free Fire raih emas di SEA Games 2021 memang patut mendapatkan apresiasi yang sangat besar. Hal ini jugalah yang membuat PT. Garena Indonesia memberikan bentuk apresiasi tertinggi mereka dengan memberikan dana pendidikan dan latihan olahraga elektronik (e-sports). Jumlah tunjangan ini sangat besar, bahkan mencapai nilai 1 miliar rupiah.

Hal ini disampaikan langsung oleh pihak Garena Indonesia, melalui Country Head mereka, yaitu Hans Saleh. Beliau mengatakan bahwa Garena memberikan apresiasi yang sangat tinggi untuk tim Garuda yang berhasil meraih emas dalam SEA Games 2021. Apreasiasi yang setinggi mungkin juga mereka berikan untuk tim Rajawali yang juga berhasil mendapatkan raihan medali perak.

Selain sebagai bentuk apresiasi bagi para pemain, Hans Saleh juga mengungkapkan bahwa tunjangan ini sebagai salah satu dari wujud nyata komitmen Garena dalam turut serta memajukan ekosistem e-sports di Indonesia.

Pemberian apresiasi ini tentu saja mendapatkan respon yang positif dari Pengurus Besar E-sports Indonesia (PBESI). Ketua harian PB E-sports Indonesia, yaitu Bambang Sunarwibowo menyampaikan, “Apresiasi yang diberikan Garena ini menunjukkan perhatian yang diberikan bagi para atlet esports yang berprestasi.  Semoga para atlet esports dapat terdorong untuk terus berkarya dan berprestasi bagi Indonesia di ajang internasional lainnya”.

Itulah ulasan selengkapnya tentang keberhasilan timnas Indonesia Free Fire raih emas di SEA Games 2021. Tidak berhenti sampai situ saja, masih ada cabang olahraga game lain yang masih berpotensi besar menyumbang medali untuk Indonesia. Mulai dari PUBG Mobile, Crossfire, dan juga Mobile Legends. Apalagi dari berbagai game tersebut, Indonesia juga memiliki talenta pemain yang sangat bagus. Jadi, patut terus kita dukung raihan timnas e-sports Indonesia di SEA Games ke-31 ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.