Cara Pakai Whatsapp Web di HP Serta Kelebihan dan Kekurangannya

whatsapp web di HP

Whatsapp memang menjelma sebagai sebuah platform komunikasi yang sangat berguna dan bermanfaat. Anda pun pasti menggunakan aplikasi ini untuk sarana chat maupun telepon sehari-hari dengan orang lain. Tidak hanya versi aplikasi, Whatsapp web pun banyak yang menggunakan untuk kebutuhan berkirim pesan lewat PC atau laptop. Tapi, pernahkah Anda mendengar tentang Whatsapp web di HP?

Ya, ternyata versi WA untuk website ini tidak hanya bisa Anda gunakan di PC maupun laptop saja. Melainkan Anda juga bisa mengaksesnya di ponsel Android maupun iOS. Banyak yang memanfaatkan penggunaan Whatsapp web di HP agar bisa mengakses 2 (dua) nomor WA sekaligus dalam satu perangkat. Inilah informasi lengkap tentang WA web di HP yang bisa Anda simak.

Sekilas Tentang Whatsapp Versi Web

whatsapp web di HP
(sumber gambar: inside-digital.de)

Pada dasarnya, Whatsapp web merupakan versi resmi dari WA yang memungkinkan Anda untuk mengaksesnya di perangkat PC maupun laptop. Secara resmi pihakk Whatsapp merilis versi web ini pada 22 Januari 2015 silam dan sejak saat itu fitur yang satu ini sangat bermanfaat untuk digunakan dalam kegiatan harian.

Anda bisa mengakses WA tanpa harus mengakses ponsel sehingga ketika bekerja atau ingin memindahkan data ke PC atau laptop, prosesnya bisa jadi jauh lebih cepat. Selain itu, semua chat yang ada di ponsel juga akan tampil pada versi WA sehingga Anda tidak akan kehilangan data apapun. Apabila ada chat baru, maka sistem akan secara otomatis melakukan sinkronisasi jadi Anda akan selalu mendapatkan kondisi chat yang real time.

Saat menggunakan versi ini Anda tidak perlu mengunduh aplikasi WA dan hanya cukup mengaksesnya lewat situs saja. Setelah masuk ke situs WA, Anda harus melakukan scan pada kode QR yang sudah pihak WA sediakan. Di PC atau laptop kode tersebut akan muncul dan kemudian tugas Anda adalah melakukan scan lewat ponsel.

Untuk mengakses WA web Anda juga tidak terbatas pada satu jenis browser saja. Anda bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, atau browser lain yang ada di PC dan laptop. Versi WA ini juga diakses bagi para pengguna Mac dengan mudah lewat peramban (browser) mereka.

Whatsapp juga memberikan berbagai macam fitur yang bisa Anda gunakan ketika mengakses WA versi web. Beberapa fitur tersebut adalah:

  • Bisa terhubung dengan keyboard sehingga bisa mengirimkan pesan dengan lancar
  • Mengunduh dan membagikan foto, video, dokumen, audio, atau file lain dengan mudah dari komputer atau laptop
  • Tetap bisa menggunakan stiker, emoticon, maupun voice note (vn)
  • Mengubah foto profil dan melihat informasi kontak
  • Mengelola obrolan grup
  • Tetap bisa melihat Whatsapp story dari kontak yang sudah Anda simpan.

Cara Mengakses Whatsapp Web di HP dan Manfaatnya

whatsapp web di HP
(sumber gambar: web.whatsapp.com)

Penggunaan WA versi web pun ternyata semakin berkembang dan tidak hanya bisa Anda pakai di perangkat PC atau laptop. Pasalnya, Anda pun bisa mengakses Whatsapp web di HP dengan mudah lewat browser. Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, manfaat dari cara ini adalah supaya Anda bisa mengakses 2 (dua) WA sekaligus dalam satu ponsel.

Nomor WA pertama bisa Anda operasikan lewat aplikasi, sementara nomor WA kedua bisa lewat Whatsapp web di HP. Selain itu, Whatsapp web di HP pun tidak terbatas pada perangkat Android saja. Anda yang menggunakan iPhone pun bisa melakukan trik ini. Berikut adalah cara mengakses Whatsapp web di HP yang bisa Anda ikuti:

1. Hapus History Browser

Langkah pertama, sebelum mengakses Whatsapp web di HP akan sangat dianjurkan bagi Anda untuk menghapu history atau riwaya penelusuran browser terlebih dahulu. Untuk browser yang Anda pakai pun sebenarnya bebas, bisa menggunakan bawaan dari ponsel atau Google Chrome.

Namun, kami menganjurkan untuk memilih Google Chrome karena seringkali proses sinkronisasi disini bisa berlangsung lebih cepat. Untuk menghapus riwayat, cukup klik tombol tiga titik tumpuk vertikal yang ada di kanan atas Google Chrome. Setelah itu, pilih opsi History dan klik opsi Clear Browsing Data supaya semua riwayat penelusuran Anda bisa terhapus.

2. Masuk ke Situs WA Web

Setelah menghapus data, silahkan lanjutkan dengan mengakses situs WA web yang bisa Anda kunjungi di https://web.whatsapp.com/. Kemudian silakan klik tombol tiga titik tumpuk vertikal yang ada di kanan atas Google Chrome dan centang pilihan Desktop Site. Tujuannya supaya mode internet berubah seperti yang ada di PC atau laptop. Sobat Tekno juga bisa melihat Kode QR yang menjadi akses untuk masuk ke WA web.

3. Masuk ke WA dengan Ponsel Lain

Cara mengakses Whatsapp web di HP yang terakhir adalah dengan membuka aplikasi WA yang ada di ponsel lain. Setelah itu, klik titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih opsi Whatsapp Web. Kemudian kamera akan muncul dan bisa Anda gunakan untuk memindai Kode QR yang tersedia.

Setelah memindai, tunggu beberapa saat sampai sistem masuk ke WA tersebut. Jika sudah berhasil, maka WA yang ingin Anda buka sudah siap dan berpindah ke smartphone yang Anda gunakan tersebut. Artinya, Anda memiliki 2 akun Whatsapp di satu smartphone.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Whatsapp Web

Menggunakan Whatsapp web di HP memang memberikan keuntungan, yaitu Anda bisa membuka akun WA dalam dua perangkat sekaligus. Namun disamping hal tersebut, WA web secara general memberikan manfaat yang besar sekaligus ada beberapa kekurangan untuk para penggunanya. Inilah kekurangan dan kelebihan tersebut:

1. Kelebihan Menggunakan WA Web

Saat menggunakan wa versi web, Anda bisa lebih leluasa dan praktis untuk mengoperasikannya, terutama untuk kebutuhan bisnis. Misalnya untuk menjawab pertanyaan pelanggan, merespon pesanan yang masuk, atau bahkan menawarkan promosi lewat WA. Mengingat perangkat PC atau laptop jauh lebih fleksibel untuk kebutuhan pekerjaan mengetik, Anda bisa dengan mudah membuat draft pesan ke konsumen jika menggunakan WA web.

Selain itu, promosi juga bisa berjalan lebih cepat karena Anda bisa langsung mengirimkan file dari komputer ke WA. Proses pemindahan data dari komputer ke WA juga bisa berlangsung lebih praktis tanpa harus membuka ponsel. Waktu kerja yang Anda miliki bisa semakin efisien dan disisi lain cepat karena tidak perlu membuka ponsel terlebih dahulu.

2. Kekurangan Menggunakan WA Web

Dibalik kemudahan yang ditawarkan, namun memakai WA versi web juga memiliki kekurangannya tersendiri. Kekurangan pertama, adalah Anda membutuhkan akses internet yang kuat dan stabil supaya proses menyambung ke WA web bisa berjalan dengan lancar. Apabila lambat, maka akan sulit sekali bagi Anda untuk masuk ke versi web.

Selain itu, pada versi sebelumnya Anda tidak bisa menggunakan WA ketika ponsell dalam keadaan mati atau tidak tersambung ke internet. Jadi misalnya laptop saja yang ada koneksi internet, tapi ponsel tidak maka sambungan tidak bisa dilakukan. Akan tetapi, pihak Whatsapp kemudian memperbaiki hal ini dan mengubah pengaturan tersebut.

Artinya, kini Anda bisa tetap masuk ke Whatsapp meskipun ponsel sedang tidak memiliki koneksi internet sama sekali. Tentu hal ini akan jauh lebih membuat WA web fleksibel dan semakin mudah untuk digunakan. Kekurangan lain yang menjadi sorotan dari penggunaan WA versi desktop adalah tidak adanya fitur panggilan telepon dan video call.

Jadi saat menggunakan versi WA ini, Anda hanya bisa berkirim pesan secara teks saja. Namun, untuk fitur voice note dan mengirimkan stiker atau emoji masih tetap tersedia. Apabila ingin melakukan panggilan suara atau viceo call, maka Anda harus membuka WA di ponsel. Selain itu, untuk fitur lain seperti melihat Whatsapp Story dari kontak yang Anda simpan pun masih tersedia di versi web, sehingga Anda tetap bisa membalas status mereka maupun membuat status sendiri.

Nah sobat Tekno, itulah ulasan lengkap cara menggunakan Whatsapp web di HP yang bisa Anda simak. Dari informasi ini, bisa Anda ketahui bahwa memang WA versi desktop bisa Anda gunakan di ponsel sebagai solusi jika ingin membuka satu WA di dua perangkat sekaligus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.