Tips Memilih Cooling Pad Laptop yang Tepat dan Rekomendasinya

Cooling Pad Laptop

Cooling pad laptop jadi satu perangkat aksesoris laptop yang punya peranan penting menjaga performa laptop itu sendiri. Sayangnya, masih banyak dari pengguna laptop yang masih terlalu meremehkan mengenai pendingin ini. Padahal, keawetan laptop bisa Anda jaga dengan lebih baik dengan bantuan pendingin. 

Ada banyak jenis aksesoris bagi laptop yang penggunaannya masih belum banyak karena bisa jadi kurang memahami fungsinya atau tidak peduli dengan kondisi laptopnya. Penggunaan cooling pad jadi salah satu aksesoris yang masih mendapatkan pandangan sebelah mata bagi para pengguna laptop. Untuk Laptop kelas atas atau premium mungkin penggunaan cooling bisa mendapatkan ganti dari sistem pendingin di dalam laptop.

Pagi pengguna laptop kelas entry level, penggunaan cooling sebenarnya patut Anda pertimbangkan karena fungsinya dapat menjaga laptop lebih awet. Cooling juga membantu menjaga kinerja laptop dalam kondisi yang prima sehingga tidak mengganggu penggunaannya. Aksesoris cooling pad tetap harus dipertimbangkan sebagai salah satu aksesoris penting dalam kondisi tertentu ketika menggunakan laptop.

Cooling Pad: Aksesoris Perangkat Laptop yang Penting

Cooling Pad Laptop
(sumber gambar: bukalapak.com)

Laptop yang sekarang ada di pasaran memang sudah memiliki sistem pendingin sendiri. Tujuannya untuk menjaga suhu agar tidak panas. Kemampuan pendingin laptop tersebut sangat bergantung dari jenisnya hingga penggunaan laptop itu sendiri. Banyak laptop terutama yang entry level masih belum mampu mengandalkan cooling bawaan untuk tetap menjaga suhunya dalam kondisi yang prima.

Penggunaan cooling pad laptop ini menjadi perlu ketika pendingin dari laptop kurang bisa Anda andalkan untuk menjaga suhu laptop. Panas yang tinggi pada laptop bisa muncul ketika kinerja CPU lebih keras atau saat penggunaannya berada di luar ruangan. Menggunakan laptop di ruangan yang sirkulasi udaranya kurang baik dan non AC tentu juga mempengaruhi suhunya.

Jika Anda terus memaksakan laptop penggunaannya dalam kondisi yang kurang ideal dapat menjadikannya mengalami overheat. Kondisi overheat yang berlangsung terus menerus dapat mempengaruhi software maupun hardware dari laptop sehingga berlangsung kondisi gagal kerja dan tidak bisa berfungsi. Penggunaan cooling sangat penting demi menjaga laptop tetap dalam kondisi awet terutama ketika penggunaannya berat dan terus menerus.

Memilih Pendingin Laptop yang Tepat

Banyak dari Anda yang mungkin tidak menggunakan pendingin laptop karena produknya kurang memberikan efek secara jelas. Anda mungkin salah dalam memilih cooling pad laptop tersebut sehingga tidak punya fungsinya bagi penggunaan laptop. Dalam memilih alat tambahan atau aksesoris pendingin untuk laptop, Anda perlu memperhatikan beberapa hal pentingnya, seperti :

1. Harga Murah Harus Diperhatikan Kualitasnya

Beberapa penjual laptop sering memberikan aksesoris pendingin sebagai bagian dari hadiah pembelian. Cooling pad yang menjadi tambahan hadiah tersebut biasanya berharga murah. Banyak pendingan laptop murah yang tidak bisa Anda manfaatkan karena fungsinya hanya sebuah kipas saja. Perhatikan kualitas cooling pad secara tepat bukan memperhatikan harganya yang murah saja.

2. Pilih Cooling Pad yang Struktur Kipasnya Jelas

Saat memilih pendingin laptop, perhatikan dengan baik struktur positif kipasnya agar bisa memberikan efek secara nyata. Banyak cooling pad murah yang fungsi penempatan kipasnya tidak jelas. Jangan hanya memilih pendingin laptop dari segi harganya saja tapi pertimbangkan juga setiap fitur di dalamnya sehingga dapat memberikan fungsi jelas. Pastikan cooling pad yang Anda pilih punya kipas cukup dan menyebar di keseluruhan area untuk pendinginan laptop.

3. Sesuaikan Ukuran Cooling Pad Laptop dengan Ukuran Perangkatnya

Cara ketiga yang perlu dipertimbangkan dengan baik dalam memilih cooling pad adalah dengan menyesuaikan ukurannya. PIlihan cooling pad pas dengan ukuran body laptop agar kinerja pendinginnya berfungsi secara baik. Terutama jangan pilihan cooling lebih kecil dibandingkan laptopnya karena fungsi pendinginan pasti tidak maksimal.

4. Pahami Pendingin Laptop yang Terbaik

Hal keempat yang menjadi perhatian penting dalam proses memilih perangkat aksesoris pendingin untuk laptop adalah memahami poin kualitas terbaiknya. Ada beberapa poin terbaik yang sebaiknya diperhatikan mulai dari ketebalan setidaknya 4 cm, sudut cooling pad bisa di atur, material yang punya konduktivitas termal tinggi. Selain itu, pendingin laptop terbaik harus punya fungsi pengaturan suhu dan punya port yang bisa untuk semua merek laptop.

Rekomendasi Cooling Pad Laptop Terbaik Saat Ini

Cooling Pad Laptop
(sumber gambar: silpahtelkom.com)

Dari beberapa pertimbangan yang ada dalam penjelasan di atas, ada beberapa perangkat pendingin untuk laptop cocok dan banyak mendapatkan rekomendasi. Inilah beberapa pilihan cooling pad terbaik yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Fantech RGB Cooler Notebook

Lengkap dengan cahaya warna warni RGB, Fantech RGB cooler untuk notebook ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu mengatur suhu dari laptop. Ada beberapa fitur menarik yang dapat Anda temukan dari Cooling pad ini, diantaranya adalah:

  • Dimensi produk 40 x 28 x 50 Cm
  • Material ABS
  • 5 pengaturan level suhu
  • 2 Jenis kipas yakni kecil diameter 6 cm dengan 2500 RPM dan kipas besar ukuran 14 cm 1400 RPM
  • Kisaran harga Rp. 345.000

Adanya fitur lampu RGB pada cooling pad ini menjadikan Anda bisa menggunakannya untuk malam hari atau di ruangan yang gelap. Berbeda dengan kebanyakan lampu RGB dari berbagai pendingin laptop lainnya, Fantech menyebar cahaya ke semua titik cooling pad sehingga terlihat lebih menarik.

2. Robot Laptop Cooling Pad Stand

Pilihan pendingin laptop kedua yang juga banyak menjadi rekomendasi adalah cooling pad dari Robot. Dengan kisaran harga yang cukup murah, yakni mulai dari Rp. 250.000 menjadikan pendingin laptop ini sebagai pilihan tepat untuk Anda yang punya laptop entry level. Ukurannya yang kecil dan ringan menjadi mudah untuk Anda bawa kemana saja.

  • Dimensi produk 34 x 25.5 x 21 Cm
  • Jumlah kipas 2 dengan ukuran besar
  • Ada pengatur kecepatan kipas
  • Cocok untuk laptop dengan ukuran hingga 14 inch

Ukurannya yang kecil cocok Anda gunakan sebagai pendukung laptop dengan mobilitas tinggi. Anda bisa membawa pendingin laptop ini kemana saja di dalam tas laptop untuk dapat menunjang penggunaan perangkat laptop yang tinggi.

3. Havit Laptop Cooling Pad

Pilihan pendingin laptop ketiga yang juga menjadi bagian dari rekomendasi para pakar teknologi untuk Anda gunakan adalah dari brand Havit. Salah satu kelebihan dari pendingin laptop dari Havit ini adalah kemampuannya untuk menghembuskan angin lebih kencang dan tidak terlalu bersuara atau tenang. Menggunakan laptop dengan cooling tetap nyaman karena tidak terganggu dari suara bising kipasnya.

  • Dimensi produk 38 x 28 x 2,8 Cm
  • Jumlah kipas 3 diameter 10 cm dengan kecepatan maksimal 1100 RPM
  • Material logam dan ABS
  • Punya pengatur sudu 2 level
  • Kisaran harga Rp. 300.000

Selain suaranya yang tidak bising, cooling pad laptop terbaik ini juga punya ukuran kecil sehingga tidak berat di bawah kemana saja. Pendingin laptop ini cocok untuk Anda yang punya mobilitas tinggi dalam bekerja menggunakan laptop.

4. Orico Aluminum Notebook Cooler

Fitur kipas yang bisa dengan mudah untuk berpindah posisi secara bebas ini menjadikan Orico Notebook cooler sebagai salah satu pilihan terbaik. Dengan kipas yang bisa Anda pindah ke berbagai posisi menjadikan penggunaannya lebih efektif untuk semua jenis laptop atau notebook. Anda bahkan bisa menggunakan cooling pad ini untuk dua laptop sekaligus atau perangkat lainnya.

  • Dimensi 33 x 20.6 x 4.2 Cm
  • Jumlah Kipas 2 diameter 8 Cm dan RPM 2000
  • Material Alumunium dan karet
  • Cocok untuk laptop dengan ukurang hingga 15 Inch
  • Kisaran harga Rp. 340.000

Selain fitur kipasnya yang bisa Anda ubah ke berbagai posisi, bahan alumunium pada pendingin laptop ini menjadikannya ringan untuk digunakan. Punya bahan yang ringan dan awet cocok untuk Anda yang sering membawa laptop kemana saja dan membutuhkan sebuah cooling pad.

5. NYK Nemesis X5 Kingfisher

Punya desain yang modern dan kekinian, cooler dari Nemesis ini cocok untuk menunjang pendinginan pada laptop dan juga tampilannya tetap menarik. Pendingan laptop yang bisa Anda dapat dengan harga Rp. 295.000 ini punya fitur display digital dan phone holder di sampingnya. Jenis cooling pad laptop ini cocok untuk Anda yang stylish dan butuh pendingin laptop berkualitas.

Itulah informasi yang bisa Anda simak mengenai pentingnya dan rekomendasi cooling pad terbaik. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka jangan sampai Anda mengabaikan penggunaan aksesoris laptop yang satu ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.